Cara Menulis Esai Yang Menarik

Maret 31, 2016 dian nafi 2 Comments

Cara Menulis Esai Yang Menarik



Yang sebenarnya saya juga masih belajar. Bagaimana sih cara menulis esai yang menarik. Suka terkagum-kagum kalau lihat artikel atau postingan orang. Nah, ini ada beberapa tips yang saya comot buat kita baca dan praktikkan sama-sama. Yuk!

Untuk membuat sebuah esai yang berkualitas, diperlukan kemampuan dasar menulis dan latihan yang terus menerus. Pada dasarnya, sebuah esai terbagi dalam tiga bagian: pendahuluan, tubuh esai, dan penutup. Pendahuluan berupa paragraf yang memperkenalkan topik yang akan dikemukakan, berikut tesisnya. Tubuh esai terdiri atas beberapa paragraf (antara dua hingga lima paragraf, tergantung gagasan yang dikembangkan penulis). Penutup esai berupa paragraf kesimpulan. Berikut adalah 10 langkah mudah dalam menulis sebuah esai.

Langkap 1: Memilih Topik
Bila topik telah ditentukan, Anda mungkin tidak lagi memiliki kebebasan untuk memilih. Namun demikian, bukan berarti Anda siap untuk menuju langkah berikutnya. Pikirkan terlebih dahulu tipe naskah yang akan Anda tulis. Apakah berupa tinjauan umum, atau analisis topik secara khusus? Jika hanya merupakan tinjauan umum, Anda dapat langsung menuju ke langkah berikutnya. Tapi bila Anda ingin melakukan analisis khusus, topik Anda harus benar-benar spesifik. Jika topik masih terlalu umum, Anda dapat mempersempit topik. 

Bila topik belum ditentukan, tugas Anda jauh lebih berat. Di sisi lain, sebenarnya Anda memiliki kebebasan memilih topik yang Anda sukai, sehingga bisa membuat esai Anda jauh lebih kuat dan berkarakter.

Langkah 2: Menentukan Tujuan
Tentukan terlebih dahulu tujuan esai yang akan Anda tulis. Apakah esai Anda bertujuan untuk meyakinkan orang agar mempercayai apa yang Anda sampaikan, menjelaskan bagaimana melakukan hal-hal tertentu, menjelaskan kepada pembaca tentang suatu peristiwa, seseorang, ide, tempat atau sesuatu? Apapun topik yang Anda pilih harus sesuai dengan tujuannya.

Langkah 3: Menyampaikan Gagasan
Jika Anda telah menetapkan tujuan esai, tuliskan beberapa gagasan yang menarik minat anda. Semakin banyak gagasan yang Anda tulis, akan semakin baik. Jika Anda memiliki masalah dalam menemukan dan merumuskan gagasan, coba lihat di sekeliling Anda. Adakah hal-hal yang menarik di sekitar Anda? Pikirkan hidup Anda, dan tanyakan diri sendiri apa yang akan Anda lakukan bila mengalami suatu peristiwa atau kejadian yang berkaitan dengan topik yang Anda tulis? Mungkin ada beberapa yang menarik untuk dijadikan gagasan. Jangan mengevaluasi gagasan-gagasan tersebut sebelum Anda merasa tuntas menyampaikannya, tuliskan saja segala sesuatu yang terlintas di kepala. 

Langkah 4: Mengevaluasi Gagasan Potensial
Jika telah ada beberapa gagasan yang pantas, pertimbangkan masing-masing gagasan tersebut. Jika tujuannya adalah menjelaskan topik, Anda harus mengerti benar tentang topik yang dimaksud. Jika tujuannya meyakinkan, maka topik tersebut harus benar-benar menggairahkan. Yang paling penting, berapa banyak gagasan yang Anda miliki untuk topik yang ditulis. Sebelum meneruskan ke langkah berikutnya, lihat sekali lagi bentuk naskah yang Anda tulis. Sama halnya dengan kasus saat Anda menentukan topik, Anda perlu memikirkan bentuk naskah yang Anda tulis.

Langkah 5: Membuat Outline (Kerangka Esai)
Tujuan dari pembuatan outline adalah meletakkan gagasan-gagasan tentang topik dalam sebuah format yang terorganisir. Siapkan selembar kertas dan mulailah dengan menulis topik di bagian atas. Tuliskan angka romawi I, II, III di sebelah kiri kertas dengan jarak yang cukup lebar di antaranya. Tuliskan garis besar gagasan  tentang topik yang Anda maksud. Jika Anda mencoba meyakinkan, berikan argumentasi terbaik. Jika anda menjelaskan satu proses, tuliskan langkah-langkahnya sehingga dapat dipahami pembaca. Jika Anda mencoba menginformasikan sesuatu, jelaskan kategori utama dari informasi tersebut. Pada masing-masing romawi, tuliskan A, B, dan C menurun di sis kiri kertas tersebut. Tuliskan fakta atau informasi yang mendukung gagasan utama.

Langkah 6: Menulis Tesis
Tesis adalah pernyataaan yang dirumuskan dalam kalimat pernyataan yang memuat gagasan utama esai. Pernyataan tesis mencerminkan isi esai dan poin-poin penting yang akan disampaikan oleh pengarangnya. Anda telah menentukan topik esai, sekarang Anda harus melihat kembali outline yang telah Anda buat dan memutuskan poin penting apa yang akan Anda sampaikan. Pernyataan tesis terdiri dari dua bagian:
Bagian pertama menyatakan topik. Contoh: Budaya Indonesia atau Korupsi di Indonesia
Bagian kedua menyatakan gagasan utama dari esai anda. Contoh: memiliki kekayaan yang luar biasa, memerlukan waktu yang panjang untuk memberantasnya, dst.

Langkah 7: Menulis Tubuh Esai
Bagian ini merupakan bagian paling menyenangkan dari penulisan sebuah esai. Anda dapat menjelaskan, menggambarkan, dan memberikan argumentasi dengan lengkap untuk topik yang telah Anda tentukan. Setiap gagasan penting yang Anda tulis pada outline akan menjadi satu paragraf dari tubuh esai anda. Masing-masing paragraf memiliki struktur yang serupa. Mulailah dengan menulis ide utama Anda dalam bentuk kalimat. Kemudian tulis dan uraikan gagasan yang mendukung ide tersebut, namun sisakan empat sampai lima baris. Pada setiap gagasan, tuliskan perluasan dari gagasan tersebut. Elaborasi ini dapat berupa deskripsi atau penjelasan atau pembahasan. Bila perlu, Anda dapat menggunakan kalimat kesimpulan pada masing-masing paragraf. Setelah menuliskan tubuh tesis, Anda hanya tinggal menuliskan dua paragraf: pendahuluan dan kesimpulan.

