Our Network Our Net Worth

Our Network Our Net Worth




Sudah menjadi rahasia umum bahwa berkomunitas itu sangat penting. Dalam alquran pun sebenarnya sudah dijelaskan tentang urgensi berjamaah ini. Itu pula yang kurasakan selama ini. Beberapa hal yang bisa kita dapat dari berkomunitas antara lain:

1. TAMBAH TEMAN

adalah nulisbuku yang pertama kali mempertemukan anak-anak nbc kala itu sehingga kami melahirkan antologi oranye 1 dan 2. dari sana ada beberapa kenalan dan teman baru.



2. TAMBAH SAHABAT

kemudian leutika yang bikin komunitas leutikans sehingga mempertemukan aku dengan  banyak penulis.  Sampai saat ini kami masih bersahabat baik meski sudah berkumpul dalam komunitas lain dengan nama baru karena bentukan dari teman-teman yang kebanyakan tadinya juga leutikans, BAW.

3. TAMBAH JARINGAN

mengikuti nulisbuku dan leutika, hasfa membuat hasfriends, membuatku terhubung dengan lebih banyak lagi teman, sahabat dan jaringan dari seluruh nusantara dan bahkan dari banyak negara luar, seperti Hongkong, Malaysia, Singapura, Thailand, Inggris, Amerika, Australia, Saudi Arabia, Jordan, Turki, dll.



4. TAMBAH SAUDARA

adalah IIDN yang aku bersama segelintir orang hadir melahirkan cabangnya di daerah serta bergiat di dalamnya bertahun-tahun, menjadikan para anggotanya   kemudian seperti anggota keluarga sendiri. Saudara lain darah.



5. TAMBAH DAPAT PINTU PELUANG

IICS yang merupakan rumah bagi para emak-emaknya cendolers menjadi pintu bagiku bertemu pintu peluang mendapatkan job selain dari yang aku dapatkan dari tempat serta komunitas lainnya.




6. TAMBAH PERCAYA DIRI

saat Kompas meloloskan aku dan dua puluh orang lainnya dalam pelatihan menulis cerpennya yang pertama kali waktu itu, membuat kami menjadi salah satu gerombolan yang dengan sendirinya makin percaya diri menapaki dunia kepenulisan ini.



7. TAMBAH DUKUNGAN

Saat teman-teman FLP meminta saya menjadi salah satu pembedah buku dalam acara yang bekerja sama dengan penerbit, makin banyak teman, sahabat, jaringan dan dukungan yang kudapat di rimba raya literasi ini.



8. TAMBAH KESEMPATAN BERBAGI

sebuah penerbit Jogja yang membuat kelas pelatihan dan sekaligus komunitas murid dan  alumninya, KF, menambah kesempatan berbagi untukku karena diundang menjadi salah satu pemateri.   Dan yang sejujurnya juga menjadi tambah rumah karena kehangatannya.



9. TAMBAH PENGALAMAN

setelah pulang dari seminar home schooling lalu masuk dalam lingkungan komunitas Home Schooling-nya, maka makin banyak pengalaman parenting aku dapatkan.


10. TAMBAH UMUR

Sebagaimana yang tertulis dalam hadits, bahwa barang siapa bersilaturahim maka akan dipanjangkan umurnya dan ditambah rejekinya. Demikian pula jika kita niatkan berkomunitas ini untuk menjalin silaturahim, maka insya Allah akan panjang umur kita. Sebab dengan berkumpul dengan banyak teman ini kita sebenarnya memudakan dan menyegarkan kembali jiwa kita.

11. TAMBAH SEHAT

gabung dengan teman-teman komunitas diet alkali dan food combining yang memilih hidup sehat dengan antara lain menjaga asupan makanannya, membuatku juga turut sehat dan tidak lagi sembarangan makan seperti dulu.

12. TAMBAH BAHAGIA

semua komunitas yang aku ikuti, masuki, bidani dan giati membuatku tambah bahagia. karena membuatku merasa berarti, tambah hidup, merasa punya makna, tujuan dan juga harapan.


13. TAMBAH JODOH

ah masak sih tambah jodoh, ahaha. maksudnya mungkin tambah kemungkinan kecengan, eleuh eleuh. Komunitas apa nih, jadi penasaran ya kan? Adalah komunitas pengajian dan sholawatan dengan para habaib menjadi guru. Dari kesamaan kesenangan akan komunitas ini dan kecintaan pada habaib itulah yang dulu mempertemukan aku dengan almarhum suamiku.

14. TAMBAH RENDAH HATI

waktu ketemu banyak penulis yang ternyata pencapaian spiritualnya tinggi namun tetap rendah hati, mau tak mau kita jadi menunduk juga. adalah komunitas jadzab yang terdiri atas ning-ning dan gus-gus para putra kyai yang juga suka menulis.


15. TAMBAH TERPACU SEMANGATNYA

saat tergabung dalam komunitas yang lahir sebab kelas writing-nya BEWF, membuatku makin terkompori sebab salah satu anggotanya saat ini menjadi penulis Internasional. Novelnya diterbitkan penerbit New York yang DP-nya saja sudah lima puluh juta rupiah. Aaaawww pengeeen....

16. TAMBAH IMAN

tergabung dalam komunitas bersama teman-teman yang berasal dari kota kecil kelahiran, aku jadi belajar tentang bagaimana menjadi sukarelawan, aktifis pro bono, bekerja untukNya dst. DK menjadi pintu pertama aku mengenal volunteering, yang menyadarkan akan keagungan dan pasti janji-Nya.

17. TAMBAH INFORMASI

bergabung dengan fun blogging, selain menambah luas pertemanan juga mendapatkan tambahan informasi yang berkenaan dengan monetizing blog dll.

18. TAMBAH KARYA

gabung PBA dan memperoleh kesempatan belajar menulis anak bareng para maestro-nya serta disponsori KPK, membuatku tambah karya. alhamdulillah.



19. TAMBAH IMPIAN

berada dalam komunitas yang suka jalan-jalan dan travelling, membuatku bertambah impian destinasi. Mau ke mana lagi nih setelah ini. Gitu terus pikirannya seusai balik dari perjalanan dan petualangan.

20. TAMBAH USAHA

satu kelompok dengan para start up dan enterpreneur muda serta merta jadi terkompori untuk membuka serta mengembangkan lagi usaha yang sudah ada. Karenanya kemudian Hasfa Creative Hub saat ini mulai dirintis dan dikembangkan. Doakan yaa...

21. TAMBAH HOBI

 berkesempatan mengikuti pelatihan pembuatan film dokumentasi lalu bergabung komunitasnya, membuat diri ini tergelitik untuk menambah hobi. suka motret, merekam dan mendokumentasikan en siapa tahu bisa membuat film pendek sendiri nantinya. Hadeuh makin banyak maunya yaaa...


22. TAMBAH ILMU

yang terbaru dan ter-gress, syukur alhamdulillah aku bersama 70 an penulis terkemuka di Indonesia masuk dalam kelompok penulis yang dipilih untuk melahirkan novel dan buku-buku dalam platform penerbit yang basis utamanya ada di luar negeri. Sebuah kebanggaan dan kesempatan emas. Yang membuat semakin seru adalah karena di dalamnya banyak sekali penulis keren, jadi tambah banyak ilmu. Alhamdulillah.


Daaaan masih banyak lagi komunitas lainnya yang aku ikut gabung dan mengambil manfaat dari sana. Terima kasih ya semuanya atas segala hal yang telah aku dapatkan. Jazakumullah khoiron  katsiron.

Komentar