#NgemilBaca Orang-Orang Bloomington





 

Sudah pas banget dengan judulnya. Novel ini ya cerita tentang people, orang-orang, di sebuah kawasan lingkungan neighborhood, Bloomington. 

 

Pak Budi Darma pernah tinggal di sana, sebuah daerah di Indiana, dan dengan mata kamera penulisnya mengelupas karakter manusia dalam lingkungan itu dengan sense of humannya. Membuat kita melongok ke dalam diri kita sendiri, menemukan 'kemanusiaan' itu, untuk kita bisa memahami, menginsyafi, memaklumi, dan 'menjadi manusia'.

  

Sudah lama banget imgin baca orang-orang bloomington nya pak budi darma ,dan baru kesampaian sekarang. So subtile, detail banget. Filmis ya. Gambaran sosiologi, planologi, arsitektural, pedalaman paikologis manusia dengan segala abu-abu karakternya, paradoksal dan ambigu nya terangkum dalam cerita cerita pendek yang membukakan cakrawala berpikir dan merasa kita. Sense of human. Bahwa manusia tuh ya gitu, ada sisi baik dan buruknya. Kadang curiga, kadang iri. Kadang tertipu diri sendiri. Pengakuan pak budi darma tentang seuntai bait puisi yang menginspirasinya, merupakan benang merah tema dalam cerpen cerpennnya di sini yang banyak sekali terutama mengisahkan tentang penyakit, kematian, pergaulan dengan tetangga, teman, dll. Ada kalanya beberapa selftalk karakternya beresonansi dengan kita. Mempunyai relevansi dengan pribadi kita sendiri, sehingga kita merasa tersindir dan tersadar. Cerita ceritanya yang mengungkap sisi gelap manusia, mmebukaakan kesadaran kita betapa buruknya sifat sifat dan perilaku yang demikian, dan betapa buruk akibatnya. Sehingga kita dengan sendirinya terdorong untuk menghndari sifat dan perilaku buruk tersebut. Thanks pak budi darma. Mengajarkan kita tentang keburukan agar kita tahu yang demikian itu buruk dan selayaknya tak kita lakukan. 

 

Btw, masih ingin membaca karya pak Budi Darma yang lainnya, yaitu Olenka. Semoga kapan-kapan bisa nemu dan baca juga. Aamiin. 

Komentar