Langkah 8: Menulis Paragraf Pendahuluan
Mulailah dengan menarik perhatian pembaca. Awali paragraph pendahuluan dengan suatu informasi nyata dan terpercaya. Informasi ini tidak perlu benar-benar baru, namun bisa menjadi ilustrasi atas gagasan yang Anda sampaikan. Anda juga bisa mulai dengan anekdot, yaitu suatu cerita yang menggambarkan persoalan yang Anda maksud. Berhati-hatilah dalam membuat anekdot. Meski anekdot ini efektif untuk membangun ketertarikan pembaca, Anda harus menggunakannya dengan tepat dan hati-hati. Cara lain adalah menggunakan dialog dalam dua atau tiga kalimat antara beberapa pembicara untuk menyampaikan topik Anda. Tambahkan satu atau dua kalimat yang dapat mengarahkan pembaca pada pernyataan tesis Anda. Tutup paragraf dengan pernyataan tesis. 

Langkah 9: Menulis Kesimpulan
Kesimpulan merupakan rangkuman dari poin-poin yang telah Anda kemukakan dan memberikan perspektif akhir kepada pembaca. Tuliskan dalam tiga atau empat kalimat (namun jangan menulis ulang sama persis seperti dalam tubuh esai) yang menggambarkan pendapat dan perasaan Anda tentang topik yang dibahas. Anda dapat menggunakan anekdot untuk menutup esai.

Langkah 10: Memberikan Sentuhan Akhir
Teliti urutan paragraf mana yang paling kuat. Letakkan paragraf terkuat pada urutan pertama, dan paragraf terlemah di tengah. Namun, urutan tersebut harus masuk akal. Jika esai Anda menjelaskan suatu proses, Anda harus bertahan pada urutan yang Anda buat. Teliti format penulisan seperti margin, spasi, nama, tanggal, dan sebagainya. Anda dapat merevisi esai dengan memperkuat poin yang lemah. Baca kembali esai Anda. Apakah masuk akal? Tinggalkan dulu esai Anda dalam beberapa jam, kemudian baca kembali. Apakah masih masuk akal? Apakah kalimat satu dengan yang lain mengalir dengan halus dan lancar? Bila tidak, tambahkan beberapa kata dan frase untuk menghubungkannya. Atau tambahkan satu kalimat yang berkaitan dengan kalimat sebelumnya.Teliti kembali penulisan dan tata bahasa Anda.


sumber: http://www.menulisesai.com/2013/01/10-langkah-mudah-membuat-esai.html 

2 komentar:

PERAHU BLARAK UNTUK KELILING DUNIA

Maret 31, 2016 dian nafi 0 Comments

PERAHU BLARAK UNTUK KELILING DUNIA


            
Di samping rumahku ada sepetak halaman yang menjadi tempat favoritku di masa kecil. Karena aku bisa memanjat pohon mangga dan bertengger lama-lama di sana. Di atasnya aku menggambar apa saja yang aku lihat. Orang–orang yang berjalan di alun-alun depan rumahku, atau para bocah dan pemuda yang bermain bola disana. Dari atas pohon mangga ini pula,aku kadang mengintip film yang diputar di layer tancap yang hanya diputar untuk satu musim dalam setahun sekali, di grebeg besar. Dan kebetulan lokasinya di taman parkir di sebelah rumahku.
            Di samping pohon mangga dan tanaman bunga, di sini juga ada sebuah pohon kelapa hibrida. Pohonnya tidak terlalu tinggi seperti umumnya pohon kelapa, sehingga aku bisa dengan mudah menarik dan mengambil daun kelapa maupun batang kelapanya yang sudah tua atau biasa disebut  blarak . Yang selalu aku ingat dan tak terlupakan olehku adalah bermain di atas selembar bagian batang  kelapa atau yang disebut dengan blarak. Ukurannya yang besar, panjang dan lebar, menjadikan  aku dan adikku laki-laki dapat menaikinya seolah–olah kami menaiki perahu. Ada– ada saja peran yang kami mainkan di atas ‘perahu’ tersebut. Kadang kami berperan seolah menjadi nelayan dan memancing ikan-ikan yang kami buat dari dedaunan. Kadang kala aku menggunakan blarak sendiri, dan adikku menggunakan blarak yang lain. kadangkala kami menumpang dalam satu blarak besar. Sedangkan daun kelapanya kami gunakan sebagai dayung.
Bagai bajak laut dan putri  yang diculik pernah pula kami lakoni. Senang sekali bermain pura-pura, bermain peran. Kadangkala kami seperti  pencari mutiara dengan mengumpulkan biji-biji  buah kelapa yang berwarna kuning putih cerah.
‘Hei…kita dapat banyak mutiara. Lihat!.” teriakku.
“Ayo …kita kumpulkan!” adikl laki-lakiku satu-satunya menyahut.
Kami mengumpulkan semua mutiara itu dalam wadah batok kelapa dan menghitungnya bersama-sama.
“Satu..dua..tiga..empat…”
Secara tidak sadar ternyata kami bermain tapi sambil belajar matematika. Kami mengelompokkannya sepuluh– sepuluh.  Lalu menyimpannya dalam perahu kami yang terbuat dari daun kelapa itu. Seru sekali karena kami yang masih kecil, aku  masih duduk di  TK besar  dan adikku di TK kecil, kemudian berkhayal dan bermimpi keliling dunia.
“Aku akan ke Australia,” ujarku
“Aku akan ke Amerika,” adikku tak mau kalah.
“Ke Afrika!”
“Ke Singapura!”
“Kita akan keliling dunia!”
Bahkan mimpi- mimpi kami itu sampai sekarang menjadi seloroh di antara kami. Karena jangankan keliling dunia Negara luar yang kami kunjungi baru SaudiArabia waktu kami naik haji bersama beberapatahun lalu. Subhanallah Walhamdulillah, itu saja merupakan anugerah dan karunia yang sangat kami syukuri. Namun bagaimanapun, cita-cita sekolah ataupun melakukan perjalanan keluar negeri sampai dengan keliling dunia masih merupakan impian kami.
            Masih dengan blarak yang itu, aku kadang berpose seperti seorang Cleopatra yang sedang menaiki perahu kerajaan menyusuri sungai Nil.
Kami menciptakan alur cerita drama kami sendiri dengan gaya bahasa kami sendiri.
            Kadangkala pamanku yang rumahnya dekat dengan rumah kami datang dan membuatkan kami mainan senapan  dari tangkai pohon pisang yang ada di halaman belakang rumah kami. Daun pisangnya di hilangkan sehingga tinggal tangkainya kemudian dipisau diagonal diagonal sepanjang sisinya dengan jarak tertentu. Pada waktu dikibaskan berbunyilah tangkai itu mirip dengan suara senapan. Plethak plethak ! Ramai sekali dan kami menikmati selama pembuatannya dan juga permainan perang-perangan memakai senapan buatan itu.         Lagi- lagi blarak perahu kami gunakan juga sebagai kendaraan kami dalam berperang ini. Adikku menggunakan batok kelapa sebagai penutup  kepalanya layaknya seorang pejuang kemerdekaan di tahun empat lima.
            “Dar! Duar!”
            Pamanku  mengarahkan senapannya kepada kami berdua yang beraksi di atas perahu blarak kebanggaan kami.
“Duar! Dar!” Plethak ! Plethak!
Aku dan adikku bekerjasama membalas serangan paman.
            “Awas…..perahunya bocor kena tembakan senapan!” pamanku meneriaki. Dia seolah-olah jadi tentara Belanda yang menyerang kami.
Aku dan adikku action, perahu blarak yang kami tumpangi kami gerak-gerakkan sendiri seolah oleng karena bocor.

