Berternak Blog

September 19, 2018 dian nafi 0 Comments


 Berternak Blog



Hai para pembaca hybridwriterpeneur!
Ada cerita apa saja minggu ini? Sudah ditulis dan diposting ke blog dan share ke media social belum?
Apakah sudah jalan-jalan juga ke blog-blog para traveler lain untuk membaca pengalaman perjalanan mereka?
Aku dong jalan-jalan dari satu blog ke blog untuk ribet membuat postingan supaya selalu up to date. Uhuy!
Memang nekat banget sih ketika aku akhirnya memutuskan untuk memiliki lima website sekaligus. Banyak orang yang ternganga dan tak jarang pula yang bertanya, tuh gimana caranya meng-handle sekian banyak blog? He he he..
Kupikir-pikir iya juga sih. Kenapa harus sampai segitu banyak ya? Tapi kulihat beberapa teman juga melakukan hal yang sama tuh. Istilahnya berternak blog. Logikanya makin banyak ternaknya, makin banyak hasilnya ya kan?
Padahal berangkatnya sih sederhana aja. Berdasarkan tips-tips nge blog yang aku baca, setiap blog semestinya punya niche alias ceruk khusus. Sehingga untuk mewadahi tulisan-tulisan travelingku aku membuat  www.writravelicious.com.
Berbagai perjalanan yang kulakukan, baik piknik sendiri atau bersama teman dan keluarga, maupun yang kujalani sembari road show kepenulisan, kutuangkan di sini.
Sedangkan untuk tulisan-tulisan yang berbau kepenulisan dan entrepreneur, kutaruh di www.hybridwriterpreneur.com. Di sana  tertuang segala macam tips menulis, proses kreatif di balik penulisan buku-buku dan novel-novelku, serta berbagai pengalaman saat manggung alias nge-gig di berbagai institusi dan beberapa kota.
Adapun blog www.dian-nafi.com yang cenderung utama sebagai web site yang kucantumkan saat mengisi buku tamu ataupun daftar hadir maupun pitching, berisi gado-gado life style. Dari makanan aka kuliner, fashion, teknologi, pendidikan, pengasuhan, cinta dan hubungan, sampai hal-hal yang berbau renungan kontemplatif. Dan tentu saja curhatan-curhatanku. Ahay.
Kadang-kadang bahan alias materi postingan kuambil dan kukompilasi dari beberapa cuitanku sendiri di twitter lho. He he he. Jadi semacam sekali dayung, dua tiga pulau terlampaui. Biasanya kalau sedang mengalami peristiwa yang berkesan atau menarik gitu kan kadang suka impulsive nge-cuit dan tahu-tahu bikin thread panjang kan. Nah, kumpulin aja tuh semuanya. Lalu gabung dalam beberapa paragraph, terus unggah deh ke blog. Kita jadi dapat satu postingan ya kan? He he he. Boleh dicoba lho cara ini. Dijamin akan bikin ketagihan deh!

Kalau web site www.hasfa.co.id sudah jelas peruntukannya. Menyediakan layanan publishing, pelatihan-pelatihan kepenulisan dan juga layanan arsitektur. Jadi semacam show case gitu. Tempat jualan yang kadang sekali duduk bisa langsung posting beberapa bahan sekaligus. Kadang postingan berikutnya bisa jauh banget jarak waktunya karena memang lahirnya buku baru agak lama.

Satu web site  lagi adalah www.demagz.web.id yang kukerjakan bareng teman-teman tim majalah Demagz. Konsep awalnya adalah sebagai majalah digital yang menampilkan kota kecil kami, Demak dengan segala riuh dan sepinya. Tetapi dalam perjalanannya, ada banyak event di luar Demak yang juga aku upload ke blog ini.

Dan Alhamdulillah kelima blog ini menghasilkan semua, alias bisa dimonetisasi. Alhamdulillah tsumma Alhamdulillah. Beragam banget sih ya pendapatannya. Dan tidak menentu juga, alias tidak setiap hari. Jumlahnya juga tidak selalu besar. Tetapi mengumpulkan receh demi receh begini sih lumayan juga lah ya. Bismillah terus aja.
Gimana dengan pengalaman ngeblog-mu? Atau ada yang belum nge-blog dan baru suka baca-baca alias jalan-jalan aja? Coba deh untuk membuat website dan cari
layanan web hosting seperti niagahoster yang sekiranya pas untuk kantong kamu. 
Insya Allah bermanfaat kok nge-blog tuh. Beneran!










0 komentar: