Cara Membedakan Kampus Berkualitas dan yang Tidak Berkualitas



Cara Membedakan Kampus Berkualitas dan yang Tidak Berkualitas

Mengambil sebuah keputusan dalam memilih sebuah perguruan tinggi selepas lulus dari jenjang Sekolah Menengah Atas merupakan hal yang tidak mudah. Keputusan yang akan diambil akan berdampak hingga paling tidak 4 tahun kedepan sekaligus menentukan apakah kita sudah memperoleh pendidikan berkualitas selama masa perkuliahan. Memilih akan menjadi sangat sulit terutama bagi calon mahasiswa yang berada di luar kota tempat perguruan tinggi yang diidamkan. Setidaknya para calon mahasiswa harus dapat mengetahui kampus-kampus mana yang berkualitas. Cara membedakan kampus berkualitas dan yang tidak berkualitas dapat kita lihat dari beberapa pendekatan berikut ini:










1. Akreditasi Kampus
Akreditasi merupakan penilaian dari BAN-PT (Badan Akreditasi Nasional-Perguruan Tinggi) Indonesia. Dari pemberian akreditasi oleh BAN-PT dapat memberikan jalan atau petunjuk bagi kita tentang pendidikan dan administrasi dari sebuah kampus. Lebih baik lagi jika kita mencari akreditasi sesuai dengan jurusan pendidikan yang akan kita dalami. Akreditasi ini sebagai sinyal awal apakah kampus yang kita pilih memberikan pendidikan berkualitas.
2. Rangking Kampus
Banyak sekali badan yang membuat rangking kampus se-Indonesia bahkan ada website yang dapat memberikan gambaran rangking universitas di Indonesia semisal BAN-PT. Yang perlu diperhatikan dalam melihat rangking kampus ini adalah sistem rating dan elemen yang dinilai. Elemen seperti SDM yang baik menunjukkan pengajar yang baik, sebagai contoh: elemen manajemen menunjukkan sistem administrasi dan proses belajar mengajar yang baik; elemen penelitian yang baik menunjukkan output dari mahasiswa yang baik serta elemen-elemen yang lain. Dengan melihat elemen yang menjadi penilaian, calon mahasiswa dapat mengamati seberapa berkualitas kampus tersebut.
3. Jurnal Terpublikasi
Hal ini mungkin jarang dilakukan oleh calon mahasiswa yaitu dengan melihat jurnal-jurnal yang dipublikasi oleh kampus yang diidamkan. Sebaiknya jurnal-jurnal yang dibaca adalah jurnal yang sesuai dengan jurusan yang akan kita dalami. Dengan memahami jurnal yang dipublikasi dapat memberikan pemahaman kepada calon mahasiswa apakah kampus tersebut memberikan pendidikan berkualitas atau tidak. Proses ini mungkin agak susah karena ilmu yang diperoleh calon mahasiswa belum terlalu dalam, tetapi dengan membandingkan jurnal-jurnal dari beberapa universitas akan terlihat kedalaman materi yang diperoleh mahasiswa yang menempuh pendidikan pada kampus tersebut.

4. Mengamati Secara Langsung ke Universitas yang Dituju
Cara ini merupakan cara terakhir yang dapat dilakukan oleh calon mahasiswa yang ingin membedakan mana kampus yang berkualitas dengan yang tidak berkualitas. Dengan mendatangi langsung, calon mahasiswa dapat melihat secara langsung suasana, proses belajar-mengajar bahkan bertanya dan melihat kegiatan mahasiswa yang ada disana, serta dapat mengecek sarana dan prasarana pendidikan yang ditawarkan.
Beberapa cara diatas dapat digunakan oleh calon mahasiswa untuk membedakan kampus mana yang memberikan pendidikan berkualitas dan  mana yang tidak, sehingga calon mahasiswa tidak akan menyesal nantinya karena salah memilih kampus dan tentunya berhubungan dengan biaya pendidikan yang akan dikeluarkan untuk mendapatkan pendidikan yang baik.

Komentar