“Awas…perahunya hampir tenggelam. Sebaiknya kita meloncat!” aku memberi aba-aba.
Adikku dan aku pura –pura meloncat ke air, yang kami buat dengan menggunakan sabut kelapa yang kami serakkan ke mana–mana di sekitar perahu blarak kami.
Sampai sekarang kami masih suka tertawa dan tersenyum geli jika mengingat ;permainan yang menyenangkan ini. Betapa  imajinasi kami berkembang liar hanya dengan benda – benda yang terbatas dan apa adanya saja.
            

0 komentar:

Gesit Melaju Bersama Nissan X Trail

Maret 30, 2016 dian nafi 0 Comments

Gesit Melaju Bersama Nissan X Trail

Wow wow wow!
Mata langsung terbelalak ketika melihat laman yang menyajikan promosi  “Nissan X Trail Mobil SUV Tangguh dan Sporty Terbaik” ini. Aduuuh, jadi teringat pesan mantan nih. Ahahay :D

Jadi dulu setelah lulus dan belum menikah, orang tua pernah membelikan saya sebuah mobil yang mungil dan unyu sekali. Nggak baru sih, second gitu, tapi lumayan buat fresh graduate macam saya.

Nah, pas mau nikah ada paklik yang nawarin sedan yang lebih besar. Corolla merah yang cihuy. Modelnya mirip-mirip sedan mahal gitu, tapi yang ini second dan pastinya terjangkau. Saya merogoh tabungan untuk bisa tukar tambah dengan sedan pemberian orang tua waktu itu.

Terus sayangnya karena sering dipakai oleh anak-anak kampung yang suka nongkrong di rumah yang saya tinggali bareng suami, akhirnya mobil itu yach rusak gitu. Body-nya terutama yang kelihatan butuh dandan banyak. Daripada senewen, akhirnya mobil itu saya jual aja.

Suami wafat delapan tahun lalu, dan sampai sekarang saya belum beli mobil lagi. Ke mana-mana lebih suka naik motor. Waktu saya ketemu lagi dengan mantan karena mengerjakan proyek arsitektur yang sama, dia sempat bilang,"eh sana beli mobil jip atau katana gih,"

Saya tersinggung waktu itu. Idih, ni anak, kan gini-gini saya ini mantannya. Cewek yang dulu dia sayang, dia jaga sedemikian rupa seolah saya ini keramik rapuh yang bisa pecah kalau nggak dijaga. Kok malah sekarang suruh beli mobil yang maskulin gitu.

"Eh kan biar bisa gesit kalau mau ke proyek, terus ntar balik ke rumah nengok anak-anakmu, terus balik ke proyek lagi," jelasnya.

Oh gitu, saya  mrenges, senyum miring.

Memang ada proyek di Salatiga juga yang medannya masih berat, dan kendaraan macam jip itu yang paling tepat untuk dipakai. Saya jadi ingat dulu sama almarhum suami juga pernah ke hutan Penggaron untuk visit dan meninjau proyek pembangunan jembatan yang sedang kami kerjakan di sana, dan sedan memang tak cukup membantu. Karena medannya berat, trail gitu deh.

Selain menulis buku dan blog, saya memang tetap menekuni dunia arsitektur. Sekarang-sekarang ini kami sedang mendesain hunian dan villa yang lokasinya di pantai Jepara. Saya sudah bayangkan medannya tidak akan mudah. Sehingga Nissan X Trail ini akan pas banget dengan tugas dan pekerjaan ini. Karena Nissan X Trail tampaknya merupakan Mobil SUV Terbaik di Indonesia.

Serunya nih, selain tangguh di lapangan, dia juga membuat Mobil Infiniti yang bisa dibawa untuk bergaul. Jadi kalau selepas dari proyek, mau langsung melaju ketemu klien demi sesi konsultasi desain, pergi untuk mengisi acara bedah buku atau mengisi seminar serta pelatihan misalnya, atau datang sebagai blogger ke acara peluncuran produk, kita tetap akan menawan.

Dia akan menemani  ke mana saja dengan tampilan dan kenyamanan berkelas serta teknologi yang memberi kemudahan.


Suasana kenyamanan interior All New Nissan X-Trail memberi ketenangan ketika Anda dan penumpang lainnya duduk santai menikmati sentuhan material berkualitas dalam kabin yang sejuk dan lapang.




A SMARTER 2ND ROW

Kursi baris ke-dua dengan kualitas premium dan fleksibel dengan format kursi terpisah 60/40 yang dapat digeser ke depan untuk keleluasaan akses, kenyamanan ruang kaki, juga pengaturan ruang bagasi dengan rebah rata atau tidur.


