improving writerpreneurship

Post Top Ad

Gemini Destiny and Wide Range of Possibility

Gemini Destiny and Wide Range of Possibility






Yang sebenarnya pas aku bikin judul postingan ini, ada dua judul yang berkelebat dalam kepala. Antara Gemini Destiny and Wide Range of Possibility dengan Blessing in Disguise. Yang sebenarnya aku mau sampaikan adalah terkadang kebosanan yang menjadi bawaan lahir Gemini membawa pada keberuntungan lain yang semestinya kita syukuri. Gitchu. Hehe

Iya khan, daripada kita mengeluh lebih baik bersyukur dan lihat hikmahnya.

Sekaligus postingan ini menyampaikan sedikit uneg-unegku tentang hybridpreneur dan multi preneur. Jadi kalau multipreneur itu enterpreneur yang sekaligus menghandle banyak bisnis aka multi. Kalau hybridpreneur bisa jadi menghandle banyak bisnis juga namun berjalannya bisa sangat mengalir. JAdi dalam satu sesi atau season alias musim, dia pegang 2-3 bisnis berbeda secara bersamaan. Lalu di season lainnya dia bisa jadi pegang 1-2 bisnis beda secara bersamaan tetapi jenis bisnisnya berbeda lagi dengan bisnis-bisnis yang dia lakukan sebelumnya. Hehe. Iya, itu temuan dan analisaku sendiri kok. Nggak baku juga, tapi bisa menjadi alternatif jalan hidup gitu deh. Jalan ninjaku hahaha. Karena setiap track masing-masing orang bisa sangat-sangat berbeda satu dengan lainnya. Dan nggak ada benar salah juga. Yang penting enjoy. Gitchuuu.

Alhamdulillah aku melalui beberapa pengalaman profesi yang berbeda-beda ini. Insya Allah dan semoga makin memperkaya hidupku. Aamiin. Ini beberapa di antaranya, cekidot...

dian nafi arsitek


Lulus dari arsitektur Undip, otomatis membawaku menjalani hal ini. Dulu sempat magang di konsultan orang, lalu bikin konsultan desain arsitektur sendiri. Karunia Cahaya Putra, yang berkembang jadi kontraktor juga. Mendesain dan membangun rumah tinggal, ruko, resto, dll. Lalu sempat bikin konsultan dan developer  properti HD Karya. Sekarang tetap menjalankan konsultan arsitektur Hasfa

Jual souvenir


Btw, dulu pas baru saja lulus dan nunggu panggilan kerja, aku juga sempat jualan souvenir lho di tokoku sendiri, depan rumah. Dan laris banget. Kayaknya ini cikal bakal aku menyukai enterpreneur deh.

Surveyor ac nielsen

Menjadi surveyor ac nielsen selama setahun waktu itu memberikan aku bekal bagaimana berhadapan dengan orang-orang baru, mengorek keterangan dari mereka dengan cara yang menyenangkan, sekaligus membawaku ke pojok-pojok semarang yang selama ini belum pernah kudengar bahkan kukunjungi. Great experiences.


Guru bimbel

Pernah juga jadi guru bimbingan belajar privat. Datang dari rumah ke rumah, dari pojok paling timur Semarang sampai paling barat. Paling utara sampai paling selatan. Ketemu banyak anak didik yang sangat berbeda-beda karakternya, memberi bekal padaku tentang bagaimana berkomunikasi dan juga mengenali menghandle berbagai karakter, yang tampaknya juga berpengaruh saat aku kemudian menulis novel. Dan saat keponakanku bikin start up yang menghimpun para guru bimbel dari seluruh pelsook kota Semarang, terus terang itu membawa memoriku kembali dan support banget programnya ini. Serta ikut bangga karena start upnya menang kompetisi dan berhak pergi ke Silicon Valley November nanti. So Proud!


Project Manager

Beberapa tahun aku sempat menjadi manajer proyek renovasi interior di Time Zone Kudus dan Klaten. Pengalaman menghandle tukang-tukang, mandor. Cash flow proyek. Menghadapi owner dan handle banyak permasalahan di lapangan memberikan bekal tought dan resilien. alhamdulillah.


desainer produk furniture

Jadi desainer produk furniture exporter di Solo mengembangkan kemampuan autocadku. Bergaul dengan para leader yang berwawasan internasional dan eksporter, memberi pengalaman baru dan semangat keliling luar negeri. Aha.

marketing manager

datang sebagai junior lalu dididik oleh senior marketing yang sangat baik, dan kemudian tahu-tahu senior marketingnya dipecat dan aku diangkat menggantikannya tuh bikin shock banget. Tahu nggak sih. Di eksporter milik ekspatriat Inggris ini aku mengembangkan kemampuan berbahasa inggrisku karena melayani para buyer dari seluruh dunia. Dan sehari-harinya juga berkomunikasi dengan direkturku yang asli orang London. Semua menjadi bekal dalam berkomunikasi dan marketing kelak di bidang-bidangku yang lainnya.

dian nafi  author

karir kepenulisan ini seolah melenceng jauh banget dari background arsitekturku. Namun sesungguhnya prinsip-prinsip arsitektur:  balance, proporsi, irama, komposisi, point of interest/kontras, skala, kesatuan/unity juga digunakan dalam menulis. Indah bukan?

 Semua dimulai ketika aku memenangkan lomba menulis kisah inspiratif di tahun 2008. Lalu semua mengalir begitu saja, menggelinding seperti bola salju dan kecanduan yang adiktif. ALhamdulillah. Tahu-tahu sudah menulis 25 karya tunggal dan 88 antologi di 17 penerbit di Indonesia. Alhamdulillah.


dian nafi cerpenis

adalah menjadi salah satu penulis terpilih untuk ikut writing workshop nya Kompas di tahun 2012 itu sungguh menjadi salah satu batu loncatan dan pengungkitku untuk lebih dikenal.

penulis cerita anak

Terpilih ikut workshop kepenulisan cerita anak oleh KPK di Bandung membawaku memperoleh ketrampilan baru. Meski kemudian aku mengakuinya sebagai sulit, namun alhamdulillah beberapa cerita anakku telah dibukukan bersama kawan-kawan lain. Dan selang beberapa tahun kemudian ilmu menulis cerita anak ini kembali membawaku menang di kompetisi yang diadakan Balai Bahasa Jateng.

dian nafi novelis


Novel-novel yang kutulis dan memenangkan beberapa lomba membawa karya-karyaku ini terbit di penerbit-penerbit nasional. Alhamdulillah. Beberapa bergenre dan cerita tentang kepesantrenan. Dan ada yang tentang rumah tangga, novel remaja dan novel perjalanan.


hasfa publisher
Hasfa Creative Hub: Launching dan Bedah Buku Bengkel Jiwa
Berangkat dari ketidaksengajaan, hasfa publisher akhirnya berdiri. Berawal dari keinginan mengirim cetakan novel ke UWRF tapi waktunya sempit kalau harus menunggu kirim naskah ke penerbit mayor serta proses panjangnya, akhirnya cetak sendiri novel pertama. Lalu ada peristiwa wasior, mentawai, merapi yang membawa hasfa mengkurasi puisi-puisi dan menerbitkan antologi untuk charity. Dus, dari situlah terus mengalir this another stream. 

dian nafi blogger


menulis blog sudah kulakukan sejak lama bahkan sebelum blog menjadi hits. Dan alhamdulillah ketika masa kejayaan bagi blogger itu tiba, aku juga berada di dalamnya serta mengambil banyak keuntungan darinya. Alhamdulillah.


influencer and digital marketer

ini karir? yach, bisa dibilang ini imbas dari beberapa karir yang sudah dijalani sebelumnya dan membawa banyak berkah juga. Alhamdulillah.


Public Speaker


Yach ini yang tidak bisa dihindari ketika akhirnya diundang mengisi talk show dan workshop ke mana-mana. Alhamdulillah disyukuri dan sekaligus sebagai ajang pembelajaran terus. Juga sebagai sarana untuk mengaktulisasikan hoby traveling. Alhamdulillah.



Jurnalisme Investigasi


Siapa yang menyangka kalau kemudian aku sempat mengenyamnya di Tempo. Wow. this is quite secret. We won't tell you a lot about this. Sssst...

Coding Mum and Web Developer

Hal baru lagi yang membawaku makin menggeluti dunia digital. Dari awalnya ikut Coding Mum lalu Alhamdulillah mendapat beberapa order membuat website juga. Such a precious experience.

Trainer, Mentor

menjadi mentor kampus fiksi awalnya, lalu jadi trainer dan mentor di Hasfa Camp, kemudian menjadi trainer dan fasilitator di Women Will by Google dan juga Gapura Digital by Google. Alhamdulillah.

dian nafi Life Coach




bermula dari buku yang kutulis berjudul How To Reset Your Life, akhirnya jadi Life Coach deh.

Researcher


Ini baru bangets. Agak ketinggian sebenarnya. Karena aku beruntung menjadi salah satu yang terpilih untuk presentasi paper pada Konferensi Internasional di Belanda insya Allah tengah tahun ini. Semua dari riset yang kulakukan tiga tahun belakangan ini. Pengalaman serta achievement ini terus terang membuatku tertantang untuk riset yang lainnya dan kalau bisa ikut short course atau long course atau yach konferensi internasional lagi di beberapa negara lain. Doakan ya, semoga kabul, aaamiin.

PUBLIC POLICY CONSULTANT



Ini terjadi awalnya karena ketidaksengajaan. Pas ada kesempatan apply beasiswa master public policy, aku daftar dan ternyata lolos. Lalu ketika ada pertanyaan dari pemberi beasiswa, karir apa yang akan kukerjakan setelah lulus dari master public policy, kujawab mungkin public policy consultant. Jadi kurasa aku harus bertanggung jawab atas jawabanku tersebut. Ya kan.

Kalau perlu ada niche yang lebih spesifik, ya mungkin Konsultan Pendidikan dan Literasi kali ya.



The further question is:
How do you see your current work making an impact? Does your work help people? Shape policy? Innovate? Create? etc.


Yang penting bergerak terus. Kayak makna dari kata Hasfa, bergerak.
Bismillah.

Kalau kamu? Apa saja bidang yang kamu minati dan geluti?


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Top Ad