ALL IS COST

ALL IS COST



Untung jadual konser band sepanjang akhir tahun ini akan menyelamatkanmu untuk sementara dari kepiluan rasa menjomblo dan tak tentu arah.
Sepanjang oktober,november apalagi desember, jadual penuh. Kamu tidak harus cari-cari alasan untuk bersembunyi dari mantan, tak ada waktu, tak ada kesempatan.
Di antara kesibukan memenuhi undangan konser, kamu dan teman-teman menyempatkan diri untuk menyiapkan materi guna album baru yang lama ditunggu-tunggu.
Agustus sempat on air di radio pro2 fm Jakarta dan tidak tahu bagaimana, that little lady in black tahu-tahu ternyata juga on air pada hari yang sama di radio pro2 fm jogja untuk memperkenalkan dua buku terbarunya.
Yang sebenarnya kamu agak khawatir jika ada yang terobsesi denganmu. Karena ada banyak sisi dari dirimu yang kamu sendiri tak cukup puas.
Ketaksarjanaan dan kebelummapananmu waktu itu jelas menjadi penghadang hubunganmu dengan kekasih-kekasihmu ke jenjang pernikahan. Membuatmu ditinggalkan.
Namun tiap kali penyesalan datang karena kamu meninggalkan bangku kuliah, segera saja pesan mamamu melintas. Jangan lupa bersyukur. jangan lupa bahagia. Mamamu adalah jimat bagimu. Perkataannya adalah sabda sakti yang tak mungkin kau  abaikan. Bahkan kamu yakin keberhasilanmu saat ini tak lepas dari dukungan serta doa-doanya. Juga dukungan dan doa ayahmu. Lelaki setia itu bahkan tetap mendukungmu meski kamu telah menyia-nyiakan pengorbanannya saat itu. Menjual satu-satunya tanah dan pekarangan  aset keluarga kalian untuk biaya kamu kuliah. Memang awalnya dia kecewa dan menahan amarah, tapi selanjutnya sejak kamu dan kawan-kawan band-mu menunjukkan hasil yang signifikan, beliau pun menjadi barisan fans dan pendukung nomer satu.
Kamu sendiri tak pernah membayangkan kalian akan sebesar ini. Semua tak lepas dari dukungan para fans yang kadang kelakuannya ajaib-ajaib dan tak pernah terbayangkan sebelumnya.
Seperti beberapa sekolah yang mengundang kalian di acara perpisahan dengan cara mengadakan iuran per orangnya berapa rupiah per harinya.
Menimbulkan rasa haru di hatimu, membuatmu tengadah syukur, dan tertunduk malu. Selalu kau dorong mereka untuk mencapai cita-cita setinggi-tingginya. Jadi dokter, arsitek, akuntan, pengusaha, menteri, ilmuwan dan banyak profesi lain yang tak ada lagi kesempatan bagimu dan kawan-kawan band untuk meraihnya. Tapi kalian berusaha agar music dan lagu kalian menginspirasi siapapun agar menjadi pekerja keras, pekerja yang giat untuk kebaikan keluarga serta kemajuan negeri ini. Karena itulah betapa sejuk dan bangganya kalian saat mengetahui salah satu lagu kalian menjadi lagu wajib yang diputar setiap hari setelah apel pagi di sebuah perusahaan pertambangan minyak lepas pantai, untuk menjadi mood booster bagi para pekerja sampai dengan para eksekutifnya. Wow, pencapaian, kepuasan dan kebanggaan yang tak bisa diukur nilainya dengan uang.

Ketaksarjanaanmu terasa terbayar. Apalagi  kamu memilih bekerja menghasilkan uang juga berdasar alasan agar adikmu bisa terus kuliah sampai S2, bahkan dia sempat mengambil course keluar negeri.
Kamu anggap pencapaian adikmu adalah pencapaianmu juga. Meski ia sekarang tidak  bekerja di bidang arsitektur sebagaimana jurusan yang diambilnya waktu kuliah.
Tapi justru lewat networknya, beberapa job tv jadi mampir ke geng-mu, mengukuhkan posisinya sebagai  band papan atas. Masuk nominasi AMI lagi tahun ini. Eh maksudnya APM Anugerah Planet Musik Award.
Setelah kamu posting foto di APM Award itu, ada postingan lain yang tak mudah dibaca. Apa maksudnya nih ‘Seven Friday on Friday’. Kode apa nih bro. Itu maksudnya jarak dari pertemuan kita yang pertama atau gimana? (okey, ini kita simpan sebagai kode yang musti dipecahkan ya:D)

Idul Adha kembali kamu lalui hanya dengan keluargamu, orang-orang  yang sangat kau kasihi. Meski tak lengkap karena satu saudaramu telah diambilNya lagi.
(tentang kematian saudaramu ini juga tak ada data yang mumpuni untuk bisa diceritakan atau dire-interpretasikan. Too bad heh?)


Komentar