HYBRIDWRITERPRENEUR EXPO

HYBRIDWRITERPRENEUR EXPO




Insya Allah dalam rangka tasyakuran ultah alias anniversary Hasfa yang ke-7, Stand Hybridwriterpreneur Expo akan turut menyemarakkan Hasfa Fest di Hasfa Camp. Konsepnya sederhana. Menampilkan karya-karya yang sudah pernah dihasilkan. Garage Sale produk-produk baik buku maupun fashion, aneka craft dengan diskon yang lumayan. Juga aktifitas bakti sosial. Serta rekruitmen relawan taman baca Hasfa. Dan seleksi bagi penerima beasiswa kelas-kelas nulis dan kreatif di Hasfa Camp. 

Apakah teman-teman juga sedang menyiapkan  diri dan komunitasnya ataupun start up/bisnis/enterpreneurship/kewirausahaannya untuk mengikuti sebuah pameran atau bazaar?

Nah, dalam kesempatan ini, hybridwriterpreneur hendak membagikan beberapa tips penting terkait hal tersebut:

1. Mengenali Konsepnya

Pelajari dengan baik bagaimana konsep yang diusung oleh penyelenggara bazaar. Pelajari pangsa pasar yang disasar. Juga cari  kesesuaian produk  dengan konsep bazar tersebut. Sehingga akan berdaya guna dan berhasil guna. Insya Allah.

2. Mempelajari Sistem

Pelajari juga sistem sewa stan jika harus membayar. Apakah harian atau selama acara berlangsung atau bagaimana sistemnya. 
Hitung seberapa besar kebutuhan dana yang perlu dipersiapkan. Lau kalkulasikan potensi keuntungan. Jika tidak ada keuntungan, coba pertimbangkan lagi.

3. Konsep Promosi

Siapkan konsep promosi yang matang. Agar waktu pameran yang sempit tidak terbuang percuma hanya karena kurang persiapan.

Bentuk promosi bisa dengan menyiapkan katalog produk, x-banner, kartu nama, brosur, undangan dan  lainnya. Coba lakukan promosi online, via medsos, fesbuk, twitter, instagram, whatsapp, telegram, email,  blog atau website dll.

4. Proses Transaksi

Maksimalkan  penjualan produk pada  bazar dengan mempermudah proses transaksi. Sehingga  akan  meningkatkan minat pengunjung untuk membeli produk.
Jika terlalu ribet, pembeli bisa lari. Mereka butuh kemudahan-kemudahan.

5. Sinergi

Kalau jaga stand sendirian pasti akan repot. Sebaiknya sinergi dengan  dua atau tiga orang. Sehingga  bisa melayani klien dengan baik ketika stan ramai dikunjungi.

Selain bisa berbagi tugas  pelayanan, tugas frontliner, tugas kasir, juga menunjang faktor keamanan saat momen berjubelnya pengunjung.

6.  Attitude

Sikap ramah pada pengunjung akan memikat mereka dan membuat mereka tertarik untuk melihat produk yang ada di stan.
Selalu tersenyum, rajin menyapa serta menawarkan bantuan akan menjadi nilai plus.


Selamat mencoba dan mempraktikkan ya!
Semoga laris manis berkah dagangannya!





Komentar