Monalisa Inovasi Pajak Demak

November 11, 2018 dian nafi 0 Comments

Monalisa Inovasi Pajak Demak





Demi menggenjot pendapatan daerah dari sector pajak, Pemerintah Kabupaten Demak menghadirkan Monalisa, yakni Mobil Layanan Keliling Desa. Sebuah inovasi layanan pemungutan pajak di daerah, termasuk di kota kecilku, Kabupaten Demak tercinta.



Program Monalisa, web, dan media sosial PBB-P2 merupakan program peningkatan pelayanan PBB-P2 yang bertujuan untuk memudahkan dan mendekatkan pelayanan maupun pembayaran kepada wajib pajak. Selain itu, program ini juga bertujuan untuk mempermudah akses informasi tentang PBB-P2 di Kabupaten Demak.


Pengelolaan PBB memang tidak lagi dilakukan oleh KPP Pratama, namun dikelola oleh pemerintah daerah. Pemerintah pusat secara resmi menyerahkan pengelolaan PBB-P2 sebagaimana amanat UU Nomor 28 Tahun 2009 tentang Pajak Daerah dan Retribusi Daerah.


Dengan penyerahan PBB-P2 dari pemerintah pusat ke daerah, maka semua hal terkait pengelolaan PBB-P2 dilakukan pemerintah daerah, baik itu menyangkut pendataan, penilaian, pengolahan data, penetapan, pelayanan maupun keberatan.


Aku juga pernah mengikuti acara jalan santai dan senam bersama yang digelar oleh Dinas Pajak Kabupaten Demak saat hari ulang tahunnya. Seru banget karena banyak orang berkumpul hari itu untuk menjaga kebugaran diri sekaligus kesempatan memperoleh door prise. Eaaaa

Hari itu sekaligus pencanangan pembangunan zona integritas menuju wilayah bebas korupsi. Lihat saja bagaimana Dinas Pajak mengemas kampanye-nya melalui cara-cara yang disukai masyarakat dan kekinian. Salut deh!



Makanya tak heran jika kontribusi penerimaan PBB-P2 terhadap PAD Kabupaten Demak setiap tahunnya mengalami peningkatan yang cukup signifikan. Sebenarnya jika masyarakat giat membayar pajak, maka warga masyarakat pulalah  yang akan merasakan langsung manfaat dari pajak tersebut.

Semoga saja prestasi ini  dapat terus dipertahankan, serta akan lebih banyak desa yang lunas PBB-P2 di masa mendatang.


Acara gebyar hadiah bagi wajib pajak bumi dan bangunan perdesaan dan perkotaan (PBB-P2) Kabupaten Demak juga diselenggarakan di Pendopo Kabupaten. Hadiahnya berupa sepeda motor, tabungan jutaan rupiah, televisi, kulkas,  magic com, kompor gas, kipas angin dan lain-lain.

Penghargaan juga diberikan kepada beberapa perusahaan yang telah taat membayar PBB-P2. 

Semangat  berinovasi terus ya Dinas Pajak Demak!
  



0 komentar: