Malas Bepergian Karena Khawatir Merepotkan?

Malas Bepergian Karena Khawatir Merepotkan?




Bakda isya’ hampir semua rombongan yang mau berangkat wisata ziarah danrihlah sudah siap di depan sekolahan. Tergopoh-gopoh salah seorang ustadzah datang membuat panitia sedikit kerepotan.


“Bu, maaf, aku nggak jadi ikutan karena anakku yang paling kecil demam,” wajah bu Ika tampak pucat. Kedua tangannya merapat di depan dada, memohon-mohon.
“Duh, terus siapa yang bisa gantiin ini. Kan setiap empat santri musti ada satu ustadzah pengawas,” mata bu Hikmah, ketua panitia ziarah, mengedarkan pandangan mencari sosok yang bisa dimintai pertolongan.
“Aaah, alhamdulillah. Ada bu Ifah. Ayo, bu, gantiin bu Ika,” bujuk bu Hikmah.
“Walaaah jangan aku, bu. Kalau pergi jauh begitu dan naik bis, suka merepotkan. Ntar bentar-bentar minta belok ke pom bensin, mau pipis bagaimana?” bu Ifah menjelaskan langsung keberatannya.
“Oooh anyang-anyangan ya?”
“Iya, semacam itulah,” jawab bu Ifa sembari tersenyum malu.
“Apa itu anyang-anyangen?” tanya ustadzah yang lain.
“Semacam Infeksi Saluran Kemih, kalau nggak salah sih,” sahut seorang ustadzah lainnya.
“Lah kayak gimana gejalanya?”
Anyang-anyangan memang  tidak selalu menimbulkan gejala spesifik. Namun kondisi berikut secara umum dapat menjadi tanda-tanda seseorang bisa jadi mengalami anyang-anyangan.
·  Hasrat berlebih untuk buang air kecil.
·  Buang air kecil lebih sering, tapi dengan volume sedikit-sedikit.
·  Nyeri pada panggul jika terjadi pada wanita.
·  Jika terjadi pada pria, akan menimbulkan gejala nyeri pada anus.
·  Rasa perih ketika buang air kecil.
·  Urine berbau menyengat, lebih pekat, kadang-kadang mengandung darah.
·  Merasa lelah dan kurang sehat.
·  Demam.
Selain itu, infeksi ini dibagi berdasarkan bagian sistem kemih mana yang terinfeksi sehingga mengakibatkan gejala-gejala yang berbeda, seperti:
·  Ginjal (pielonefritis akut): nyeri pada pinggang belakang atas, demam tinggi, mual, muntah.
·  Kandung kemih (sistitis): perasaan tidak nyaman pada perut bagian bawah, panggul terasa seperti ditekan, buang air kecil berulang kali dan terasa nyeri, serta adanya darah pada urine.
·  Saluran kencing (urethritis): kemaluan terasa perih saat buang air kecil. Penyebabnya sama, yaitu akibat menyebarnya bakteri sistem gastrointestinal dari anus ke saluran kemih.

“Duh. Apa sih penyebab anyang-anyangan?” beberapa ustadzah yang kepo akhirnya memasang telinga dan perhatian.
Secara teoritis banyak penyebabnya, tetapi prinsipnya apapun yang dapat menyebabkan iritasi, rangsangan, tekanan pada kandungan kemih, stres, alergi, gangguan pada organ  pelvis,dan lain-lain dapat menyebabkan keluhan anyang-anyangan.
Suatu sindroma yang dikenal dengan "pain bladder syndrome" atau "intersttial cytitis yang tidak diketahui penyebabnya secara pasti dapat menyebabkan keluhan anyang-anyangan ini.
Salah satu dari penyebab anyang-anyangan yang sering adalah infeksi, dan batu kandung kemih. Pada wanita, infeksi adalah penyebab yang paling utama, ini karena perbedaan anatomi saluran kemih yang berbeda dengan pria. Kuman, bakteri sangat mudah menjalar dari sumber infeksi dari misalnya dari vagina, dubur, dan waktu hubungan seksual
“Hiii ngeri juga ya. Terus bagaimana cara mengatasi anyang-anyangan?” para ustadzah jadi makin kepo deh.
Pastikan penyebabnya terlebih dahulu, misalnya dengan pemeriksaan analisa urin, USG ginjal, kandung kemih dan organ Pelvis. Jadi  sebaiknya konsultasi langsung ke dokter internist setempat. Lalu juga minum air putih yang cukup banyak. Dan jangan lupa untuk menjaga kebersihan daerah sekitar organ intim.



“Terus ada saran apalagi. Mengkonsumsi apa begitu?”
Oh ya, ada yang namanya buah Cranberry yang kaya akan proantocyanidin untuk mencegah bakteri E. Coli menempel pada saluran kemih.  Cranberry (Vaccinium oxycoccos) tergolong tanaman jenis berry yang masuk ke dalam golongan tanaman semak atau tanaman yang biasanya tumbuh liar. Cranberry memiliki warna merah tua.

