Kecerdasan Bertindak Dan Berkolaborasi

Kecerdasan Bertindak Dan Berkolaborasi



MENYELAMATKAN

Internet, utamanya fesbuk, adalah salah satu di antara beberapa hal yang menyelamatkanku  delapan tahun lalu. Saat kesedihan, kehilangan, kesepian dan juga ancaman keputus-asa-an menerpaku kala itu. Ditinggal mati suami saat aku masih sangat muda, dengan dua balita di pundakku, bagaimanapun bukan hal yang mudah.

Untunglah fesbuk hadir, menggerakkanku menulis note curahan hati, yang rupanya telah menjadi salah satu terapi dan media penyembuhan jiwa. Sekaligus dari medsos itu aku mendapatkan banyak dukungan dari teman-teman lama maupun kenalan-kenalan baru. Siapa sangka kalau dari situlah salah satu bakat terpendamku akhirnya dikenali dan menemukan lahan pertumbuhannya.

Banyak antologi kemudian lahir. Termasuk di antaranya pernah sebuku dengan mbak Haya. Karenanya serasa sudah dekat dengannya  saat akhirnya untuk pertama kali kami kopdar kemarin. Sebab sejak tahun 2008 itu kami sudah sering berinteraksi melalui facebook bersama para leutikans  lainnya (sebutan untuk para penulis dan pembaca buku penerbit yang mengusung kami saat itu)

Bahkan karir kepenulisanku berikutnya dan usaha penerbitan yang kurintis juga bisa berjalan dengan baik sebab ada internet ini. Segala upaya promosi, komunikasi, sampai dengan delegasi tugas-tugas juga outsourcing dilakukan menggunakan internet.

BIKIN KEKI
Ada pengalaman lucu dan sedih sebenarnya yang pernah kualami berkenaan dengan internet. Saat pulang dari mengisi talkshow di sebuah radio di Jogjakarta, aku hampir kehabisan baterai ponsel di jalan menuju Semarang lagi. Jadi ketika ada notifikasi mention dari salah satu brand provider dan gadget, aku tidak sempat balas. Hiks,  pas aku sudah sampai rumah dan membalasnya, ternyata mungkin operator aka admin sosmed akun brand tersebut sudah ganti orang. Sehingga aku lost  contact.

Paginya saat kopdaran dengan teman-teman baru tahu kemarin itu beberapa orang dihubungi untuk bisa ikut trial program baru provider dan gadget, dan aku jadinya nggak keangkut. Karena mereka menghubungi orang lain sebab butuh yang fast response.  Hadeuh, sedih bangets deh. Bikin keki aja.



KECERDASAN BERTINDAK DAN BERKOLABORASI
Yang menginspirasi dan menggerakkan diri  agar semangat lagi memasuki era digital adalah saat akhirnya menyaksikan bagaimana kecerdasan action dan kolaborasi teman-teman blogger. Bahkan ada seorang yang kolaborasi sana-sini dengan trengginasnya. Dengan a dan b, dia bikin X. Bersama c dan d, dia bikin Y. Bareng e dan f, buat Z. Wuih wuih, bisa gitu ya bagi perhatian dan tentu saja energi juga emosi.



Komentar