Masakan Favorit Almarhum Suami: Ayam Penyet

Masakan Favorit Almarhum Suami: Ayam Penyet





Suatu ketika saat aku sedang menumbuk cabe, bawang putih, bawang merah dan tetek bengek bahan lainnya untuk membuat sambal, (almarhum) suamiku yang sedari tadi hanya mengawasiku langsung mengambil alih.
“Sini nih, biar aku aja yang nguleg sambelnya,” dengan kesantunannya yang aduhai ia mengambil uleg dari tanganku, dan dengan kecanggihannya ia menyajikan sambal terlezat di dunia.
Hari itu aku jadi tahu, selain pintar di ranjang (halagh), rajin membantu aku, membersihkan rumah, menyapu, mengepel, mencuci, menyetrika, momong anak, pintar mbengkel, pintar nukang, pandai bergaul, ia juga pandai memasak. Amboy...benar-benar lelaki surga. (Enam tahun setelah pernikahan kami, baru kemudian aku tahu dia benar-benar malaikat saat Tuhan mengambilnya lebih cepat dari siapapun)
“Waaah, enak sambalnyaaaahhh, kokinya huibat,” pujiku sambil mengambil tambahan nasi lagi saking lezatnya makan. Ntar nasi masih ada, ambil sambal lagi. Ntar sambal masih ada, ambil nasi lagi. Gitu aja terus hehehe
“Lhoh baru tahu tho suamimu ini pinter nyambel?” ibu mertua menimpali.
“Dia itu kan hobinya tempe penyet ama ayam penyet. Kalau ke mana-mana, menu yang dia cari ya itu. Kalau nggak ada, ya bikin sendiri,” jelas ibu mertua.
Sejak itulah aku tahu satu lagi kesukaan (almarhum) suamiku selain bercinta (halagh lagi) travelling dan dziba’an alias burdahan aka terbangan sholawatan.




Nah, untung mengenang cintanya dan percintaan kami (hahaha halagh meneh) kupersembahkan resep ini buat pemirsa semua. Bahannya menggunakan ayam siap masak dari So Good yang pasti enak.

Berikut Bahan-bahan Ayam Penyet
Ayam  dari So Good Siap Masak
Daun salam 1 lembar
Jahe 2 cm, memarkan
Lengkuas 3 cm, memarkan
Air 200 ml
Minyak goreng
Bumbu halus
Bawang putih 4 siung
Kunyit 1 cm
Ketumbar 1 sendok teh
Garam secukupnya
Bahan sambal penyet
Cabe merah keriting 7 buah
Cabe rawit merah 7 buah
Tomat merah 1 buah
Terasi 1 sendok teh, dibakar
Daun jeruk purut 2 lembar, batang daun dibuang
Irisan gula merah 1 sendok teh
Daun kemangi 2 tangkai
Garam secukupnya

Nah, begini cara membuat ayam penyet
Tuang air pada bumbu yang dihaluskan, jahe, lengkuas dan daun salam, lalu campurkan dengan daging ayam.
Masak daging ayam di atas api kecil sambil ditutup (diungkeb). Tunggu sampai ayam matang dan bumbu meresap. Lalu angkat.
Selanjutnya, goreng daging ayam sampai berwarna kekuningan. Angkat dan sisihkan.
Untuk sambal: haluskan semua bahan sambal, tambahkan daun kemangi lalu tumbuk atau ulek kasar.
Terakhir, tuang ayam goreng dalam sambal penyet, tekan dan uleg sampai sambal menempel dengan daging.

Sekarang, ayam penyet siap disajikan dan disantap sampai menghabiskan nasi ya. Kalau sambal masih ada di piring, ambil nasi lagi. Kalau nasi masih tersisa, ambil sambal lagi. Gitu terus hahaha sampai habis.
Eh jangan lupa teman-teman dan anggota keluarga lain juga dibagi. Jangan dihabiskan sendiri atuh.








Kalian juga punya cerita menarik tentang makanan kesukaan?
Kirimkan saja resep kreasi masakan favorit kalian. Khususnya masakan khas Indonesia dengan berbahan dasar SO GOOD Ayam Potong dan SO GOOD Siap Masak.
Kreasi masak kalian bisa menjadi inspirasi, terutama dalam menyajikan sajian yang menggugah selera, praktis dan mudah diolah juga disajikan.

Dapatkan juga hadiahnya yang sangat menarik dan istimewa.
Selamat berbagi resep yaa...

Komentar