Jika sering mengkonsumsi buah Cranberry maka kita akan terhindar dari anyang-anyangan. Sayangnya buah ini susah untuk ditemukan di Indonesia, tetapi banyak ditemukan di bagian utara Amerika dan Kanada.
Meskipun susah untuk mendapatkan buah tersebut, tapi tidak perlu khawatir karena kita sudah bisa membeli yang labih praktis lagi daripada sekedar buah cranberry, yaitu dalam bentuk ekstrak buah Cranberry, dengan khasiat yang lebih baik tentunya.  Produk yang mengandung ekstrak buah Cranberry itu adalah Prive uri-cran, pencegah penyakit anyang-anyangan yang menjadi penyebab sakit buang air kecil.

Prive uri-cran merupakan ekstrak buah Cranberry pertama di Indonesia. Tidak usah jauh-jauh ke Amerika untuk mendapatkan khasiat dari buah Cranberry, karena di Indonesia sudah ada ekstraknya yang khasiatnya bisa mengatasi rasa sakit buang air kecil karena anyang-anyangan.

Ekstrak Cranberry dapat mengatasi anyang-anyangan karena di dalam buah tersebut terdapat Proantocyanidin yang fungsinya untuk mencegah dan menangkap bakteri yang menempel pada saluran kemih.

Jika bakteri E. Coli ditangkap oleh Proantocyanidin maka bakteri tersebut tidak jadi menempel di saluran kemih dan terbebaslah anda dari penyakit Infeksi Saluran Kemih. Dengan demikian, susah buang air kecil pun akan teratasi.

Prive uri-cran ini aman dikonsumsi tiap hari dan aman juga dikonsumsi oleh wanita hamil. Jadi jangan khawatir ya. Bisa juga dinikmati dengan air biasa atau ditambahkan es batu.
Prive uri-cran sendiri ada dua macam yaitu Prive uri-cran dan Prive uri-cran Plus.

Prive uri-cran merupakan ekstrak buah cranberry berbentuk kapsul dengan komposisi Vaccinium macrocarpon (ekstrak Cranberry) 250 mg dan mengandung 18 mg PAC (Proanthocyanidin) Symptoms.

1 box Prive uri-cran berisi 3 blister yang masing-masing blister berisi 10 kapsul. Aturan minumnya bisa dengan meminum 1-2 kapsul per hari.

Sedangkan Prive uri-cran Plus ekstrak buah cranberry berbentuk Powder Sachet dengan komposisi 375 mg Ekstrak Cranberry, 60 mg Vitamin C, 0.1 mg Lactobacillus Achidopillus, dan 0.1 mg Bifidobacterium bifidum.

Isi 1 box Prive uri-cran Plus ada 15 sachet dan aturan minumnya 1-2 Sachet per hari.

Prive uri-cran sebagai ekstrak buah cranberry, tidak hanya bermanfaat untuk mengatasi infeksi saluran kemih. Beberapa manfaat buah cranberry di antaranya:
1. Kebal terhadap flu.

Berdasarkan hasil penelitian, orang yang rajin mengkonsumsi cranberry lebih kebal terhadap flu dibandingkan orang yang tidak pernah atau jarang mengkonsumsi buah cranberry.
2. Menjaga kesehatan jantung.

Cranberry sendiri diketahui memiliki kandungan polifenol yang cukup tinggi. Polifenol ini berperan penting dalam menjaga kesehatan jantung.

Berdasarkan hasil penelitian, menkonsumsi cranberry terbukti dapat menurunkan tekanan darah yang kemudian akan membuat jantung tetap sehat.

Berdasarkan hasil penelitian pula, disebutkan bahwa buah cranberry dapat menjaga kesehtan jantung seperti khasiat dari buah anggur merah.
3. Kesehatan perut. 

Sakit maag disebabkan oleh bakteri yang bernama Helicobacter pylori yang masuk ke dalam usus dan saluran penceranaan.

Buah cranberry yang mengandung disebut Proantocyanidin dapat mencegah bekteri Helicobacter pylori agar tidak menempel pada lapisan lambung. Dengan demikian sakit maag dapat dicegah dengan mengkonsumsi buah atau ekstrak buah cranberry.
4. Kebersihan gigi dan mulut.

Proantocyanidin juga ternyata dapat mencegah menempelnya berbagai jenis bakteri pada gigi, gusi dan mulut. Dengan demikian, gigi dan mulut akan tetap bersih dan tidak berbau sehingga akhirnya gigi pun akan tetap sehat.
“Wah, begitu ya. Berarti boleh juga ini coba produk itu,”  wajah bu Ifa pun cerah mendapatkan harapan akan sembuh dari penyakit yang selalu membuatnya was-was untuk bepergian jauh.
Besok-besok lagi berarti tak perlu cemas untuk pergi ke mana pun. Kalau perlu keliling dunia deh.












Komentar