improving writerpreneurship

Post Top Ad

Memilih Gorden yang Tepat untuk Ruangan Anda



Memilih Gorden yang Tepat untuk Ruangan Anda

Gorden merupakan salah satu alat pelengkap dan penyempurna ruangan dalam sebuah rumah. selain sebagai penutup jendela, gorden juga berguna untuk memperindah dan mempercantik sebauh ruangan. Gorden juga bisa dijadikan sebagai sekat antara beberapa ruangan di rumah minimalis.
Memilih desain gorden yang hendak dipasang pada sebuah ruangan merupakan hal penting yang perlu diperhatikan. Desain gorden yang menyatu dengan ruangan akan memberikan kenyamanan, kecantikan dan keindahan tersendiri pada ruangan tertentu. Lalu, bagaiamana cara memilih gorden yang tepat? Berikut hal-hal yang perlu diperhatikan ketika hendak memilih gorden untuk ruangan Anda.
Warna
Warna merupakan hal terpenting yang harus dipertimbangkan saat hendak membeli gorden. Pilihlah warna gorden yang sesuai dengan cat ruangan tersebut. Anda juga bisa menyesuaikan warna gorden dengan warna cat rumah minimalis Anda. Warna gorden dan warna cat tembok tidak harus sama, asalkan masih senada. Hal ini penting mengkombinasi warna yang berbeda agar saling melengkapi.
Jika ruangan didominasi warna gelap, maka pasanglah gorden dengan nuansa terang. Sebaliknya, pilihlah gorden bernuansa kalem dan lembut untuk ruangan yang dicat dengan warna kontras seperti merah, biru, kuning, hijau, oranye, dan ungu. Pemilihan warna gorden sangat mempengaruhi suasana dalam ruangan tertentu. Selain itu, pemilihan warna gorden yang tepat juga bisa menciptakan ilusi ruangan sempit menjadi lebih luas dan lega.
Motif
Setelah menemukan warna yang cocok, sekarang tiba gilirannya memilih corak atau motif. Jika Anda menginginkan warna kalem, maka tidak ada salahnya bermain dengan motif. Anda bisa memilih gorden bermotif bunga atau daun dengan warna dasar pastel. Anda juga bisa memilih motif gorden yang sesuai dengan bantal sofa atau warna cat tembok.
Sebaliknya, untuk gorden berwarna tegas dan mencolok, pilihlah motif yang simpel seperti garis-garis. Jika dinding Anda memasang wallpaper, maka sesuaikan warna dan corak gorden dengan pola atau desain dari wallpaper tersebut. Hindari pemakaian corak pada gorden yang bertabrakan dengan wallpaper. Hal ini akan membuat ruangan Anda terasa sumpek dan penuh.
Bahan
Hal yang perlu dipertimbangkan selanjutnya yaitu bahan dari kain gorden tersebut. Bahan gorden ini sangat berpengaruh pada cara perawatannya. Selain itu, bahan gorden ini nantinya akan berpengaruh juga pada harga itu sendiri. Pilihlah bahan gorden yang ringan atau tidak terlalu berat serta mudah dicuci.
Hal ini akan memudahkan Anda untuk pencucian gorden serta bongkar pasang gorden pada ruangan tertentu. Sebaiknya memilih gorden dengan bahan yang dapat menyerap panas atau dengan kata lain kain yang digunakan tidak membiaskan sinar matahari saat siang. Hal ini penting untuk keawetan gorden agar warnanya tidak cepat memudar.
Model dan ukuran
Pemilihan model dan ukuran gorden rumah harus disesuaikan dengan slera dan kecocokan dengan konsep ruangan pada rumah minimalis Anda. Sebaiknya, sesuaikan gorden yang hendak dipasang dengan ukuran ruangan. Jangan sampai Anda membeli gorden yang tidak pas. Gorden untuk jendela kamar tentu berbeda dengan yang dipasang di ruang tamu maupun dapur. Ada baiknya gunakan gorden dengan ukuran yang panjang dan mewah untuk ruang tamu Anda. Sementara di kamar Anda bisa memasang gorden yang lebih sederhana.
Demikian informasi seputar cara memilih gorden yang tepat untuk ruangan Anda. Pilihlah gorden sesuai dengan selera dan sesuaikan dengan warna cat rumah minimalis Anda. Terpenting dari semua itu rajinlah merawat gorden, agar gorden tetap awet, tahan lama dan tetap bersih. Semoga informasi diatas bermanfaat untuk Anda!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Top Ad