HANDS FREE (TOUCHLESS) BACK DOOR SYSTEM

Pintu bagasi All New Nissan X-Trail dilengkapi fitur canggih Hands Free (Touchless) Back Door System yang membuka secara otomatis hanya dengan menyentuh tombol di Dashboard, Intelligent Key, atau sentuhan kecil pada sensor di panel pintu bagasi. (Tipe 2.0 CVT & 2.5 CVT)

All New Nissan X-Trail memenuhi kebutuhan Anda akan SUV yang tangguh namun tetap nyaman, stylish, dan ekonomis. Keunggulannya dihadirkan melalui lekuk eksterior yang aerodinamis serta kecanggihan mesin yang didukung transmisi otomatis Xtronic sehingga mampu memberi performa bertenaga namun tetap hemat bahan bakar. Performa bertenaga All New Nissan X-Trail dihasilkan dari mesin canggih 2.0L & 2.5L.
All New Nissan X-Trail dilengkapi Around View Monitor. Fitur ini memantau secara 360° dari atas kendaraan Anda dengan empat kamera yang ditampilkan bentuk split screen close-up pada monitor. (Tipe 2.0 CVT & 2.5 CVT)


Yeach! Keren banget kan?
Masalahnya sekarang adalah siapa yang mau beliin nih atau kasih hadiah saya mobil keren ini :D




PT. Nissan Motor Indonesia selaku produsen mobil bermerek NISSAN menghadirkan juga kendaraan model luxury yaitu INFINITI. Mobil Infiniti menawarkan berbagai kemewahan, kenyamanan, teknologi tinggi dan fitur terlengkap yang akan memanjakan Anda.(Note: Bagian bold di kata Mobil Infiniti 

0 komentar:

Keluarga Induk Semang Yang Terus Menginspirasi

Maret 30, 2016 dian nafi 0 Comments

Keluarga Induk Semang Yang Terus Menginspirasi


Lebaran saat itu terasa istimewa sekali, karena keluarga besar dari pihak ibu mengajak kami semua berkunjung dan silaturahim ke sebuah rumah yang belum pernah kami kunjungi. Rumah yang menjadi tempat tinggal induk semang keluarga besar Ibu.

Jadi kakek dan anak-anaknya tadinya tinggal di Magelang. Karena saat itu belum ada perguruan tinggi di Magelang, maka kakek memboyong keluarganya ke Solo. Supaya kedua anak perempuannya yang sudah besar (ibu dan bulikku) bisa kuliah di Solo, namun tetap dalam pengawasan kakek. Dan keluarga tetap bersama-sama, tidak tinggal terpisah kota.

Adalah induk semang yang baik hati dan mulia ini yang membimbing kakek selagi kakek menjadi pendatang di kota Solo yang besar. Kakek menjadi guru mengaji bagi putra-putri induk semang ini. Sekaligus pembimbing spiritual seluruh keluarga dan kemudian merambah ke tetangga, lingkungan dan seterusnya.

Bukan saja bimbingan dan perlindungan serta arahan dalam mengarungi laju kota besar, tetapi induk semang juga memberikan jalan bagi kakek untuk merintis usaha dan bisnisnya sendiri. Sampai kemudian kakek alhamdulillah sukses.

Hubungan yang sedemikian eratnya membuat keluarga induk semang ini sudah seperti keluarga sendiri. Saat kami berkunjung itu, aku bisa rasakan bagaimana elusan dan keramahtamahan mereka sedemikian tulus dan hangat. Rupanya kebaikan hati almarhum pasangan induk semang itu diwarisi oleh putra-putrinya. Jadi meskipun orang tua mereka telah meninggal, namun mereka tetap menjalin persaudaraan dengan kakek dan keluarganya.

Kami diantar melihat usaha konveksi yang sudah mereka jalani bertahun-tahun. Menjawab segala pertanyaan  kami -para cucu kakek - yang suka kepo dan iseng ini. Jadilah hari itu kami bukan saja menyerap pelajaran kebaikan dan ketulusan, namun juga ilmu tentang bisnis, enterpreneurship. Menyerap bagaimana kegigihan, ketekunan, eksperimen dan keuletan mereka membawa mereka bertahan bertahun-tahun. Dalam upaya menjaga tradisi batik Solo dan membantu lebih banyak lagi orang serta keluarga agar sama suksesnya seperti mereka.

Subhanallah.



0 komentar:

JERUK NIPIS MBAK ASISTEN SELAMATKAN AKU

Maret 30, 2016 dian nafi 0 Comments


JERUK NIPIS MBAK ASISTEN SELAMATKAN AKU



sumber gambar: internet


Sakit kepala, panas dan batuk akhirnya menyerangku juga setelah lebih dari seminggu aku merawat anakku yang sakit. Rasanya menyiksa banget.Kepala pusing banget, nyut-nyutan, kerongkongan sakit karena batuk-batuk terus, badan linu semua, dan juga lemas. Segala obat jadi diminum, dari tolak angin sampai panadol, hingga Alpara dan satu lagi obat resep dari adikku yang kebetulan dokter. Pijet dan kerokan juga dilakukan.

Kenapa sedemikian hebohnya berusaha sembuh? Karena hari Selasanya aku harus sharing kepenulisan dalam rangka hari jadi kota di alun-alun. Dus, kalau sampai hari H-nya masih batuk-batuk kan nggak lucu.

Si mbak asisten yang suka membantu pekerjaan rumah kami menyarankan supaya aku minum wedang jahe dari jahe asli yang dikeprak. Sayangnya jahe di rumah habis. Mau ke pasar rasanya badan sudah nggak mau diajak kompromi. Hari sudah sore dan si mbak keburu balik rumahnya sehingga tidak sempat dimintai tolong beli jahe.

Eh pagi harinya pas dia datang lagi ke rumah, malah bawa jeruk nipis sekarung. Beneran! Sekarung!

“Eh, apa nih?”
“Jeruk nipis, mbak. Kemarin panen. Kami menanam pohonnya di halaman rumah.”
“Wow, segini banyak hasil panennya?”
“Masih banyak lagi sebenarnya. Ini saya Cuma bisa bawa segini. Ini, mbak, buat obat sakit batuknya. Diperas terus tambah kecap aja, diminum kayak sirup.”
Waduh, si mbak ini memang baik banget. Dia memberiku banyak sekali jeruk nipis, dan nggak mau nerima uang alias tidak mau dibayar.
Sebagian lagi, sisanya di karung, dia nanti akan bawa ke pasar untuk dijual.

