Recent Posts

Catatan Lapangan Riset Keagamaan Zoominar kali ini cerita tentang serba serbi pengajuan proposal riset dan dinamika di lapangan  pada sa...

Catatan Lapangan Riset Keagamaan

Catatan Lapangan Riset Keagamaan



Zoominar kali ini cerita tentang serba serbi pengajuan proposal riset dan dinamika di lapangan  pada saat Riset Keagamaan.

Baca juga rangkuman dari Zoominar Fieldnotes Leiden Researchers edisi sebelumnya:
Zoominar Leiden FieldNote: Penelitian Sastra
Zoominar Riset Etnografi: Riset Media Massa
Menulis Riset dengan Metoda Etnografi: Riset Hukum, Legal

Riset tentang Bahasa

Riset disertasi mengkaji ulama perempuan di jawa dan praktik keseharian mrk dlm mengeluarkan fatwa. Bagaimana mereka memproduksi pengetahuan,membangun jaringan intelektual dan gerakan sosial Ada 4 area sebagai lapangan observasi Organisasi pembuat fatwa


Bahtsul masail NU, MUI, pondok pesantren, majlis taklim, KUPI, web yg memuat tanya jawab yg dikelola ulama perempuan Pertanyaan penelitian ada 2 Apakah ulama perempuan mengeluarkan fatwa Apakah otoritasnya sama dg ulama laki2 Utk sampai pd fokus penelitian fatwa, proses panjang


Awalnya judul umum, belum fokus Proses bimbingan, refleksi, kontemplasi 1 th, judul berubah Stlh fieldwork, ada penguatan di sisi social movement dan intelectual network Background krn aktif di rahima Ada call for paper dr kiltv Project disertasi sbg kelanjutannya


Budaya, Bogor, Sunda, Indonesia
Perpindahan agama suku baduy dr sunda wiwitan dan kristen ke islam Background: jd guru di banten,berusaha memahami sekitar Th 1982 sampai skrg, baduy pindah agama. Jumlahnya byk sekali. Tp luput dr pengamatan org2 Sejak ada program pemukiman masy terasing,byk yg pindah agama



Riset dulu fokus ke kelompok muslim Saat baca buku misionaris yg berusaha mengkristenkan org badui,barulah riset itu juga 1980 an ada konflik besar islam kristen, byk yg meninggal Khawatir org non muslim tdk mau berbagi info. Ternyata badui kristen baik, berbagi makanan,inap dll



Dinamika lapangan Yg sulit adl medannya yg berat. Alamnya challenging Saat mau menemui informan di lebak, naik tebing dg resiko tinggi 4 org informan utama ulama perempuan Schedule jelas sdh dirancang jauh hari Ikut seminar2, simposium2nya dst Hambatan: bawa batita ke lapangan



Asisten peneliti utk bantu observasi, berbagi utk tempat yg berbeda 3x kunjungan. Per kunjungan 1 minggu Tekanan batin sbg peneliti. Rasa pekewuh tinggal berhari2 di rmh org lain. Jalan keluarnya memastikan apakah boleh ikut acara2nya dst Saat tanya ke responden laki2, ttg perspektif mrk thdp ulama perempuan

Kebykn misoginis, jd sebel tapi gak bisa lawan balik Kendala teknis: Interview butuh ditranskrip Kdg sdh nunggu, ternyata kirimannya tdk sesuai. Bukan menerjemahkan, tp malah menyimpulkan Perlu training/brief asisten dg jelas spy tdk miss

Perempuan menanggung beban produktif dan reproduktif
Datang ke leiden dlm keadaan hamil 5 bulan Untung di leiden tdk hrs kuliah Tinggal komunikasikan dg supervisor kapan deadline, apa yg hrs disubmit dll Kesiapan mental, jgn membanding2kan produktifitas dg teman2 yg lain. Slow

Gestur, mimik, tatapan mata juga bisa menjadi data. Jadi meskipun wawancara dan data verbal cuma dapat sedikit tapi masih ada data lain tsb yang bisa diperoleh. Submit di leiden, biasanya ada penguji berjumlah 3 atau ganjil utk discention option

Hijab, Jilbab, Muslimah, Wanita, Desain

Kok bisa researcher yg pinter justru dimanfaatkan informan? Ada org2 yg mengumpulkan dana, utk diberikan pd mualaf badui Yg justru bikin masy badui marah, krn info salah. Bikin rusuh. Ini contoh situasi2 tdk terduga Framework konsep penelitian yg dipakai Konteks pindah agama


