improving writerpreneurship

Post Top Ad

Tips Menulis Chicken Soup Story

Tips Menulis Chicken Soup Story
sharing kepenulisan di masjid Raya Batam
Menulis berdasarkan pengalaman kita pribadi maupun dari apa yang kita dengar dari pengalaman orang lain yang diceritakan pada kita adalah cara yang paling mudah dan paling menyenangkan (tentu saja kalau pengalamannya menyenangkan ya kan. hehe) 

Artinya mudah sekali kita menangkap muatan emosionalnya dan kita tularkan kembali kepada pembaca. Kisah-kisah inspiratif atau dalam istilah baratnya disebut sebagai chicken soup story inilah juga yang menjadi jenis tulisan saya yang pertama-tama dulu saat saya memasuki belantara kepenulisan. 

Kisah-kisah curhatan teman (ataupun diri sendiri :D)  yang saya gubah jadi chicken soup story inilah yang mengantar saya memenangi beberapa perlombaan. Sehingga kemudian mendorong saya untuk lebih maju lagi dan akhirnya jatuh cinta pada dunia menulis. 


Tips menulis chicken soup story ini pula yang menjadi materi yang diminta teman-teman untuk saya bagikan dalam kesempatan sharing kepenulisan pada beberapa waktu lalu di Masjid Raya Batam. 


Compliment Dari Teman-Teman Batam. Thanks for having me :)

Berikut beberapa tips menulis chicken soup story:

Pilihlah satu cerita 
Pilihlah satu cerita sederhana dalam kehidupan kita sehari-hari. 
Satu cerita yang mungkin saja juga dialami oleh banyak orang lain di berbagai belahan dunia. Mungkin nanti cerita itu akan menggugah orang lain, mengingatkan orang lain, membawa hikmah atau sekedar hiburan bacaan ringan.
Tidak banyak yang harus kita tulis. Hanya satu kejadian kecil. Kisah yang sangat spesifik. Mungkin orang lain juga mengalami kisah tersebut. Tapi kita menuliskannya dengan perspektif berbeda berdasarkan pengalaman pribadi yang tentunya akan menghasilkan akhir cerita yang berbeda dengan orang lain.

Gali Lebih Dalam
Pikirkan satu cerita kecil dalam periode kehidupan kita yang sesuai dengan tema tulisan yang akan kita buat. Galilah cerita tersebut secara mendalam, dan temukan hikmah apa yang bisa kita bagikan kepada orang lain dari cerita tersebut. Mungkin cerita tersebut bukan kisah yang luar biasa, bukan pula kisah yang mampu menggetarkan banyak hati. Tapi setidaknya, cerita itu membawa dampak dalam kehidupan kita di kemudian hari.


Jangan Berlebihan Mendramatisir

boleh saja mendramatisir kisah kita , hanya saja sebaiknya jangan terlalu berlebihan. karena kalau jadinya pendramatisiran kisah itu terlalu banyak, malah khawatir akan membuat tulisan itu tidak lagi menjadi tulisan kisah nyata. melainkan menjadi tulisan fiksi

Gaya Penulisan
memang kekuatan cerita merupakan salah satu potensi tulisan itu menjadi menarik. namun gaya penulisan yang cantik juga sangat penting.


Meninggalkan Kesan

setiap menulis kisah ini, isi cerita haruslah bisa meninggalkan kesan yang sulit untuk dilupakan oleh pembacanya. Untuk itu, tulisan kita harus bisa merangsang emosi dan keterlibatan pembaca.

Inspiratif
bagaimana kita menjalani proses dari sebuah episode kehidupan yang mungkin begitu menyulitkan bagi kita, adalah sebuah ilmu dan pengalaman yang mungkin perlu dicontoh oleh orang lain. Proses menuju perbaikan itulah yang bisa sangat bermanfaat bagi orang lain, ketika kita bisa menuangkannya ke dalam sebuah tulisan yang terangkai menjadi sebuah kisah inspiratif.

