Workshop Parenting And Education


Workshop Parenting And Education



Bertempat di Aula Pertemuan Gedung Kampus Universitas Semarang aka UNNES yang baru di daerah Sampangan Semarang, workshop parenting and education digelar beberapa waktu lalu.

Pembicaranya antara lain ibu Ratna Megawangi istri Bapak Menteri Sofyan Djalil, yang sekaligus menjadi keynote speaker dalam acara yang dihadiri ratusan orang ini, bahkan sampai seribu orang lebih.





Pelatihan selama tiga hari ini terdiri atas beberapa sesi. Kesemua temanya menarik dan sangat bermanfaat. Beberapa hal mungkin sudah pernah atau seringkali kita dengar, namun penegasan juga beberapa praktik langsung menjadikannya tetap bermanfaat dan mudah-mudahan berdaya guna.

However, ada beberapa PR alias pekerjaan rumah yang langsung tercatat dalam kepala, antara lain supaya menemukan beberapa musik yang bisa membantu kita mengulangi sesi fokus ke jantung ini di rumah atau tempat kita masing-masing.

Karena dengan jiwa yang sehat yang memperhatikan daya kerja dan fungsi otak serta jantung, akan menjadikan kita juga menjadi orang tua dan pendidik yang sehat dalam tugas pengasuhan dan pendidikan anak-anak kita.

Berikut beberapa catatan pentingnya.
Agar anak-anak  tidak hanya tahu tapi juga melakukan, ajarkan dg strategi.agar praktik dg spontan, rasanya hidup. Mk perlu Teknik pengaliran pilar karakter

Berkarakter berarti cinta kebaikan, bermanfaat/memberi nilai tambah, memimpin/berinisiatif melakukan kebaikan.
 
Hal yg sederhana, suatu kebaikan kecil bisa menghasilkan kebaikan yg menular, terus menerus. Sejatinya kita kembali yg akan menerimanya
 
Kuncinya ciptakan suasana senang, bahagia, shg apapun yg disampaikan akan diterima dg baik.
 
Orang tua dan Guru serta pendidik berkarakter berarti  mengajar dg CINTA,penuh ksh syg,beri perhatian, empati, slalu perbaiki diri,mnj kesempurnaan karakter,sabar,ikhlas,kreatif
Siap mjd MODEL bagi anak didik
 
9 pilar karakter:cinta Tuhan&ciptaanNya,mandiri disiplin tg jwb,jujur amanah bijak,hormat santun pendengar yg baik,deemawan suka menolong.. dll
 
Pengaliran karakter/moral: mengetahui(makna&alasan)> merasakan > melakukan > penegasan > tahu dst (recycling) alias diulangi lagi prosesnya dari awal, begitu seterusnya. 



Komentar