Keluarga Induk Semang Yang Terus Menginspirasi

Keluarga Induk Semang Yang Terus Menginspirasi


Lebaran saat itu terasa istimewa sekali, karena keluarga besar dari pihak ibu mengajak kami semua berkunjung dan silaturahim ke sebuah rumah yang belum pernah kami kunjungi. Rumah yang menjadi tempat tinggal induk semang keluarga besar Ibu.

Jadi kakek dan anak-anaknya tadinya tinggal di Magelang. Karena saat itu belum ada perguruan tinggi di Magelang, maka kakek memboyong keluarganya ke Solo. Supaya kedua anak perempuannya yang sudah besar (ibu dan bulikku) bisa kuliah di Solo, namun tetap dalam pengawasan kakek. Dan keluarga tetap bersama-sama, tidak tinggal terpisah kota.

Adalah induk semang yang baik hati dan mulia ini yang membimbing kakek selagi kakek menjadi pendatang di kota Solo yang besar. Kakek menjadi guru mengaji bagi putra-putri induk semang ini. Sekaligus pembimbing spiritual seluruh keluarga dan kemudian merambah ke tetangga, lingkungan dan seterusnya.

Bukan saja bimbingan dan perlindungan serta arahan dalam mengarungi laju kota besar, tetapi induk semang juga memberikan jalan bagi kakek untuk merintis usaha dan bisnisnya sendiri. Sampai kemudian kakek alhamdulillah sukses.

Hubungan yang sedemikian eratnya membuat keluarga induk semang ini sudah seperti keluarga sendiri. Saat kami berkunjung itu, aku bisa rasakan bagaimana elusan dan keramahtamahan mereka sedemikian tulus dan hangat. Rupanya kebaikan hati almarhum pasangan induk semang itu diwarisi oleh putra-putrinya. Jadi meskipun orang tua mereka telah meninggal, namun mereka tetap menjalin persaudaraan dengan kakek dan keluarganya.

Kami diantar melihat usaha konveksi yang sudah mereka jalani bertahun-tahun. Menjawab segala pertanyaan  kami -para cucu kakek - yang suka kepo dan iseng ini. Jadilah hari itu kami bukan saja menyerap pelajaran kebaikan dan ketulusan, namun juga ilmu tentang bisnis, enterpreneurship. Menyerap bagaimana kegigihan, ketekunan, eksperimen dan keuletan mereka membawa mereka bertahan bertahun-tahun. Dalam upaya menjaga tradisi batik Solo dan membantu lebih banyak lagi orang serta keluarga agar sama suksesnya seperti mereka.

Subhanallah.



Komentar