Libatkan 5 Indra
Libatkan kelima panca indera, mulailah melakukan observasi terhadap lingkungan, banyak membaca, mengubah kebiasaan curhat lewat lisan dengan menuliskannya di buku catatan harian/diari, mulailah rajin untuk mencatat hal-hal yang tertangkap oleh kelima panca indera tadi untuk tabungan ide. Kalau semua ini sudah bisa dilakukan, maka Insya Allah, tak akan sulit untuk memulai menuliskan sebuah kisah yang diinginkan.

Story Telling
Pelajari dan kuasai trik memilih judul, menentukan karakter/penokohan, setting/latar cerita, memilih sudut pandang atau point of view (POV) cerita, plot, menampilkan konflik cerita, tips mengolah konflik, dialog, membuat ending yang cantik dan memikat, hingga tahap self editing tulisan.

Kamu punya tips juga untuk menulis chicken soup story? 
Bagi di sini juga ya^_^ 

20 komentar:

  1. Aku jg suka bc2 chicken soup story' mmg inspiratif bgt y mb ..mksh tipsnya

    BalasHapus
  2. Keren mbak tipsnya. Dari kisah sederhana sehari-hari bisa jadi kisah inspiratif. Makasih ya mbak Dian. Sukses selalu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah. Aamiin aamiin. Doa yang sama untukmu mbak :)

      Hapus
  3. makasih tipsnya mbak, aku suka nulis chiken soup story gitu, tapi sudah lama nggak nulis, dulu masih suka nulis pengalaman inspiratif hihihi

    BalasHapus
    Balasan
    1. terima kasih kembali Wuri. Ayo tulis lagi yuk :)

      Hapus
  4. Terima kasih tips nya, mba.. Semoga dapat dipraktekkan juga.. Jadi dasar dari tulisan ini adalah kisah nyata y mba..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sami-sami. Betul, inspired by true stories.
      Asyiikk. selamat mempraktekkan :)

      Hapus
  5. Huaahh...paling sulit nih mba buatku nulis yang model-model chicken soup gini. Aku sering ga bisa jujur dalam menceritakan pengalaman yang kuhadapi. Semacam denial gitu loh. Denial dan pembiaran...ah udah deh, udah lewat ini. Semacam enggak mau ingat-ingat yang ga enak ehehehee... padahal bisa jadi hal tersebut bermanfaat untuk orang lain ya.

    BalasHapus
  6. Menarik nih, selama ini tulisan2 model chicken soup masih unpublised dan lbh banyak buat dibaca2 sendiri

    BalasHapus
  7. Qda beberapa tulisab model begini tapi belum pede ah publish nya mbak lagian keknya emosinya kurang dapet. Harus belajar daro mbak dian nih nampaknya

    BalasHapus
    Balasan
    1. ayo yuk sinau bareng-bareng biar makin semangat dan pedhe :)

      Hapus
  8. Tipsnya aplikatif banget mi mbak Dian. Tinggal praktek. Mudah2an jadi bisa punya tulisan bergenre ini.

    BalasHapus
    Balasan
    1. alhamdulillah. terima kasih apresiasinya mbak. Selamat praktek. Selamat menulis dan menginspirasi :)

      Hapus
  9. Menyenangkan membaca tulisan ala chicken soup, banyak inspirasi yang bisa diambil dari kisah nyata tersebut

    BalasHapus
  10. Iya juga ya, kisah sehari-hari yang sederhana yg diceritakan secara detail, membuat pembaca merasa nyaman membaca. Melihat satu peristiwa dari sudut pandang orang lain memang menarik.

    BalasHapus
    Balasan
    1. naaah ini nih yang suka jalan-jalan dan banyak ketemu orang serta mengalami banyak peristiwa, bisa banget ditulis dan dibagikan :)

      Hapus

Post Top Ad