Bagaimana Sesungguhnya Cara Menulis Buku

Bagaimana Sesungguhnya Cara Menulis Buku





Masih ada beberapa teman yang menanyakan bagaimana sih sebenarnya langkah-langkah apa yang musti diambil kalau mau menulis sebuah buku.

Berikut sedikit bocorannya ya, guys:

1. Pilih Topik

Apa yang paling menggelisahkanmu?
Atau apa yang kamu ketahui namun bisa menggetarkan benak orang lain atau pembaca?


2. Buat sebuah premis
Kita butuh sudut pandang, butuh pancingan, butuh pemicu.
Mungkin orang lain juga mengalami hal yang sama, tapi apa yang kamu alami dari sudut pandangmu boleh jadi berbeda. Itulah perbedaannya. Itulah premismu.

3. Kenali pembacamu.
Ketahui apa yang mereka butuhkan. Apa yang bisa kamu berikan untuk memenuhi kebutuhan mereka.


4. Buat kerangka atau outline
Dengan kerangka di depan mata, kita jadi tahu kira-kira mau ke mana, ngapain, paham rel-nya. Jadi tidak nge-blank ataupun ngeblong.

5.  Banyak baca
Mau tak mau banyak membaca adalah modal utama. Karena kalau sampai kita kehabisan amunisi, apalah yang bisa kita tembakkan di medan pertempuran. Kalau kita tidak mengais dari sumbernya, apa yang mau kita bagikan. Kalau tidak kita timba dari sumur pengetahuan, tak akan ada apa-apa yang bisa kita tuangkan.

6. Bikin deadline
Supaya nggak nglantur dan ngluyur. Buat batas waktu yang kita tentukan sendiri. Dan tentu saja harus kita penuhi dan taati sendiri.


7. Buat Jadual Menulis
Jangan lupa untuk membuat semuanya terukur dan disesuaikan kemampuan diri. Dan tetap jaga keseimbangan. Kita butuh istirahat dan mengerjakan pekerjaan lainnya juga, ya kan. Jangan terlalu memforsir diri karena kalau malah jatuh sakit, tulisan nggak bisa diselesaikan.

8. Tulis saja
Tulis saja terus sampai selesai, jangan keburu mengeditnya.

Keep spirit ya!
Terus semangat untuk menyemangati diri biar bukunya selesai ditulis :D

Komentar