Alhamdulillah, beberapa hari kemudian batukku sembuh. Ketika akhirnya naik panggung di alun-alun untuk sharing, sempat juga suara serak terdengar saat aku mulai bicara. Duh. Tapi aku mantap bismillah, dan melanjutkan. Perlahan-lahan suara serak hilang dan sharing hari itu berjalan lancar.

Terima kasih ya mbak telah menyelamatkankuJ








Eh rupanya jeruk nipis itu banyak gunanya lho. Berikut di antaranya:



1. Meningkatkan kemampuan imun saat cuaca ekstrim
Musim dingin adalah waktu yang paling rentan membuat tubuh terserang penyakit seperti dingin dan batuk. Vitamin C di dalam jeruk nipis bisa menjadi solusi tepat untuk membantu Anda terjaga dari serangan penyakit musiman, kandungan antioksidan berupa flavonoid akan membantu menumpas virus agar tubuh kembali fit di cuaca ekstrim.

2. Menyeimbangkan pH Balance tubuh
pH adalah ukuran keseimbangan asam dan basa di dala tubuh, kondisi basa (alkali) menunjukkan tubuh dalam kondisi sehat atau positif sedangkan asam atau acid menunjukkan tubuh dalam kondisi kurang sehat atau negatif.

Normalnya, tubuh yang seimbang membutuhkan 80% alkali dan sisanya yakni 20% asam (acid) agar tetap stabil di segala cuaca. Namun, kebanyakan kita malah terbalik dalam pemenuhannya. Banyak makanan yang justru memicu peningkatan asam seperti nasi, es krim, cendol, daging, kopi, gula, dan roti yang banyak kita konsumsi.

Sementara makanan (sayur atau buah) yang membangun keseimbangan dengan memberi alkali seperti jeruk nipis malah kita jauhi atau jarang dikonsumsi. Mungkin Anda bingung kenapa jeruk nipis termasuk makanan beralkali. Alasannya, meski rasanya asam, jeruk nipis mengandung acid citric yang bagus untuk dikonsumsi karena memberikan alkali cukup yang nantinya akan menyeimbangkan jumlah asam dalam tubuh.

3. Memperbaiki kesalahan saluran cerna
Penyakit ringan yang berhubungan dengan sistem pencernaan seperti sembelit dan diare dapat diatasi dengan cara mengonsumsi air perasan jeruk nipis hangat. Kebiasaan ini akan membuat usus bergerak dengan baik untuk melancarkan buang air besar dan menjaganya tetap stabil.

4. Melarutkan asam urat
Jeruk nipis mampu melarutkan asam urat secara alami sehingga sering disebut sebagai obat asam urat herbal. Kehadiran asam sitrat-lah yang berkontribusi di sini. Jika Anda bermasalah dengan asam urat, setiap pagi dan sore hari minumlah segelas air perasan jeruk nipis untuk memperoleh manfaat dari jeruk nipis bagi kesehatan.

Selain asam urat, jus atau air perasan jeruk nipis secara bersamaan juga efektif melakukan aktivitas detoksifikasi. Semua racun berbahaya yang terakulumasi di dalam tubuh akan dikeluarkan, alhasil tubuh menjadi lebih sehat dan bugar.

5. Mengobati masalah lambung seperti maag
Di Amerika, banyak dokter yang menganjurkan penderita maag untuk melakukan pengobatan herbal ringan dengan konsumsi jeruk lemon

Untuk membuat ramuan ini, Anda bisa lihat tahap-tahapannya berikut:
  1. Siapkan sebutir buah jeruk lemon.
  2. Peras jeruknya dan campurkan air perasannya dengan sedikit air putih.
  3. Minum campuran ini sebelum makan.
  4. Setelah minum ramuan penyembuh maag alami ini, Anda dianjurkan untuk makan tak lama sesudahnya.

6. Meningkatkan daya penglihatan
Kandungan antioksidan berupa vitamin C di dalam jeruk nipis mempunyai khasiat sebagai pelindung mata dari kerusakan, degenerasi, dan penuaan. Sedangkan flavonoid-nya memberi perlindungan terhadap mata dari iritasi dan infeksi. Fungsi lain dari jeruk nipis adalah obat sakit kepala akibat ketegangan mata, caranya dengan meminum air perasan jeruk. 

7. Mencegah kanker
Jeruk nipis merupakan agen anti kanker yang dapat menurunkan risiko sebagian jenis kanker seperti leukimia, lambung, dan usus besar. Kemampuan dalam menumpas sel kanker tersebut ada karena kandungan liminoid dalam jeruk nipis yang juga berperan ketika menangkal radikal bebas dari dalam tubuh.

8. Membunuh cacing dalam usus
Usus yang dijadikan hunian oleh cacing akan bermasalah. Anda bisa membunuh sekaligus mengeluarkan cacing dengan cara membiarkannya berkelahi dengan campuran air jeruk nipis dan air kelapa muda. Dalam sehari Anda bisa mengonsumsi 3 kali pada jeda waktu yang sama dari pagi hingga malam.

9. Membunuh bakteri
Manfaat jeruk nipis selain membunuh cacing adalah membasmi bakteri yang memengaruhi kondisi kesehatan seseorang. Jenis penyakit yang bakteri penyebabnya mampu diatasi oleh jeruk nipis adalah malaria, kolera, tipes, dan difteri. 

10. Menguatkan pembuluh darah
Sebagai buah yang kaya akan vitamin C membuat jeruk nipis memiliki daya desinfektan dan anti-toksin yang kuat terhadap racun mikroba. Vitamin C juga membantu memperkuat pembuluh darah agar tidak mudah rapuh atau patah sehingga menyebabkan pendarahan kecil.

Apabila kulit Anda tergores pisau dengan luka yang kecil, segera sembuhkan dengan mengusapkan daging buah jeruk nipis pada permukaan kulit yang terkena mata pisau selama beberapa menit. Secara bertahap semua kandungan dalam jeruk nipis akan bekerja sama untuk membersihkan luka akibat pisau. Pengobatan ini juga berlaku untuk kudis, hanya saja Anda membutuhkan bantuan bawang putih untuk melengkapi.

