12 Hal Yang Musti Dilakukan Setelah Menulis Postingan Blog

12 Hal Yang Musti Dilakukan Setelah Menulis Postingan Blog





Seringkali karena waktunya mepet, atau kita tergesa-gesa, atau malas, atau banyak alasan, kita menulis postingan begitu saja dan langsung mempublish-nya. Kalau saja kita tahu bahwa postingan blog ini bisa lebih dioptimalkan lagi efek dan dampaknya, mungkin kita tak akan segan mencoba beberapa hal berikut ini.

1. BACA LAGI

Alias baca ulang postingan kita. Biasanya saat membaca ulang itu kita jadi menemukan ada lubangnya yang bisa kita tutupi, ada celah yang bisa kita isi, ada abstrak yang bisa kita lebih jelaskan, ada hal-hal yang bisa kita tambahkan atau koreksi.

2. PIKIR ULANG HEADLINE-NYA

Coba perhatikan lagi judul yang sudah kita tulis. Bisa nggak kita ubah menjadi yang lebih cetar membahana. Yang bisa menarik perhatian orang-orang di luar sana untuk menengok tulisan postingan kita.

3. CEK EJAAN

Ada baiknya cek ulang grammar dan spelling-nya, ejaannya. Edit dan revisi dengan sebaik dan sesempurna mungkin. Karena pembaca pastilah lebih suka dengan postingan yang rapi dan nyaman dibaca.

4. TAMBAH GAMBAR


Kebanyakan orang lebih menyukai hal-hal visual ketimbang tulisan. Jadi rajin-rajinlah mencari gambar, image atau ilustrasi yang bisa mendukung tulisan kita.


5. TAMBAHKAN FORM NEWSLETTER SIGN UP

Jika pembaca tertarik postingan kita dan ingin membaca yang lainnya, tawarkan untuk subcribe setiap postingan kita. Nah gimana bikin form-nya nih untuk bisa kita selipkan di postingan? Ayo belajar lagi...ahaha...


6. TAMBAHKAN PERTANYAAN

Untuk mengikat pembaca, dan mendorongnya menuliskan jawaban dan komentarnya dalam kolom komentar di bawah postingan. Bikin pertanyaan yang menggugah inilah yang juga membutuhkan seni dan kecerdasan kita. Ahay..memang ribet ya. Tapi bisa lah. Insya Allah bisa.


7. PUTUSKAN KAPAN WAKTU TERBAIK UNTUK PUBLISH

Kenali waktu-waktu yang optimal supaya postingan kita ditemukan orang dan pembaca. Sehingga postingan tidak asal publish, tapi bisa kita atur waktunya kapan sebaiknya rilis dan tayang.





8. SELIPKAN LINK DARI POSTINGAN TERDAHULU

Kalau yang ini kayaknya sudah seringkali kita praktekkan ya. Walaupun kadang-kadang suka ngaco. Alias yang diselipkan bukan postingan yang berhubungan dengan kata-kata atau kalimatnya yang mengandung link Hihihi....suka menyesatkan pembaca deh... *jitak

9. KABARKAN KE TEMAN-TEMAN

 Apalagi kalau postingan ini menyebut nama teman-teman kita. Atau mengandung konten/isi yang bisa membantu permasalahannya. Atau kita mewawancarai teman kita atau temannya teman.




10. SHARE KE SOSMED

Share juga postingan ke semua akun sosial media yang kita miliki. Nggak usah malu atau jaim lah. Semua teman juga melakukannya kok. Nggak usah khawatir juga bakal diledek kalau tulisan kita dianggap cupu atau kurang bermutu atau dangkal atau apalah apalah. Semua kan berproses, iya kan. Asal kita terus belajar dan berusaha memperbaiki diri dan tulisan kita.

11. KIRIM NEWSLETTER

Kirim newsletter tentang postingan ini sehingga menarik banyak pengunjung datang ke sana.

12. KOMEN DI BLOG LAIN

Rajin jalan-jalan alias blog walking dan komen di blog lain, akan membawa orang lain balik mengunjungi blog kita dan balas komen. Kecuali yang sibuk tentu saja ya..hehehe...
Bisa jadi pengunjung atau orang lainnya juga tertarik membaca komen kita lalu jadi stalking. Ahay :D


Selamat mencoba ya!
Menurutmu apalagi yang bisa kita lakukan setelah menulis postingan blog?




Komentar

  1. Thank you mba sarannya, tambahan satu lagi untuk dituliskan, gunakan heading 2 dan juga bold agar mudah dalam pencarian Google. Ohya, ikutan kuis Eksis Bareng Pokemon GO yuk! goo.gl/4mPIaL

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih kembali. Thanks untuk tambahannya ya :)

      Hapus
  2. nomor 12 itu penting banget tuh Blogwalking..
    karena tanpa blogwalking sama saja seperti rumah yang megang tapi tidak ada penghuninya :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul banget tuh. jadi mari saling berkunjung :D

      Hapus
  3. Jujur habis posting saya paling males baca ulang postingan. barangkali memang sangat penting. takutnya banyak yang typo yang malah bikin pembaca kabur hhee

    BalasHapus
  4. Aih mantap... point 1-3 aja jarang gue lakuin tapi gak apa-apa deh, point 12 aja dulu nih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. siip, one by one ntar bisa kali ya:)

      Hapus

Posting Komentar