Kreatifitas Foodpreneur di Masa Pandemi

 Kreatifitas Foodpreneur di Masa Pandemi






Masa pandemi ini membawa banyak sekali dampak bagi banyak orang, dari berbagai sektor, termasuk para pelaku usaha. Sebagian dari mereka mulai melirik bidang usaha lain yang sekiranya bisa memberikan penghasilan agar dapur tetap mengebul. Bahkan yang sekelas pemilik Air Asia saja segera banting stir alias pivoting menjadi supermarket online untuk banyak macam barang. Wow kan. 

Maka tak heran jika para pengusaha travel pun ada yang beralih ke usaha kuliner. Aku melihat ada beberapa inovasi mereka yang tak lagi malu kelihatan banting stir. Itu di tingkat alias level korporasi atau perusahaan lumayan gedhe ya. Yang usaha sedang, menengah maupun kecil pun melakukan hal serupa. Bahkan semalam aku melihat cuitan di twitter atau postingan di fesbuk ya (..aku lupa..) melintas di time line, ada seorang tokoh terkenal luar negeri yang akhirnya malah jualan makanan demi menghidupi keluarganya di masa pandemi ini. Teman-teman pasti juga tak asing dengan movement para artis kita yang juga usaha di bidang kuliner, dari kopi, donat, ayam geprek, dan banyak lagi lainnya. 


Memang urusan perut ini tetap menjadi usaha yang lumayan menghasilkan karena terkait dengan kebutuhan primer manusia, yaitu makan. Hehe. 
Tapi menjadi foodpreneur pun juga ada banyak tantangannya. Apalagi menjadi hybridwriterpreneur (enterpreneur yang bergerak dalam bidang penulisan dan bidang lain juga)  musti pandai-pandai mengambil peluang agar enterpreneurshipnya sukses. Musti pandai mendapatkan source dengan kualitas baik tapi harga terjangkau, lalu mengolahnya sedemikian rupa sehingga memiliki nilai tambah dan nilai jual tinggi. 

Nah, cireng nasi ini menjadi salah satu resep yang bisa menjadi alternatif bagi para wirausahawan di bidang kuliner. Bahannya hemat banget karena bisa memanfaatkan sisa nasi yang tidak habis dimakan. Dan bahan pengadonnya juga gampang didapatkan serta gluten free, tanpa pengawet dan tanpa pewarna buatan. Cocok banget buat menarik mereka yang sedang berusaha makan makanan sehat dan bersih alias clean food. Bisa dicemil bareng kopi atau teh hangat, pasti enak banget. 


Kobe Tepung Bumbu Putih dengan formula baru hadir dengan konsep tepung bumbu modern dan keunggulan yang unik. Tekstur tepung berbentuk kristal dengan butiran tepung renyah mampu membuat lapisan gorengan menjadi lebih krispi dan lebih tebal. 
Selain untuk gorengan cocok untuk jajanan kekinian seperti aci telor. Bisa buat aci telur sendiri dirumah dengan mudah. Makanan viral ini menggiurkan dengan sensasi aci yang kenyal dan elastis saat diaduk dan mudah dibuat dengan Kobe Tepung Bumbu Putih yang tanpa pengawet dan tanpa pewarna buatan. Dengan butiran tepung kristal membuat hasil lapisan lebih krispi dan lebih tebal. Tekstur lebih garing dan kerenyahan yang tahan lama. Mengandung tepung tapioka sehingga dapat membuat masakan lebih kenyal dan juicy jika dijadikan sebagai campuran bahan.

Ini bahan dan resep cara pembuatannya:
Bahan Cireng Nasi Kobe
200 gr nasi putih
100 ml air
1 bungkus Kobe Tepung Bumbu Putih (75 gr)
10 gr daun bawang
minyak goreng secukupnya

Bahan Bumbu Rujak
1 sendok makan kacang tanah (digoreng)
100 gr gula merah
terasi secukupnya
50 ml air hangat
1 sachet BonCabe level 10, rasa Original
1 sendok makan air asam


Cara membuat Cireng Nasi Kobe mudah sekali:
Aduk 200 gr nasi dengan 100 ml air. Campurkan 1 bungkus Kobe Tepung Bumbu Putih 75 gr dan 10 gr daun bawang. Aduk hingga tercampur rata.
Panaskan minyak dalam wajan. Setelah panas ambil 1/2 sendok makan adonan, goreng hingga kuning keemasan.
Cireng Nasi Kobe siap disajikan.

Cara membuat Bumbu Rujaknya juga gampang nih:
Haluskan kacang tanah, gula merah, terasi dan air hangat.
Tuang BonCabe level 10. Campurkan dengan air asam dan aduk hingga rata.
Bumbu rujak siap disajikan sebagai cocolan Cireng Nasi Kobe.

Gimana? Tertarik untuk juga membuat cireng nasi kobe sebagai pelengkap cemilan di usaha kulinermu?
Yuk coba buat dan dapatkan return of investment yang menguntungkan!:)




Posting Komentar

0 Komentar