Recent Posts

5 Apr 2020

Bagaimana Menghidupkan Adegan?

Bagaimana Menghidupkan Adegan?



Bagaimana Menghidupkan Adegan?

Jawaban sederhana: Apa pun yang membuat tokoh memiliki pergerakan.

Apa sih ciri makhluk hidup? Salah satunya: Mampu bergerak relatif terhadap lingkungannya. Sesuatu yang secara alamiah bergerak akan dipersepsi sebagai "hidup". Bahkan, Pergerakan adalah unsur utama dalam cerita. Sekecil apa pun, dalam cerita HARUS ada pergerakannya.

Apa unsur yg harus digerakkan dalam cerita agar terasa hidup: 1. Ruang 2. Waktu. Artinya urutannya perlu diatur dg pertimbangan ALAT INDRA si tokoh. Tugas penulis BUKAN cuma bikin detail ruang (dg menghambur2kan detail), melainkan detail ruang yg mendukung unsur gerak.

Gerakan tokoh/subjek dalam cerita bukan cuma ttg seberapa detail penggambaran settingnya (gambaran setting cuma akan menghasilkan "foto" yg diam). Untuk membuatnya berkesan gerak, setting ini perlu dipandang dr alat Indra dan tubuh si Tokoh yg sedang bergerak.

Kunci dasarnya: Buat tokoh bergerak di dalam setting (misal: bergerak ke dapur, mengambil gelas di atas rak tingkat 3, menutup pintu rak, meninggalkan dapur, lalu menutup pintu yang bisa menimbulkam derit). Jadi, setting dibangun berdasarkan gerakan tokoh.

Apa yg membuat gerakan tokoh jadi masuk akal? Motif. Tokoh harus punya motif dr gerakan yang dia lakukan. Misal: Mengambil minum ke dapur krn ada tamu. Ketika tokoh sudah akrab dg sebuah ruang, jadi tidak masuk akal jika ia menjelaskan detail ruang itu tanpa motif.

Dalam kasus tokoh sangat akrab dg ruang di mana dia berada, utk menjelaskan setting, buat dia melakukan sesuatu. Misal: bangun tidur, menyiapkan pakaian, & mandi. Bersama gerakannya, jelaskan setting. Lagi2: mendetailkan ruang bisa tidak efektif kalau cuma utk disebut2kan saja.

Unsur gerak yg dilakukan tokoh yg jadi pertimbangan utama seberapa detail ruang perlu dijelaskan. Misal: Ndak perlu menjelaskan kondensor AC ada di mana kalau motif tokoh bergerak menuju kamar mandi adlh bersiap kerja. Kondensor AC perlu dijelaskan klo ada tukang AC mau servis.

Intinya, untuk membuat adegan hidup buatlah tokoh bergerak dalam setting menggunakan alat indra-nya akibat adanya motif tertentu. Laporkan apa yg dilihat tokoh saat dia bergerak; apa yg dia lihat, dengar, sentuh, dan rasakan. Semoga berguna


Aturan dibuat untuk dilanggar
taken from wisnucuit

    Choose :
  • OR
  • To comment
Tidak ada komentar:
Write komentar