improving writerpreneurship

Upacara Pemberangkatan Haji Umroh KBIH Arrohmah Muslimat NU Alhamdulillah tadi pagi bersama pengurus Kelompok Bimbingan Ibadah Haji dan Umro...

Upacara Pemberangkatan Haji Umroh KBIH Arrohmah Muslimat NU

dian nafi dan tim KBIH
Upacara Pemberangkatan Haji Umroh KBIH Arrohmah Muslimat NU

Alhamdulillah tadi pagi bersama pengurus Kelompok Bimbingan Ibadah Haji dan Umroh (KBIHU) ArRohmah Muslimat NU, Dian Nafi (sekretaris KBIHU) melepas keberangkatan jamaah haji di gedung IPHI (Ikatan Pembinaan Haji Indonesia). 


Awalnya seluruh calon  jamaah haji dari  KBIH Arrohmah Muslimat NU berjumlah 120 an orang, sehingga memiliki 1 seat untuk pembimbing haji. Namun karena adanya pengurangan jumlah jamaah haji menjadi 50 % dari kuota, maka calhaj yang bisa berangkat tahun ini hanya separuhnya, yaitu sejumlah 66 orang. Semoga semuanya sehat, dimudahkan perjalanan dan ibadahnya, serta mendapat predikat haji mabrur. 


Acara pemberangkatan 600 an calon jamaah haji yang berada dalam delapan rombongan bis ini, dipimpin langsung oleh Bupati. Forkompinda juga turut hadir pada seremonial bakda subuh tadi. 


Hanya ada dua orang yang menggunakan kursi roda dari ratusan jamaah ini. Dan dua dokter menyertai rombongan. Semoga semuanya sehat dari berangkat hingga pulang kembali ke tanah air. 


Sekitar jam enam pagi, rombongan mulai memasuki bis sesuai yang sudah dibagikan nomernya. Semuanya berjalan mandiri, bahkan yang sepuh juga mendorong dan mengangkat kopernya masing-masing. 



Bupati melepas delapan bis dengan bendera start seperti di balapan mobil hehe. Setelah lantunan adzan dan iqomah, satu per satu bis meninggalkan kawasan gedung IPHI. 



Alhamdulillah upacara pemberangkatan berlangsung lancar. Para petugas dan pengurus lega karena sudah membersamai para calon jamaah selama belajar manasik haji di tanah air. Kini saatnya mereka mempraktikkan langsung manasik haji umroh yang sudah diresapi selama beberapa bulan, bahkan tambahan dua tahun semasa pandemi covid-19. 



 Para pengurus KBIH cuma bisa nyengir karena tidak ikut mengantar ke Solo, apalagi sampai ke Mekkah Medinah. Semoga kapan-kapan bisa ziaratul haromain lagi. Aamiin aamin. 






0 Comments: