Inilah 5 Tempat Wisata di Bogor untuk Para Pencinta Sejarah

Inilah 5 Tempat Wisata di Bogor untuk Para Pencinta Sejarah

Bogor bukan hanya menarik dengan berbagai tempat wisata alamnya. Bogor pun cocok untuk Anda yang menyukai wisata sejarah. Kota hujan ini menawarkan tempat-tempat yang akan menerbangkan pikiran Anda ke masa lalu, baik di masa sejarah maupun prasejarah. Apa saja ya? Berikut inilah 5 di antaranya.
1. Kampung Budaya Sindangbarang


Sumber : kp-sindangbarang.com
Kampung Sindangbarang disebut-sebut sebagai kampung tertua di Bogor. Ketika mengunjungi kampung ini, Anda akan menyaksikan berbagai peninggalan prasejarah seperti batu menhir, batu kursi, batu dakon, dan batu tapak. Peninggalan zaman sejarah pun juga dapat Anda temukan, seperti punden berundak yang disinyalir berasal dari zaman Kerajaan Pajajaran. Alam Kampung Sindangbarang yang masih asri pun akan membuat Anda betah dan tidak ingin terburu-buru meninggalkan kampung bersejarah ini.
2. Prasasti Batutulis
Prasasti Batutulis merupakan salah satu peninggalan Kerajaan Pajajaran. Kekuasaan kerajaan ini memang pernah begitu cemerlang di Tanah Sunda. Adapun, prasasti ini – konon – ditulis oleh Prabu Surawisesa, putra dari Prabu Siliwangi. Prasasti tersebut dibuat sebagai bentuk penyesalan sang prabu karena tidak dapat mempertahankan kekuasaan. Kerajaan Pajajaran tidak sanggup bertahan dalam menghadapi kejayaan Kerajaan Demak. Prasasti Batutulis juga dianggap sebagai benda sejarah in situ. Artinya, prasasti tersebut belum pernah dipindahkan sehingga masih berada di lokasi aslinya.
3. Museum Pasir Angin
Pasir Angin merupakan salah satu tempat ditemukannya berbagai benda peninggalan prasejarah. Benda-benda yang ditemukan di situs ini disinyalir berasal dari masa 600 sampai 200 tahun sebelum masehi. Peninggalan-peninggalan tersebut menunjukkan eksistensi masyarakat Bogor yang telah begitu lama. Sebagian besar artefak yang ditemukan di situs Pasir Angin pun disimpan dengan teratur di Museum Pasir Angin. Berkelanalah ke masa lalu dan perhatikanlah perkembangan sejarah dan budaya masyarakat Bogor, dari masa ke masa.
4. Museum Perdjoeangan
Tambahlah wawasan Anda tentang perjuangan kemerdekaan Indonesia, terutama yang dilakukan di wilayah Bogor dan sekitarnya. Di Museum Perdjoeangan, Anda akan menyaksikan diorama berbagai pertempuran di Bogor dan sekitarnya, serta peninggalan-peninggalan sejarah lainnya. Saksikanlah berbagai senjata yang pernah digunakan para pahlawan untuk memperjuangkan kemerdekaan, peralatan stensil kuno, baju-baju para pejuang, mata uang di zaman VOC, hingga dokumen-dokumen bersejarah.
5. Museum PETA
Pada awalnya, bangunan museum ini merupakan tangsi militer para pejuang dan tempat pelatihan pasukan Pembela Tanah Air (PETA). Setelah Indonesia merdeka, gedung ini dialihfungsikan sebagai museum, untuk menyimpan berbagai benda bersejarah terkait perjuangan kemerdekaan Indonesia. Museum ini pertama kali direnovasi pada masa wakil presiden Umar Wirahadikusumah. Beliaulah yang meletakkan batu pertama pembangunan museum ini. Selanjutnya, Presiden Soeharto meresmikan Museum PETA pada tahun 1995.
Menarik sekali bukan? Selanjutnya, Anda mungkin memerlukan waktu lebih dari satu hari untuk mengunjungi tempat-tempat tersebut. Anda pun bisa menginap di hotel yang terdekat dari salah satu tempat tujuan wisata Anda. Untuk memperoleh hotel murah di Bogor, gunakanlah layanan jaringan hotel murah seperti Airy Rooms.
Sebagai jaringan hotel dan guest house terbesar di Indonesia, Airy Rooms menawarkan beragam hotel yang dapat Anda pilih sesuai kebutuhan. Hotel-hotel di Airy Rooms pun dijamin murah, tetapi dengan fasilitas yang tidak murahan. Dalam setiap hotel yang Anda pesan, Anda akan memperoleh tempat tidur yang bersih, fasilitas televisi layar datar, pendingin ruangan, air minum, dan juga jaringan internet nirkabel.


Ingin pesan? Mudah, tinggal kunjungi halaman situs di bawah ini :
Atau pesan langsung melalui aplikasi Android atau iOS yang sudah tersedia di Playstore dan Appstore.
Anda pun bisa menggunakan kartu kredit ataupun transfer sebagai metode pembayaran. Asyik kan? Rencanakan tujuan wisata Anda, pilih hotel yang tepat, dan jadikan wisata sejarah Anda di Bogor menjadi lebih menyenangkan dengan Airy Rooms.

Komentar