Recent Posts

 Vaksin Covid 19 Indonesia Covid-19 ini memang menggemaskan sekali. Padahal aku sudah berusaha keras untuk selalu melakukan protokol kesehat...

Vaksin Covid 19 Indonesia

 Vaksin Covid 19 Indonesia



Covid-19 ini memang menggemaskan sekali. Padahal aku sudah berusaha keras untuk selalu melakukan protokol kesehatan dengan menjaga jarak, memakai masker, mencuci tangan pakai sabun, eh tetap saja pada akhirnya terpapar. Errrgghh gemes banget gak sih.

Awalnya aku tidak tahu karena diriku merasa sehat-sehat saja, tidak mengalami gejala apapun. Nah, karena ada undangan untuk menjadi nara sumber pelatihan menulis di sebuah kementerian di Jakarta, maka aku memesan tiket kereta bolak balik. 

Pagi itu pergi ke stasiun dengan perasaan biasa-biasa saja. Ada sedikit excited memang karena setelah berdiam diri di rumah semasa pandemi sejak Maret 2020 akhirnya September 2020 bepergian juga. Padahal waktu tidak ada pandemi hampir setiap hari keluar rumah bahkan  keluar kota. Jadi bayangkanlah gimana rasanya berada di rumah saja selama itu. Oh ya semua merasakan juga sih ya.



Pas sudah sampai di stasiun, aku diperiksa dengan rapid test. Di luar dugaanku, ternyata reaktif. IgM. Otomatis KAI membatalkan tiketku dan mengembalikannya full. Aku jelas batal pergi naik kereta.


Bergegas aku ke pergi ke rumah sakit untuk mencari second opinion. Kalau rapid test non reaktif, rencana mau nekat naik bis. Lha eman-eman fee narsumnya belasan juta rupiah, plus kan sudah tanda tangan kontrak jadi merasa ada kewajiban datang. Profesional.

Eh ternyata rapid tèst yang ini juga reaktif. IgM dan IGG. Dus, aku terpaksa membatalkan kepergianku. Minta maaf pada panitia sambil  mengirimkan foto dua hasil rapid test itu. Belasan juta rupiah bablas. Hehe.

Karena tidak bergejala, atas saran adikku yang dokter, aku isolasi mandiri di rumah saja selama empat belas hari.


Terbayang bahwa bukan aku seorang yang mengàlami kayak begitu. Sedih, kecewa dan lain lain perasaan tak terkatakan.


Harapan kita sama. Semoga pandemi ini segera berlalu dan semua kembali normal.

Saat ini beberapa negara saling berlomba riset dan memproduksi vaksin covid-19. 

Meskipun jika kelak vaksinnya tersedia,  itu pun masih jauh dari kata selesai. Karena kita akan menemui kendala distribusinya.


Dari banyak riset di dunia, konon bahkan ada peneliti yang ingin segera punya vaksin sementara, yang bisa memberi ketahanan beberapa bulan, sambil terus melakukan pengembangan.


Sejauh ini ada lima kandidat pengembang vaksin yang masuk uji klinis fase 3 :


(1) Novavax

(2) Johnson & Johnson

(3) AstraZeneca's

(4) Moderna

(5) Pfizer. 


Diperkirakan sekitar November atau Desember akan diumumkan apakah vaksin tersebut aman dan efektif. 


Namun untuk saat ini memang DISIPLIN PROTOKOL KESEHATAN ADALAH VAKSIN CORONA yang kita punya.


Covid-19 bisa menyerang siapa saja. Tak memandang usia maupun status sosial. Ribuan orang telah kehilangan orang terkasih tanpa sempat berpamitan untuk terakhir kali


3 strategi Pemerintah untuk menyediakan  vaksin covid 19 indonesia


1. Mencari vaksin yang diproduksi  pihak manapun di seluruh dunia 


2. Kerjasama riset dan produksi Biofarma- Sinovac 


3. Riset vaksin merah putih oleh Lembaga Eijckman

Kita juga sudah melihat pak Ridwan Kamil telah menjadi sukarelawan yang mau jadi uji coba vaksin. Saat ini beliau sudah menjalani dua kali suntikan sebagai bagian dari prosesnya.

Mari kita berdoa untuk dunia yang sedang memperjuangkan kehidupan.

Semoga obat dan vaksin Covid-19 bisa menjadi kenyataan. Semoga esok kita masih diberikan kesempatan untuk memperbaiki kehidupan dengan lebih banyak cinta. Mari terus berharap kepada-Nya.

Tentang vaksin covid-19 ini juga  bisa teman teman baca juga di halodoc. Platform keren ini bukan saja menyediakan banyak informasi yang berguna untuk kesehatan dan kebugaran kita, tetapi juga menyediakan banyak dokter dan ahli profesional lainnya yang terkait untuk memenuhi kebutuhan kita dalam penanganan kesehatan.

Alhamdulillah dengan Halodoc ini juga layanan kesehatan  jadi lebih mudah, aman dan nyaman, dapat ditangani lebih cepat. Karena Halodoc selalu siap memberikan kemudahan layanan kesehatan untuk kita dan keluarga, di mana saja kapan saja. Sehat Jadi Lebih Mudah, karena ada dokter, apotek, rumah sakit, dan asuransi terintegrasi  dan  memenuhi kebutuhan medis setiap saat, yang disediakan oleh Halodoc.

1 komentar:

  1. Aku menantikan banget kehadiran vaksin buat meminimalisir penambahan kasus baru. Meski katanya vaksin pun butuh proses sampai jadi bagus kualitasnya. Tapi, minimal enggak begitu khawatir seperti saat ini.

    Semoga sehat selalu ya, kak

    BalasHapus