Psikologi mefokuskan pd wilayah batin. Menganggapnya proses konstan. Tp ada yg prosesnya lama. Bhkn 10th Antropolog sosiolog bilang, pindah agama itu suatu proses panjang, yg tdk bisa dilihat mana garisnya Di islam ada syahadatain Kristen ada pembaptisan


Teori holistik menggabungkan berbagai pendekatan Tak perlu membuat definisi universal. Krn sdh pasti gagal. Sebab melibatkan byk aspek yg berbeda2 di masing2 tempat, negara Th 65, 1 jt org jawa masuk kristen krn negara menganggap org tdk beragama sbg musuh negara


Di eropa, nasionalism Org masuk islam dianggap bukan bangsanya. Misal dianggap pindah jd org maroko/turki Dlm konteks badui, ada variabel sejarah Adanya kesultanan banten, utk mengcounter kelompok kristen 85 an misionaris tergabung misi amrik,dr timur2,mkristenkn 150 org badui

Meski punya Theoritical framework, tp saat di lpgn, tdk selalu bisa dipraktikkan 3 Theoritical framework yg dipakai utk analisis data Authority/otoritas Sosial kovement Public sphere

Otoritas beda dg power, membuat org lain mengikuti tanpa ada paksaan (versi weber) Ada sesuatu yg diusahakan Community based on authority Proses interaksi yg lama dg jamaah Tdk hy terjalin antara jamaah dg ulama perempuan. Di tingkat nasional, antara ulama perempuan

Slg terkait antara intelectual network&social movement Tero membagi organisasi Hirarki struktural,formal Konektif struktur Meski tdk formal,tp ada elemen2 terhubung, bentuknya solidaritas. Ini dipakai KUPI. Forum,platform, islamic scholars menyuarakn reclaiming islamic authority


Pglmn di pengkaderan ulama perempuan jd cikal bakal. Shg subyek utamanya kader Rahima Tujuan: menemukan spt apa intelectual network Bukan mubalighoh/ustadzah yg byk muncul di tv. Tapi khusus yg punya jaringan dg rahima Kriteria: mmg py perspektif gender yg bagus krn kader rahima

Perempuan ulama: perempuan yg jd ulama Ulama perempuan: perempuan ulama py perspektif gender yg baik Kalaupun ada informan yg tdk masuk kriteria, sifatnya random 4 informan utama: representasi jabar,jateng,jatim,jogja

Fatwa: pendapat keagamaan yg diberikan seseorg yg berkapasitas utk itu, sbg jawaban dr jamaah Mrk secara mandiri berfatwa utk komunitas mrk sendiri Ulama perempuan jelas punya Keberpihakan pd persoalan perempuan Jk laki2 tp punya keberpihakan, bs disebut ulama perempuan

Dlm analisis gender, penting melihat counterpart/laki2 utk tahu relasi dan membandingkan otoritasnya. Kalau beda, kenapa berbeda Whatsapp membantu dlm mengumpulkan data2, utk konfirmasi dst. Tapi hanya mungkin jk sdh punya jaringan/hubungan yg cukup dekat.

Pindah agama tdk selalu ttg agama Dlm badui, pindah agama tdk tulus,krn hanya utk persoalan tanah ulayat IG dan FB utk cari tahu info2 kegiatan2 ulama perempuan, konten2nya Fatwa di rubrik tanya jawab juga diakses via web Analisis konten bisa jd cara menggali data

Lesson learned: Byk terbantu teori2 sosial utk memahami fenomena2 Kendala: Kalau ngobrol lgs, tektokan lbh cepat. Jwbn lgs, bisa elaborasi lbh luas. Tp kalau lewat WA, sangat terbatas Kalau nanya terus, pekewuh juga

WA bukan media utama, hanya utk tambahan Mesjid, Abu Dhabi, Perjalanan, Putih Pertambahan penduduk meningkat di th 1960an Tanah badui jika dibagi rata makin sempit Org badui akhirnya keluar Sementara di lain pihak, tdk boleh ikut modernitas Skrg,malah padha py handphone

Negara tdk menganggap subda kawitan sbg agama Masy badui dr perspektif teologi islam,sbnrnya mrk muslim Pernikahan dg syahadat Badui fokus alam Agama dan non agama tercampur Tdk mau pakai cangkul itu aspek ekonomi atau agama? Ya dua2nya

Badui punya tempat puncak suci: saka domas Piramid sbg tempat kembali Tanah mrk sbg pusat kosmologi Manusia terbagi 2: pertapa, pengelola dunia Tdk ada ritual khusus Acara setahun sekali, ziarah saka domas. Meski prosesnya 3 hari, datang, acara, pulang

0 komentar: