Tidak Masalah Apapun Namanya, Yang Penting Persaudaraannya

Tidak Masalah Apapun Namanya, Yang Penting Persaudaraannya


Adalah suatu kemasygulan ketika kamu hadir dalam persalinan pertama sebuah komunitas dan bertahun-tahun bergiat di dalamnya, lalu seiring waktu setelah bertahun-tahun kemudian ada nama komunitas lain yang baru diciptakan, dengan kebanyakan anggotanya adalah  orang-orang yang sama, dan kamu juga hadir dalam pre-embrio nya, tapi tak ada namamu dalam deretan foundernya. Apa itu membuatmu sedih? Awalnya iya. Kenapa? Pertanyaan itu bergulung dalam kepalamu. Meski kamu menyadari betul antara lain sebabnya adalah kamu bukanlah model loyalis pada sesuatu, kamu penjelajah sehingga mungkin itulah yang membuat kamu tidak dilibatkan dalam tim inti. 
Sudah pernah mengalami banyak kepedihan yang lebih hebat daripada itu, kamu akhirnya menata hati. Tak apalah. Tak masalah apapun namanya, siapapun pengurusnya, yang penting adalah persaudarannya. Tak masalah juga jika mereka-  para tim eksklusif ini - mungkin bergunjing tentang kamu atau siapapun di belakang atau melakukan hal semacam itu, selama kamu tetap dianugerahi kemampuan untuk menjaga taman di dalam hatimu.
Dan lagi, merekalah orang-orang yang dulu dan selama ini selalu berada di sisimu, mendukungmu, sehingga terima kasih saja tak cukup untuk mereka. Inilah saat untuk balas memberi dukungan.
Tak masalah apapun namanya, yang penting persaudaraannya.


Komentar