Membayar Zakat Jadi Lebih Mudah

 Membayar Zakat Jadi Lebih Mudah




















Ini namanya seperti pucuk dicinta ulam pun tiba. Jadi ceritanya beberapa hari sebelum ada undangan launching ini, aku bermimpi. Yang ketika mimpi itu kuceritakan pada temanku, dia memberiku masukan untuk menzakati setiap pemasukan yang kuterima meskipun belum nishab dan belum jatuh kewajibannya dizakati. Alhamdulillah, jadi semangat dan kebetulan ada jalannya untuk menyalurkan.

Eh lha kok kebetulan banget, beberapa hari kemudian ada undangan peluncuran kalkulatorzakat dot com ini. Seolah-olah mestakung alias semesta mendukung dan menguatkan betapa pentingnya zakat ini bagi kehidupan. Baik kehidupan kita sendiri maupun kehidupan orang lain. Baik kehidupan fisik, spiritual dan keberlangsungan materi itu sendiri. Tak sedikit cerita yang kita dapatkan bahwa setelah berzakat dan bershodaqoh, justru rejeki makin lancar dan berkah bertambah-tambah, Subhanallah.





Untuk memudahkan kita dalam mengitung besarnya Zakat Mal, Dompet Dhuafa Jateng merilis Kalkulator Zakat.
Apa tuh?
Kalkulator Zakat adalah sebuah Rumus perhitunagn zakat yang sudah sesuai dengan kaidah Fikih. untuk menghitung apakah harta kita sudah mencapai Nishab atau belum.  Menghitung besar zakat / infaq yang perlu dikeluarkan atas pendapatan dan simpanan   kita.

Sore itu dari pihak Dompet Dhuafa, maupun developer landing page Kalkulator Zakat dot com, bergantian memberikan penjelasan sekaligus memperlihatkan cara penggunaan fasilitas ini. Untuk ke depannya akan dirancang  pula aplikasi yang bisa kita download dari playstore. 

Keren kan? 
Jadi semakin mudah menghitung dan sekaligus membayar zakat, karena aplikasi ini nantinya juga mengarahkan ke mana kita bisa menyalurkan zakat. Tinggal klik aja. Wow, mudahnya!



Di atas itu adalah beberapa screen shoot tampilan kalkulator zakat dot com.


Selain itu, Dompet Dhuafa juga punya program One Month One Care. Semua orang boleh bergabung dan menyisihkan uangnya untuk bisa disedekahkan. Akumulasinya di OMOC ini disalurkan pada yang membutuhkan. Seperti saat ini, OMOC tengah membantu para tuna rungu memperoleh alat bantu pendengaran. Subhanallah Allahu Akbar. Semoga berkah.

Tak ayal lagi inovasi Dompet Dhuafa ini perlu acungan jempol dan tentu saja dukungan. Para tamu undangan event launching Kalkulator Zakat dot com sore itu dapat bingkisan kopi dan snack juga lho, yang adalah hasil UKM yang dimodali oleh Dompet Dhuafa.


Alhamdulillah sekarang ada banyak komunitas yang sudah turut bergabung dalam menyukseskan program-program Dompet Dhuafa ini. 

Subhanallah. Semoga makin berkah ya..

Komentar