improving writerpreneurship

Post Top Ad

Bagaimana Cara Launching Buku

Bagaimana Cara Launching Buku


Beberapa kali ada yang menanyakan bagaimana caranya untuk merilis atau launching buku. Launching buku memang merupakan salah satu cara untuk marketing/pemasaran. Banyak orang mungkin sudah paham caranya, namun menyadari bahwa masih saja ada yang bertanya perihal ini, maka tak ada salahnya kalau saya bagikan beberapa caranya di sini ya.  Tentu saja kreatifitas masing-masing penulis masih dibutuhkan demi suksesnya launching tersebut :)


Alhamdulillah, beberapa kali buku saya dirilis dengan launching di beberapa tempat, utamanya di toko buku Gramedia dan Togamas.

Saat mulai pertama-tama juga swadaya deh. Karena waktu itu buku yang dilaunching adalah  tulisan bersama kawan-kawan Hasfriends terbitan Hasfa sendiri, maka saya hubungi toko buku Togamas  untuk meminjam tempat.

MC alias pembawa acaranya colek teman sendiri. Waktu itu ada si David anak pro bono yang ternyata cukup ciamik waktu bawain acara.  Flyer-nya sudah jauh-jauh hari kita bagikan di sosmed. dan alhamdulillah sempat on-air di radio Smart FM beberapa hari sebelumnya, sehingga undangan acara launching dan bedah buku ini sekaligus sudah disebar luaskan di radio.




Gitu aja sih. Jadi kita sebenarnya butuh tempat, Person In Charge (PIC), audience, flyer untuk promo dan undangan, serta kalau memungkinkan publikasi tambahan seperti siaran di radio, dll.


kali berikutnya semuanya akan menjadi lebih mudah, karena penerbit yang menerbitkan buku kitalah yang meng-handle acara launching alias rilis buku atau novel kita :)


dian nafi @ launching 101 bisnis online paling laris terbitan Gramedia

Contohnya seperti saat  launching 101 bisnis online paling laris terbitan Gramedia. Flyer, baliho, MC, susunan acara termasuk tempat sudah  disiapkan dengan baik oleh Gramedia jakarta yang bekerja sama dengan gramedia Jogja dan Gramedia Semarang. 





dian nafi @ launching novel Ayah, lelaki Itu Mengkhianatiku terbitan Diva Press


Sama halnya saat launching novel Ayah, lelaki Itu Mengkhianatiku terbitan Diva Press. Perwakilan  dari penerbit juga turut datang ke acara untuk memantau dan kasih support.





dian nafi @ launching Bidadari Surga Pun Cemburu terbitan Tiga Serangkai










ngenalin novel Gus di kafe Semarang

Add caption


launching novel Just In Love terbitan Grasindo


launching novel lelaki kutunggu lelakumu


dian nafi @ launching Miss Backpacker Naik Haji terbitan Imania Mizan


dian nafi @ launching  novel Matahari Mata Hati terbitan Tiga Serangkai

dian nafi ngenalin Muslimah Kudu Happy @ kafe Semarang


dian nafi @  launching Mesir Suatu Waktu terbitan Grasindo





dian nafi @launching dan bedah buku Socioteenpreneur terbitan Erlangga


Launching  dan bedah buku bisa juga diselenggarakan bekerja sama dengan kampus. Seperti waktu itu saya sempat lakukan bersama Universitas Sultan Agung saat bedah buku Bengkel Jiwa.





Juga kerja sama dengan  IAIT Tribakti Kediri saat launching buku puisi Jadzab.





Launching dan bedah buku juga bisa diselenggarakan bekerja sama dengan pameran buku alias book fair di kotamu atau kota lainnya.

launching novel Segitiga di Wonosobo Book fair

Launching Story Cake  Mompreneur di Gramedia Book Fair
Atau kalau beruntung, karena belum sempat rilis resmi novel Sarvatraesa waktu itu, malah beruntung dapat momen untuk memperkenalkannya bersama vokalis band idola. Ahay:D

dian nafi @ festival bedug asyiiik bareng novel Sarvatraesa dan Rizal Armada


4 komentar:

  1. jadi "kecipratan" merasakan launching buku sama mbak hehe

    BalasHapus
  2. Materi yg di sampaikan apa ya mbak untuk launching novel. Apa kita perlu menceritakan kisah si tokoh dalam novel?

    BalasHapus
    Balasan
    1. sampaikan aja garis besar isi buku. boleh juga tentang karakter tokoh dan kisahnya sedikit, sebagiannya lagi tidak perlu diceritakan agar calon pembaca jadi penasaran.

      Hapus

Post Top Ad