Tips menghadiri workshop dan talkshow

Tips menghadiri workshop dan talkshow

Kalau tidak salah menangkap maknanya, menghadiri itu artinya kita hadir sebagai undangan hadirin. Iya kan? Karena kalau kita datang sebagai nara sumber, judul atau temanya mustinya tips mengisi workshop dan talkshow.
(Eh, pakai dibahas lagi tentang temanya. Hehe. Untuk tips mengisi-nya, insya Allah kita bahas lain kali ya. Eaaa, pakai janji-janji :D)


Ada tiga  garis besar dalam kiat menghadiri acara-acara dan event workshop dan talkshow, yaitu persiapannya, lalu saat kita ada di venue-nya dan pasca event-nya.

PERSIAPAN
CATAT TANGGAL, WAKTU DAN TEMPATNYA
jangan sampai salah jadual ya bu. hehe. ntar mlongo sampai tempatnya kok sepi, ternyata masih bulan depan. ahaha :D

pelajari di mana venue-nya, supaya bisa memperkirakan kita akan butuh waktu berapa lama untuk sampai ke sana, naik apa dst.

KENALI PEMATERINYA
duuuh, jangan stalking mantan terus atuh, atau gebetan aja. Stalking juga calon narsum yang akan kita temui pas di acara nanti. Jadi bisa punya bahan sedikit untuk ngobrol ama dia kalau pas kita punya kesempatan bertatap muka langsung.

PELAJARI TEMA DAN MATERI
Biar nggak blank banget gitu. Setidaknya kita jadi punya bayangan apa yang bakal bisa kita tanyakan nanti dalam event tersebut.

 KOSTUM
Good shoes take us to good place, gitu kan ya katanya. jadi coba persiapkan kostum yang sekiranya pantas dan pas untuk hadir dalam acara nanti. Biar nggak salah kostum. Hehe.


HARI H, JAM J
TEPAT WAKTU
Nggak usah jam karet-lah meskipun katanya itu sudah jadi budaya di Indonesia. Jangan ikut-ikutan rusak atuh. Tetap aja disiplin. Datang tepat waktu, setidaknya lima sampai sepuluh menit sebelum acara akan lebih baik.

POSISI MENENTUKAN PRESTASI
Jangan duduk terlalu di belakang, nanti kalau ada saweran dari depan panggung bisa nggak kebagian. Ahaha. Intinya duduklah di tempat yang strategis. Sehingga bisa mendengarkan materi dengan baik, dan kalau angkat jari untuk bertanya atau menjawab kuis bisa langsung ketahuan. Siapa tahu dapat doorprize juga. Ahay D

AKTIF
Jangan bengong, ngantuk apalagi melamun. Jangan.
Eh apalagi malah chattingan. Duh. Jangan.

LIVETWIT
It will be appreciated, baik oleh penyelenggara acara maupun para follower twitter kita. Jangan lupa mention panitia ataupun nara sumbernya ya. Yach, walaupun kadang tidak dirituit karena ada pose manis kita dengan narsumnya sehingga khawatir di-jealousin istrinya (apaan?? :D) Nothing to lose ajalah pokoknya :)

PASCA EVENT
GRATITUDE & COMPLIMENT
Ucapkan terima kasih sudah mengundang dan seterusnya. Yang tidak basa-basi ya. Sampaikan dengan tulus dari hati. Karena yang berasal dari hati, akan sampai ke hati juga. #Eaaaaa

POSTING
Tulis liputan acara workshop atau talkshownya di blog, berikut foto-fotonya. Lalu share di sosmed, mention penyelenggara dan narsumnya, mereka pasti akan sangat senang dan mengapresiasi.

Gitu deh beberapa tipsnya.
Semoga berguna ya.
Ada yang mau menambahkan, sila share di sini ya teman-teman :)










Komentar