Keranjingan Empek-Empek

Keranjingan Empek-Empek


Entahlah apa yang sesungguhnya sedang terjadi, tapi akhir-akhir ini aku keranjingan banget makan empek-empek. Dulu jaman kost di Tembalang, nggak tahu siapa yang pertama kali ngajarin tiba-tiba aku bisa membuat empek-empek. hampir setiap akhir pekan, Sabtu Minggu aku dan teman kost sibuk di dapur membuat adonan makanan khas Palembang ini. Untuk kemudian kami nikmati bersama teman-teman kost yang lain.  Jiaaaah.... Nggaya banget kan ya. Kok bisa?  Kalau diingat-ingat agak lucu juga,  karena aku kan tidak ada darah keturunan dari Palembang.

Tapi kesukaanku pada empek-empek pada awalnya karena punya sahabat pena asal Palembang. Kami rajin  saling berkirim surat (waktu itu belum ada ponsel, sms apalagi WA. Fesbuk dan twitter juga nggak ada:D)

Suatu ketika dia berkunjung ke kotaku membawa oleh-oleh empek-empek banyak  sekali berikut kerupuknya itu. Nah sejak  itulah aku hobby banget ama empek-empek. Apalagi setelah tahu kalau ada sejarah yang menghubungkan kerajaan Palembang dan kerajaan Demak.

Bahan bahan Membuat Resep Empek Empek Palembang 
  1. Bahan utama yang dibutuhkan adalah daging ikang tengiri yang sudah bebas dari duri kurang lebih 500 gram. Bisa juga menggunakan ikan gabus atau ikan belida apabila tidak ada ikan tengiri.
  2. Tepung Sagu sebanyak 250 gram. Gunakan tepung sagu yang mempunyai kualitas paling bagus supaya hasilnya enak.
  3. Telur ayam. Pilih ukuran sedang besar dan gunakan setengah butir telur saja.
  4. Bawang putih lokal yang ukurannya sedang besar. Kupas kulitnya dan siapkan 80 gram untuk kuah nya dan 6 pcs dihaluskan lebut untuk campuran adonan empek empek.
  5. Gula merah aren sebanyak setengah kilogram.
  6. Cabe Rawit 100 gram atau tergantung selera dan tingkat kepedasan yang diinginkan.
  7. Garam dapur beryodium secukupnya.
  8. Asam Jawa kalau ada sedikit saja.
  9. Air bersih matang kurang lebih sebanyak setengah liter.

Cara Membuat Empek Empek Palembang

  1. Ambil wadah untuk adonan Resep Empek Empek nya. Masukkan Daging ikan tengiri yang sudah dihaluskan terlebih dahulu supaya bisa tercampur sempurna dengan bahan bahan lainnya.
  2. Masukkan garam dan 6 pcs bawang putih nya kedalam wadah adonan. Campur dengan daging ikannya dan aduk aduk sampai semua bahan tercampur rata.
  3. Masukkan setengah bagian telurnya dan campur dan aduk lagi dengan bahan bahan lainnya sampai tercampur rata dan tidak ada gumpalan gumpalan.
  4. Masukkan 250 gram tepung sagunya. Campur dengan semua bahan bahan sebelumnya sampai benar benar rata dan tidak ada gumpalan gumpalan.
  5. Ambil sedikit adonan diatas dan buat bentuk memanjang, pendek atau sesuai ide anda sendiri untuk bentuk empek empeknya. Lakukan sampai semua adonan habis.
  6. Siapkan satu tempat untuk merebus adonan yang sudah dibentuk di aras. Beri air secukupnya dan rebus semua adonan pempeknya dalam air yang mendidih sampai matang.
  7. Siapkan satu wadah lagi untuk membuat kuah cukanya.
  8. Masukkan air matang 0.5 liter, gula merah yang sudah dipotong kecil kecil dan asam jawa secukupnya. Rebus sampai mendidih sambil diaduk aduk supaya tercampur rata.
  9. Masukkan garam secukupnya, bawang putih yang sudah dipotong kecil kecil dan garam sesuai selera. Bisa juga ditambahkan cabai rawit sesuai selera. Aduk kembali sampai semua bahan tercampur. Angkat kuahnya dan saring.


Bahan Yang Dibutuhkan Dalam Resep Empek-Empek Kapal Selam Spesial

  • 280 gram tepung sagu
  • 400 gram ikan tenggiri
  • 200 ml air dingin
  • 1 sendok makan garam
  • 1 sendok makan vetsin atau penyedap rasa
  • 6 butir telur untuk isian empek-empek kapal selam

Cara membuat empek-empek kapal selam

  • Langkah yang pertama adalah anda harus menghaluskan daging ikan. Bisa dengan cara manual dengan menggunakan saringan atau bisa juga dengan memanfaatkan blender. Tambahkan sedikit air lalu aduk hingga seluruh adonan ikan teksturnya rata.
  • Lalu sisa air yang belum dimasukkan ke dalam adonan ikan dicampurkan dengan vetsin dan garam, lalu perlahan-lahan masukkan ke dalam adonan ikan sambil terus diaduk.
  • Langkah selanjutnya adalah dengan menambahkan tepung sagu sedikit demi sedikit sambil terus diaduk hingga seluruh adonan tepung habis dan terus aduk hingga adonan menjadi sedikit mengeras.
  • Setelah adonan mengeras itu artinya adonan telah selesai dibuat lalu langkah selanjutnya adalah membentuknya menjadi kreasi empek-empek kapal selam. Caranya adalah dengan membuat adonan menjadi bentuk pipih.
  • Berikutnya adonan dibentuk menjadi cekung dibagian tengah, lalu tambahkan telur, kemudian bungkus telur tersebut hingga tertutup seluruh bagian telurnya.
  • Setelah seluruh adonan habis dibentuk. Langkah terakhir yang harus anda lakukan adalah menggoreng empek-empek tersebut hingga matang atau hingga berwarna coklat keemasan.

Bahan Yang Dibutuhkan Untuk Membuat Saus Empek-Empek

  • 500 cc air
  • 150 gram gula merah
  • 150 gram gula pasir
  • 100 gram cabai rawit
  • 50 gram cabai merah
  • 50 gram bawang putih
  • Garam secukupnya
  • 4 sendok makan cuka
  • 4 sendok makan kecap asin

Cara Membuat Saus Empek-Empek Yang Mudah Dan Praktis

Cara membuat saus empek-empek caranya sangat mudah. Yaitu hanya dengan menumbuk seluruh bumbu lalu mengaduknya hingga seluruh saus empek-empek tersebut teraduk rata. Sangat mudah kan? 
Nah yang paling terakhir anda bisa melakukan tahap finishing dalam resep empek-empek ini. Yaitu adalah dengan mengiris empek-empek yang telah anda goreng tadi menjadi beberapa bagian lalu bisa anda siramkan dengan saus empek-empek yang telah anda buat tadi. Untuk menambah selera dan menambah kesegaran pada empek-empek buatan anda, anda bisa menambahkan acar untuk dimakan bersama empek-empek tadi. Caranya sangat mudah, yaitu anda tinggal iris mentimun bentuk dadu kecil-kecil lalu dicampurkan dengan sedikit air cuka dan sedikit gula pasir. 


resep dari berbagai sumber

Komentar