11. Membantu pengobatan hipertensi
Sebagai penyuplai kalium sudah pasti akan memberikan dampak positif pada tubuh. Buah ini secara langsung juga menampilkan keahliannya dalam mengurus penyakit kardiovaskulas dengan mengaktifkan sirkulasi darah, serta penyakit diabetes.

12. Menyehatkan ginjal
Pernah Anda mendengar bahwa banyak minum akan menyehatkan ginjal?

Secara umum mungkin benar, tetapi tidak semua jenis minuman cocok untuk membuat ginjal sehat. Para pakar sudah memberi rekomendasi minuman yang terbukti secara empiris menyehatkan serta mengobati permasalahan terkait dengan organ ginjal.

Salah satunya yakni air perasan jeruk nipis. Asam sitrat dalam jeruk nipis dapat mencegah proses pengikatan mineral lain yang dilakukan oleh kalsium. Jika dibiarkan terjadi, maka akan timbul dampak buruk seperti terbentuknya batu ginjal.

Pada suatu kasus di salah satu RS yang berada di Amerika Serikat, banyak pasien batu ginjal yang dilarikan ke ruang gawat darurat. Satu dari 10 orang menderita batu ginjal yang kronis. Dokter memberinya saran untuk membiasakan minum air perasan lemon atau jeruk nipis setidaknya tiga kali.

13. Menurunkan berat badan
Pemerhati diet sering menyarankan penggiat diet agar mengawali hari dengan minum secangkir air jeruk nipis hangat. Kandungan serat pangannya dapat membantu menurunkan berat badan.

14. Cocok dikonsumsi oleh ibu hamil dan wanita menopause
Dua masa yang pasti dialami oleh wanita tersebut terkadang membuat banyak wanita lebih fokus pada kondisi kesehatannya. Berbagai nutrisi memang diperlukan ketika hamil dan menopause. Anda bisa membantu memenuhi kebutuhan nutrisi berupa kalsium dan folat dengan konsumsi jeruk nipis segar yang setidaknya menyimpan 22 mg kalsium dan 5 mikrogram folat.

15. Mengobati batuk
Salah satu obat batuk yang praktis dan mudah dibuat adalah jeruk nipis yang dicampurkan dengan beberapa bahan alami lain. Banyak versi obat batuk dari jeruk nipis, Anda bisa memilih yang dirasa suka dan benar-benar mampu menyembuhkan batuk yang Anda alami. 

Salah satu resepnya adalah menyiapkan bahan berupa air perasan dari satu buah jeruk nipis, sesendok madu, dan sedikit garam. Campur semua dalam sendok hingga garam larut, saring, minum ramuan 2-3 kali sehari. Jika tidak ingin repot Anda cukup mencampurkan air perasan jeruk nipis dengan kecap.

16. Meredakan infeksi pada tenggorokan
Terjadinya radang tenggorokan membuat nafsu makan berkurang karena untuk menelan makanan terasa tidak nyaman. Jika dibiarkan pasti akan menimbulkan masalah lain.

Anda hanya butuh ramuan herbal untuk menyembuhkannya, misalnya dengan menggunakan ramuan herbal dari jeruk nipis. Pertama-tama, peras 3 buah jeruk nipis, kemudian campur dalam setengah gelas air panas, tuangkan sesendok madu dan aduk sampai rata. Gunakan ramuan untuk berkumur selama 3 menit sebanyak 3 kali dalam sehari.

Jika Anda ingin tahu cara menyembuhkan radang tenggorokan selain menggunakan jeruk nipis. Silahkan baca artikel mengenai obat radang tenggorokan tradisional yang sempat ditulis oleh Cakrawala Sehat pada kesempatan beberapa waktu lalu.

17. Menurunkan panas demam akibat malaria
Manfaat jeruk nipis untuk obat panas atau demam akibat malaria. Pertama, siapkan 3 lembar daun jeruk nipis, daun kendala, dan 5 lembar daun prasman. Rebus semua daun pada 3 gelas air hingga tersisa 1 gelas. Tunggu dingin, saring airnya, bagi menjadi dua untuk diminum pada pagi dan sore hari.

18. Mengencerkan dahak di tenggorokan
Ambil 2 buah jeruk nipis segar, potong, peras, dan tampung air di dalam gelas. Larutkan sedikit garam, aduk hingga rata. Minum sebelum makan. Jika ingin diberi perasa manis, Anda bisa menuangkan sesendok madu setelah melarutkan garam.

Giling akar kecubung hitam dan legetan warak hingga terkumpul masing-masing satu sendok makan, setelah itu campur dengan air jeruk nipis. Tambahkan 3/4 larutan garam ke dalam ramuan tersebut, aduk hingga tercampur. Setelah itu, saring ramuan dan gunakan airnya untuk berkumur beberapa menit. Dalam sehari lakukan 4-6 kali.

20. Mengobati amandel secara alami
Manfaat jeruk nipis untuk mengobati amandel. Sediakan 3 buah jeruk nipis, ambil kulitnya, cuci bersih, potong-potong, kemudian rebus dalam 2 gelas air sampai tersisa 3/4 nya. Saring dan gunakan airnya untuk berkumur beberapa menit sebanyak 3-4 kali dalam sehari.

21. Membantu mengurangi kebiasaan merokok
Isap seiris demi seiris jeruk nipis, kemudian minum air putih. Lakukan kebiasaan ini beberapa kali sehari secara rutin tiap hari hingga Anda sadar bahwa keinginan untuk membakar tembakau sudah berkurang, bahkan hilang.

22. Mengobati bagian tubuh yang terkilir
Buat minyak urut dari jeruk nipis untuk mengobati bagian tubuh yang cedera atau terkilir. Caranya, belah tiga buah jeruk nipis matang yang menyimpan banyak air. Setelah itu, masukkan ke dalam poci yang sudah diisi 1/2 cangkir air panas, tutup poci, biarkan proses penyeduhan berlangsung beberapa saat. Pada tempat yang sama, tambahkan 2 sendok makan minyak kayu putih dan minyak gandapura. Gunakan ramuan untuk memijat atau mengurut bagian yang terkilir. Sehabis dipjat, minumlah 3/4 gelas air kelapa hijau muda. Lakukan 3 kali sehari.

23. Mengurangi bau badan

Buatlah ramuan untuk mengurangi bau badan dari buah jeruk nipis. Caranya, potong satu buah jeruk nipis berukuran besar menjadi dua bagian, oleskan kapur sirih tipis-tipis pada kedua irisan jeruk. Oleskan ke lempitan kulit seperti ketiak dan leher bawah setelah mandi. Diamkan 5 menit sebelum dibilas, lakukan tiap pagi dan sore hari.

