Recent Posts

 Packaging Kemasan Produk UMKM Beberapa minggu lalu kami para pelaku umkm terutama yang bergerak di bidang umkm syariah mend├ápat kesempatan ...

Packaging Kemasan Produk UMKM

 Packaging Kemasan Produk UMKM

Beberapa minggu lalu kami para pelaku umkm terutama yang bergerak di bidang umkm syariah mend├ápat kesempatan untuk bersama sama hadir dalam festival umkm syariah. 

Dalam beberapa hari itu kami mendapatkan banyak ilmu dan wawasan dari para nara sumber pebisnis nasional seperti pak Sandiaga Uno.

.





Pada sore harinya kami memiliki kesempatan untuk pitching satu persatu via zoom untuk menarik perhatian dari para investor dan pemberi dana dari berbagai bank syariah dan lembaga pembiayaan syariah. Bayangkan saja puluhan pemilik dan manajer UMKM berlomba-lomba mempromosikan dagangannya untuk bisa bekerja sama dengan berbagai pihak. 


Kami, para enterpreneur, pengusaha kecil, dan pemilik UMKM ini juga digabungkan menjadi satu di dalam whatsapp grup untuk bisa berkoordinasi dan berkonsolidasi. 

Dan bisa ditebak deh, dalam grup khusus pemilik dan manajer UMKM ini segera saja promo dagangannya dalam grup. Jadi ramai dan seru sekali. Kadang panitia festival ekonomi syariah sampai harus menutup komen dulu supaya pengumuman dari mereka tidak tumpang tindih dengan sahut menyahut dan showcase para pedagang yang menemukan lahan promo baru ini. 

Kami memerhatikan bahwa selain  barang dagangan para pemilik UMKM ini beragam banget tipe, jenis dan genre-nya, ada yang produk kecantikan, kesehatan, makanan, minuman,  dan lain-lain, tapi kemasan produk mereka juga beragam bentuk dan kualitasnya.

Ada yang memang masih sederhana dan  minim bahan maupun cetakan kemasannya, tapi banyak juga yang sudah advanced, keren, sophisticated dan kayak beneran kemasan packaging dari pabrik besar yang sudah bonafide dan qualified. 

Keren-keren banget. Salut dan bangga!.


Kemasan dan cetakan yang menarik ini juga diimbangi dengan desain merk, logo, tipologi nama produk serta tagline juga kegunaan dan ingridient alias kandungan bahan yang disajikan dengan manis dan menarik. 


Sebagian ada yang menuliskannya dengan sederhana saja, jelas terbaca dan orang bakal langsung paham dengan yang dimaksudkan oleh kemasan produk dagangan itu. Tapi ada juga yang terlalu bertele-tele dan membuat kepala dan kening musti berkerut dulu untuk memahaminya. 



Penyajian foto kemasan produk berikut produknya yang sudah tersaji di meja dan siap disantap menjadi beberapa jenis tampilan yang banyak disukai orang-orang, karena mengulik rasa sensitifitas kita jadi ingin ikut mencoba produknya. 


Melihat banyak sekali kemasan produk UMKM  yang menarik dan berkualitas ini, panitia fetival ekonomi syariah yakin bahwa para pengusaha kecil, small and medium enterpreneur (SME) ini akan mampu bersaing di kancah persaingan lokal, regional, nasional maupun internasional. 

Aih, semoga saja ya. Aamiin. 


0 komentar: