Butuh Berapa Hari Untuk Mengubah Kebiasaan

Butuh Berapa Hari Untuk Mengubah Kebiasaan




Apakah ada kebiasaan baru yang ingin kamu bentuk? Menulis setiap hari, punya waktu untuk baca tiap hari, atau menjaga supaya ritme kerjamu rapat? Berapa lama waktu untuk membentuk kebiasaan baru itu?
Apa cara terbaik untuk mewujudkannya? 

Konon, minimal kita butuh 21 hari
Guru pengembangan diri Maxwell Maltz sih bilang butuh 21 hari. Tapi  sebuah riset di universitas London menemukan bahwa butuh 66 hari.
Kalau orang Jawa atau Islam jawa biasanya memakai hitungan weton. Iya nggak sih?:D

BAGAIMANA CARANYA
Ada beberapa buku yang memberikan kiat-kiat untuk hal ini, di antaranya adalah sebagai berikut:

- Yakini perilaku baru apa yang ingin kita bangun. Jadi musti datang dari diri sendiri, bukan karena anggapan atau dikte dari orang lain.

- Spesifik lah. Misalnya, ingin menulis lebih banyak itu terlalu rancu. Mending putuskan apakah akan menulis 500 kata lebih banyak atau menulis 20 menit lebih panjang/lama, misalnya.

-Buat trigger atau pemicu yang mengingatkanmu untuk melakukan kebiasaaan yang kamu inginkan. Jika ingin minum lebih banyak air misalnya, lakukan itu pertama kali sebelum makan, dst.

 - Buat kebiasaan baru ini mudah dilakukan. Jika ingin makan sebutir  buah setiap hari, makan taruh buah itu di tempat yang mudah terlihat. Jika tak ingin lagi makan coklat, ya jangan ada coklat di rumah, dst.

- Jika memungkinkan, lakukan kebiasaan yang sama setiap hari atau pada hari yang sama setiap minggunya. Misal senam pilates tiap senin, rabu jumat. Jadualkan.

 - Kombinasikan kebiasaan baru dengan kebiasaan lama, jika tak ingin terlalu njeglek alias jomplang.

- Jika memungkinkan, cari teman atau partner untuk memulai kebiasaan baru ini. Saling mengingatkan dan mengajak.

- Beri hadiah pada diri sendiri jika sudah mendapat kesuksesan lumayan.

- Punya aturan khusus jika tak melakukan kebiasaan itu. Kasih hukuman atau sangsi pada diri sendiri.

- Jika terlewat hari itu tidak melakukan kebiasaan tersebut, bayar di waktu kemudian atau keesokan harinya. Biar nggak keblabasen lepas dari program perubahan ini.


JANGAN LUPA YANG SATU INI!
Akhirnya, dan ini biasanya yang paling sering orang-orang lupakan, jika suatu kebiasaan baru membutuhkan waktu, maka disiplin, bersabar dan tekunlah.

Siapa yang bersungguh-sungguh, akan berhasil. Insya Allah.

Kalau menurutmu, apalagi kiat untuk mengubah kebiasaan? Share sini ya ^_^

Komentar