23. Mengobati gangguan otak
Penyakit semacam vertigo dan parkinson, dimana secara kasar keduanya dapat didefinisikan sebagai halusinasi seseorang yang mengira bahwa terjadi hal aneh di sekitarnya, seperti ada yang berbicara di sampingnya yang pada faktanya tidak ada dan ruangan bergerak atau terasa berputar.

Kedua penyakit tersebut merupakan gangguan neurologis atau penyakit yang menyerang sistem saraf. Kondisi ini akan membuat seseorang bertingkah aneh, karena itu harus segera diobati. Mulailah dengan pengobatan berstatus ringan seperti memanfaatkan jeruk nipis.
Ambil segenggam jeruk nipis, remas-remas atau lumatkan. Tambahkan dengan sesendok air jeruk nipis, gosokkan remasan daun pada pelipis, dahi, tengkuk atau leher belakang hingga ramuan habis sebanyak 2 kali sehari.

24. Mengatasi menstruasi yang tidak teratur
Manfaat jeruk nipis untuk mengobati haid tidak teratur. Ambil satu buah jeruk nipis, peras dan pastikan bahwa terkumpul tiga sendok air jeruk nipis. Campurkan semua air perasan dengan sesendok madu dan seduh dalam2 gelas air panas, aduk rata. Minum selagi hangat. Lakukan pengobatan 3 kali sehari.

25. Mengurangi rasa capek atau letih pada beberapa titik tubuh
Buat ramuan dari 1/3 daun jeruk nipis, daun sambiloto, daun ketepeng cina, 10 lembar daun sirih, 2 jari akar kepayang, akar pepaya, 3 jari akar kelor, dan 10 buah cabai rawit. Tumbuk semua bahan hingga halus, rendam dalam 1 liter alkohol selama 7 hari. Peras airnya dan simpan dalam botol. Gunakan ramuan ini untuk menggosok atau mengurut bagian tubuh yang capek pasca bekerja.

27. Mengembalikan kebugaran tubuh
Minum sebutir kuning telur ayam kampung, air perasan satu buah jeruk nipis, dan sedikit irisan gula merah sebanyak satu kali dalam seminggu agar stamina tubuh terisi kembali.

28. Merelaksasi otot yang tegang
Iris jeruk nipis tipis-tipis, peras tiap irisan, dan tambahkan sedikit air biasa pada air perasan jeruk. Gunakan untuk menggosok bagian tubuh yang ototnya tegang atau terasa pegal. 

29. Terhindar dari penyakit jantung
Kandungan serat pangan yang juga dapat membantu penderita diabetes dengan menjaga kadar gula darah ternyata memberi reaksi ganda berupa penurunan tekanan darah dan mengurangi kolesterol LDL (kolesterol jahat) di dalam tubuh. Dengan begitu, maka penyakit jantung dan stroke akan menjauh dari Anda.

30. Menyembuhkan infeksi pada sistem kemih
Kalium dalam jeruk nipis bertindak sebagai agen pelepas racun dan endapan yang memiliki peluang tersimpan dalam kandung kemih. Hal ini akan mengganggu proses berkemih karena terjadinya penyumbatan urin pada saluran kemih. Jeruk nipis akan membantu pembersihan endapan zat pada kandung kemih.

31. Mengobati ambeien
Manfaat jeruk nipis untuk mengobati ambeien. Caranya, siapkan 10 gram akar pohon jeruk nipis, bersihkan kotoran yang menempel menggunakan air, kemudian rebus dalam 1 liter air selama 30 menit. Saring airnya, dan minum selagi hangat 3 kali sehari.

32. Mengatasi anyang-anyangan
Anyang-anyangan awal mula berasal dari Jawa sebutannya, merupakan kondisi di mana timbul keinginan untuk buang air kecil dengan frekuensi sering, tetapi air seni yang keluar tidaklah banyak sehingga tidak tuntas dan menyebabkan rasa ingin terus buang air kecil. Anyang-anyangan merupakan salah satu gejala infeksi saluran kemih yang bisa diobati dengan jeruk nipis.

Langkah pengobatannya: Peras dua buah jeruk nipis yang sudah dicuci, kemudian tambahkan gula batu secukupnya pada air perasan, keduanya Anda campur ke dalam 1 gelas air panas. Aduk dan minum hangat sehari sekali sampai masalah tuntas.

33. Mengontrol kadar gula darah
Diabetes membuat setiap penderita harus waspada terhadap makanan dan minuman yang hendak dikonsumsi. Tidak memperhatikan kandungan gula pada apa yang dikonsumsi bisa menimbulkan risiko serius bagi penderita diabetes.


34. Mengurangi jumlah produksi keringat
Manfaat jeruk nipis untuk mengatasi kulit wajah berminyak. Kulit wajah adalah bagian paling rentan terhadap masalah kulit, karena itu sangat penting untuk memberi perawatan ekstra yang aman pada wajah jika ingin terhindar dari problem kecantikan seperti jerawat, komedo, dan teman-temannya.

Kulit berminyak terjadi akibat pori-pori kulit terbuka lebar sehingga produksi minyak menjadi berlebihan. Anda bisa merasakan dampak negatif dalam waktu singkat jika sadar bahwa kulit wajah berminyak. Jika tidak ingin menikmati hadiah buruk dari minyak berlebih pada wajah, segera atasi dengan mengoleskan jeruk nipis pada wajah secara rutin.

Berikut cara membuat masker wajah dari jeruk nipis:


  1. Ambil satu buah jeruk nipis, cuci bersih, potong jadi dua bagian.
  2. Gosokkan bagian dalam kulit jeruk nipis pada wajah yang sudah dibersihkan secara merata. Apabila terdapat luka pada wajah, jangan dioleskan.
  3. Diamkan selama 10 menti hingga air terserap ke dalam pori-pori kulit, bilas dengan air bersih.

Dalam sesaat Anda akan merasakan wajah yang bebas minyak dalam waktu lama.

35. Meminimalisir jumlah jerawat dan memudarkan bekasnya
Anda bisa mendapatkan wajah yang bebas jerawat dengan menerapkan perawatan yang sama seperti mengatasi kulit berminyak. Hanya saja bagian yang digunakan adalah air perasan jeruk nipis. Oleskan air jeruk menggunakan cotton bud pada jerawat dan bekasnya, diamkan 30 menit hingga mengering sebelum dibilas.

