Sharing Kepenulisan Di Hari Jadi Pekalongan ke-110

Sharing Kepenulisan Di Hari Jadi Pekalongan ke-110




Alhamdulillah, Selasa 12 April lalu saya kembali menginjakkan kaki ke kota batik, bumi Pekalongan. Beberapa kali ke sana untuk beberapa tujuan yang berbeda. Sowan ke Abah Habib Lutfi bareng paman dan ibu waktu itu karena beliau berdua ditunjuk untuk membimbing jamaah haji. Lalu pergi ke sana lagi untuk ikut pengajian Jumat Kliwon di Gedung Kanzus Sholawat. Terus sowan lagi dalam rangka riset saya atas novel yang saya tulis (alhamdulillah saat ini sedang proses editing dan penyempurnaan di penerbit. Mohon doanya semoga semuanya lancar dan diberkahi).  Oh ya, dulu sekali waktu, saya juga tinggal di Pekalongan untuk KKN selama sebulan. Waktu itu saya malah bolak-balik Pekalongan seminggu sekali karena harus asistensi tugas Perancangan Arsitektur.



Kali ini Allah berkenan memperjalankan saya kembali ke kota Pekalongan untuk berbagi tentang kepenulisan. Pemda dan Perpusda serta KPA Pekalongan menyelenggarakan pameran buku dan arsip serta Jambore Perpustakaan. Batik TV turut merekam dan menayangkan acara ini. 


Peserta jambore perpustakaan adalah para pustakawan se-Pekalongan. Ada sekitar empat ratusan orang yang berasal dari sekolah-sekolah dari tingkat PAUD sampai perguruan tinggi. Juga perpustakaan desa, kecamatan maupun instansi dan dinas-dinas di Pekalongan 


Hari itu selain sharing kepenulisan, saya juga sedikit berbagi  tentang writerpreneurship. Tapi seperti biasanya, sebagaimana terjadi pada sharing-sharing kepenulisan selama ini, kebanyakan pertanyaan audiens adalah seputar kiat-kiat bagaimana cara menjaga spirit dan semangat menulis,   tips bagaimana menulis yang menarik., dan bagaimana kiat menembus penerbitan.



Pameran buku dan serangkaian acara di dalamnya ini merupakan salah satu dari rangkaian kegiatan yang diselenggarakan kota Pekalongan untuk memperingat hari jadinya yang ke-110. Selamat hari jadi Pekalongan!

Ada penyerahan Citra Kota Pekalongan oleh ANRI (Arsip Nasional RI) yang diterima wakil walikota Pekalongan pada Jumat malamnya. Gambar, foto serta arsipnya bisa kita nikmati di area bagian paling depan arena pameran buku ini.



Senang sekali bisa mengunjungi Pekalongan lagi. Dan sempat jalan-jalan ke Museum Batik untuk menikmati keindahan budaya kota yang eksotis ini. Smoga kapan-kapan bisa kembali lagi ke Pekalongan. Terima kasih Pekalongan! :)




Komentar