HAUL, SILATURAHIM DAN SEDEKAH

HAUL, SILATURAHIM DAN SEDEKAH


Di keluarga kami, juga keluarga almarhum suamiku, acara haul sudah menjadi tradisi. Meski sebagian orang yang lain menganggapnya 'nonsense', tapi begitulah acara ini tetap menjadi yang biasa kami lakukan untuk mengirim doa bagi mereka yang sudah meninggal dunia.

Dalam praktiknya, haul ini selain diisi acara mengirimkan doa, sesungguhnya ada kandungan nilai silaturahim dan sedekah. Karena selain mengumpulkan sanak saudara, juga diundanglah para tetangga dan tetamu lainnya. Makanan dibagikan kepada hadirin yang turut mendengarkan taushiyah dari kyai atau ulama pada inti acara Haul tersebut. Pemberian atau sedekah ini biasanya diikuti pula dengan sedekah lain yang disumbangkan untuk pembangunan pesantren atau masjid atau fasilitas ibadah dan pendidikan lainnya. Kadang-kadang juga ada santunan bagi yatim piatu.

Di luar kegiatan yang bersifat seremonial seperti haul tersebut, sesungguhnya kita juga bisa melakukan berbagai hal lain terkait dengan orang-orang terkasih yang telah berpulang terlebih dahulu.

Seperti terhadap almarhum bulikku yang meninggal dalam usia dua puluh lima tahun karena kanker, kami meneruskan perjuangannya dalam pendidikan dengan terus menumbuhkembangkan TPQ yang telah dirintisnya dahulu.

Untuk mengenang almarhum ayah yang punya banyak sekali teman, kenalan dan sahabat semasa hidupnya, kami terus menjalin silaturahim dengan mereka. Bahkan sahabat akrab ayah berkenan menjadikan adikku sebagai menantunya. Sehingga tiap kali berkunjung ke rumah mertua adikku ini, aku serasa melihat dan bertemu dengan ayahku sendiri.

Aku juga masih menjalin silaturahmi yang baik dengan saudara-saudara dan teman-teman almarhum suamiku. Terasa sekali bahwa kenangan indah yang almarhum goreskan pada hati teman-temannya, membuat mereka respek kepada keluarga kami. Subhanallah.


Komentar

  1. Keluarga suami juga masih haul kok. Aku senang aja ngumpul2 doa bareng krn suami keluarga besar, saudaraku cuma dikit.

    BalasHapus
    Balasan
    1. alhamdulillah. suatu kebahagiaan juga buat yang dikirimi doa, insya Allah.

      Hapus
  2. Silaturahim itu secara tidak langsung mempererat hubungan antar sesama ya mbak. Semoga Tya juga bisa seperti keluarga mbak.. Aamiin.

    www.talkativetya.com

    BalasHapus

Posting Komentar