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, Anda bisa memadukan jeruk nipis dengan madu secukupnya. Kedua bahan ini kontribusinya di bidang kecantikan, terutama merawat kulit sudah banyak dibuktikan oleh para pakar kecantikan di seluruh dunia. Anda bisa menggabungkan keduanya sebelum dioles pada wajah.

36. Mengencangkan dan mencerahkan kulit wajah
Semua orang pasti mengidamkan wajah yang bersih, kencang, dan cerah layaknya putri keraton. Pasalnya, wajah yang bersih tanpa noda bisa menjadi modal untuk menuai kesuksesan di dunia bekerja. Namun yang menjadi permasalahan adalah untuk mewujudkan mimpi ini tidaklah mudah, butuh keseriusan dalam menjalani perawatan dengan masker jeruk nipis.

37. Membuat kulit tampak awet muda
Usapkan air perasan jeruk nipis pada wajah untuk mengurangi tampilan kulit yang semakin menua seiring bertambahnya usia. Jangan lupa untuk diimbangi dengan perbanyak minum air putih agar tekstur kulit tetap lembut dan kenyal layaknya wanita usia 20-an.

38. Mengurangi kerontokan rambut
Rambut rontok adalah masalah normal yang pasti dihadapi oleh banyak remaja, yang membedakan adalah jumlah rambut yang rontok. Apabila mencapai puluhan helai perhari, hal tersebut menandakan adanya masalah pada kesehatan rambut. 

Anda bisa memulai pengobatan rambut rontok dengan menggunakan air hasil perasan jeruk nipis secara teratur. Oleskan secara merata dan Anda biarkan semalaman (dibiarkan sambil tidur). Ketika pagi hari, Anda bilas hingga bersih dengan air. Lakukan terus sampai rambut rontok berkurang.

39. Melebatkan rambut
Rambut tipis akan terlihat seperti setengah botak, tentu penampilan akan terganggu dan rasa percaya diri akan memudar. Anda tidak perlu khawatir jika masalahnya hanya rambut tipis akibat jumlah rambut yang sedikit. Problem ini bisa Anda atasi dengan cara melebatkan atau menyuburkan rambut dengan bantuan jeruk nipis.

Caranya seperti berikut:
  1. Sediakan 1 buah jeruk nipis, belah dua, peras dan ambil airnya.
  2. Bakar merang padi secukupnya sampai menjadi abu.
  3. Rendam abu merang pada air secukupnya selama semalaman, kemudian saring.
  4. Setelah itu, padukan air rendaman abu merang dengan air jeruk nipis, kemudian basuh kulit kepala sembari dipijat.
  5. Lakukan setiap hari hingga terlihat perubahan.

Jika memang Anda bermasalah dengan rambut tipis atau kebotakan, lebih baik beli produk penumbuh rambut terpercaya. Atau jika punya uang lebih, lakukan transplantasi rambut karena hasilnya lebh cepat dan lebih bagus.

40. Menghilangkan ketombe
Ketombe adalah bercak putih yang berada pada rambut yang dihasilkan dari pengelupasan kulit mati berlebihan di kulit kepala. Sel kulit mati yang terkelupas ini berwarna putih dalam jumlah banyak, kehadirannya sangat mengganggu penampilan dan membuat seseorang tidak nyaman karena timbul rasa gatal yang serupa dengan masalah kutu.

Untuk menghilangkan ketombe Anda bisa mencoba manfaat jeruk nipis. Seperti perawatan jeruk nipis lainnya, gunakan air jeruk nipis secara langsung ke kulit kepala, diamkan selama 30 menit, terakhir dibilas dengan shampo dan air. Lakukan tiga kali dalam seminggu.

Diet adalah metode penurunan berat badan yang difokuskan untuk mengurangi kadar lemak yang terdeposit dalam tubuh. Berbagai teknik diet bisa dicoba oleh pelakunya sesuai rekomendasi pakar yang tepercaya. 

Secara umum, agar diet yang dijalani susah payah membuahkan hasil. Hanya ada dua cara sederhana, pertama rutin melakukan olahraga dan memperbaiki atau merubah pola makan juga jenis makanan yang dikonsumsi.

Jeruk nipis  secara efektif mempromosikan vitamin C, potassium, dan asam folat untuk membantu mengurangi lemak dalam tubuh. Cara mengambil khasiat jeruk nipis untuk diet Anda bisa memulainya dengan minum segelas air putih dingin yang dicampur dengan air perasan jeruk nipis dan 2 sendok teh madu. Minumlah pagi hari saat perut masih kosong setiap hari.

Namun ada juga bahaya jeruk nipis apabila dikonsumsi berlebihan atau sengaja dikonsumsi oleh penderita suatu penyakit yang mana mempunyai pantangan makanan berupa jeruk nipis.


  • sakit perut. Konsumsi jeruk nipis berlebihan dalam sehari dapat menyebabkan sakit perut karena kondisi perut yang asam dalam waktu lama sehingga menyebabkan selaput lendir pada saluran pecernaan mengalami iritasi.
  • Sering buang air kecil. Pengobatan dengan minum perasan jeruk nipis akan membuat Anda lebih sering mondar-mandir ke kamar mandi untuk buang air kecil, ini merupakan efek samping terlalu banyak konsumsi buah jeruk nipis.
  • Sakit kepala dan migren. Sebuah penelitian telah menemukan penyebab umum dari sakit kepala dan migren, yakni senyawa asam amino bernama tyramine yang tersimpan dalam jeruk nipis. Kandungan ini akan meningkatkan aliran darah ke otak secara spontal sehingga timbul gejala seperti migren akut atau sakit kepala kronis.
  • Kulit terbakar. Berlebihan melakukan perawatan kulit dengan jeruk nipis atau lemon akan membuat kulit mudah terbakar, karena itu batasi penggunaannya.
  • Peningkatan kadar zat besi. Terlalu banyak konsumsi jeruk nipis akan mendorong sistem pencernaan untuk menyerap zat besi melebihi batas normal. Kelebihan zat besi dari jumlah yang dibutuhkan oleh tubuh dapat menyebabkan gangguan seperti hemokromatosis.
 referensi: internet



0 komentar: