Yuk Lanjut Jalan-Jalannya!

Yuk Lanjut Jalan-Jalannya!


Alhamdulillah keinginan dan cita-cita untuk menjelajah lebih banyak lagi kota di Indonesia akhirnya satu per satu Dia beri kesempatan. Ke Lombok, Bali, Banyuwangi, Surabaya, Mojokerto, Jombang, Lamongan, Tuban, Gresik, Purwokerto, Pekalongan, Salatiga, Solo, Jogja, Jakarta, Bekasi, Bandung, Depok,  Medan, Tsabat dan lain-lain. Alhamdulillah kebanyakan perjalanan ini gratis karena dalam rangka sharing kepenulisan maupun riset yang dibiayai penerbit.



Namun begitu, ternyata masih banyak kota dan event lainnya yang masih ingin dikunjungi nih. Hehe. Berikut beberapa di antaranya:


Cirebon

1. Keraton Kasepuhan
Inilah keraton paling megah di Cirebon, kondisinya sangat terawat. Keraton Kasepuhan ini dibangun pada tahun 1529 oleh Pangeran Mas Mochammad Arifin II (cicit dari Sunan Gunung Jati). Terdapat museum di dalamnya, berisi aneka benda pusaka dan lukisan koleksi kerajaan. Dahulu, namakeraton ini adalah Keraton Pakungwati sebagai bentuk penghormatan kepada Pangeran Mas Mochammad Arifin yang juga bergelar Panembahan Pakungwati I.


Sebagai sebuah tempat wisata di Cirebon yang sarat akan nilai sejarah, Anda akan dibawa pada suasana Cirebon tempo dulu tatkala menginjakkan kaki di Keraton Kasepuhan ini. Akulturasi budaya yang begitu kental dapat Anda temukan di berbagai lokasi dalam keraton, tidak saja antara kebudayaan Jawa dengan Sunda, melainkan juga dengan berbagai kebudayaan di dunia, sepertiCina, India, Arab, dan Eropa.

2. Taman Sari Gua Sunyaragi
Tempat wisata Cirebon yang satu ini adalah sebuah kawasan cagar budaya dengan luas area 1.5 hektar yang dibangun pada tahun 1703 oleh Pangeran Kararangen atau Pangeran Arya Carbon. Di sinilah tempat bertapa dan beristirahat Sultan Cirebon dan keluarganya. Oleh karenanya, terkenal dengan sebutan Sunyaragi. Sunya artinya sepi, Ragi artinya raga, atau tempat untuk bermeditasi (menyepi).


Di area objek wisata Cirebon ini, terdapat sekitar 18 bangunan kuno yang secara arsitektural adalah perpaduan antara Indonesia klasik dan China pada setiap ornamen bangunan. Inilah daya tarik tempat wisata di Cirebon yang satu ini. Selain para penyuka tempat-tempat bersejarah, para pecinta fotografi juga menyukai kawasan Taman Sari Gua Sunyaragi dengan kondisi yang artistik. Untuk dapat masuk, Anda harus membayar tiket masuk Taman Sari Gua Sunyaragi sebesar Rp 10 ribu per orang, terbuka untuk umum sejak pukul 8 pagi hingga 4 sore.




3. Banyu Panas Palimanan
Banyu Panas Palimanan adalah tempat pemandian air panas di Cirebon yang ramai dikunjungi, terlebih di saat akhir pekan dan hari libur. Tempat wisata di Cirebon yang satu ini berada dalam wilayah sebuah pabrik semen, yakni PT Indocement Tunggal Prakarsa. Oleh sebab itu, Anda harus melewati pos penjagaan yang ada di pabrik tersebut untuk dapat masuk. Warna hijau pepohonan dan abu-abu batuan kapur Gunung Kromong cukup dominan di kawasan pemandian air panas ini.

Makasar
Ada Pantai Losari. Tempat indah yang sangat cocok untuk memandang sunset di tepi pantai ini merupakan salah satu favorite pengunjung. Ombaknya memang tidak besar tetapi suasana dan banyaknya penjual makanan seperti pisang epe yang dijajakan di sini selalu membuat wisatawan kangen dan selalu kembali ke pantai Losari.
Trans Studio. Berlokasi di Tanjung Bunga yang sangat eksotis tempatnya. Lokasi permainan yang dekat pantai ini merupakan theme park indoor yang sangat luas dan terbesar. Ada banyak wahana yang harus anda coba di Trans Studio ini.
Pulau Samalona. Pulau eksotis yang letaknya hanya 2 kilometer dari pantai Losari ini adalah surga terumbu karang yang sangat indah. Kondisi ini mirip dengan suasana Gili Trawangan yang menjaditempat wisata terkenal di Lombok. Nama Samalona sudah sangat terkenal di dunia. Banyak wisatawan asing maupun domestik yang pernah menyelam dan menikmati keindahan taman laut di tempat ini. Anda tertarik ke sini? Carilah dermaga di Losari!
Pegunungan Karst (kapur). Lokasinya di Rammang-rammang di wilayah Maros Pangkep, Makassar. Anda pernah melihat pantai Pandawa yang menjadi salah satu tempat wisata baru di Bali yang dikenal dengan keindahan tebing kapurnya? Nah di Rammang-rammang ini, deretan gunung kapur (karst) yang tercipta ini merupakan yang terbesar dan terluas di dunia nomer dua. Dan yang menarik, udara di sini sangat sejuk dan dilengkapi dengan beberapa obyek wisata alam seperti goa Bulu, goa Telapak Tangan serta danau Bidadari.
Benteng Somba Opu. Obyek wisata bersejarah yang ada di Makassar ini wajib anda kunjungi. Peninggalan sejarah sejak masa sultan Gowa ini memiliki banyak info menarik buat anda tentang Sulawesi Selatan. Di sini anda juga bisa melihat rumah adat Suku Bugis, mandar, dan Toraja. Bahkan ada juga meriam seberat hampir 10 ton dan musium peninggalan kesultanan Gowa di Benteng Somba Opu.
Benteng Ujung Pandang (Fort Rotterdam). Benteng ini memiliki sejarah besar bagi bangsa Indonesia. Dulu kompeni butuh waktu setahun untuk dapat menguasai wilayah Sultan Hasanuddin ini. Dan menariknya juga obyek wisata ini juga dulunya pernah sebagai tempat penahanan Pangeran Diponegoro.
Kawasan Malino. Jarak tempuh menuju Malino dari Makassar sejauh 90 kilometer dan anda butuh sekitar 2-3 jam untuk dapat mengunjungi tempat yang sejuk ini. Ada beberapa air terjun yang indah di Malino yang layak untuk anda kunjungi. Dan tentu saja kebun teh yang sangat eksotis.
Air terjun Takapala. Lokasinya masih di Malino dan ini salah satu yang cukup ramai dikunjungi oleh wisatawan. Anda pernah melihat air terjun Sipiso-piso yang menjadi tempat wisata terkenal di Medan Sumatera Utara? Pasti anda berkata tempat ini merupakan versi mininya karena sangat mirip.
Pantai Tanjung Bira. Pantai indah yang terkenal di dunia ini dapat ditempuh dalam waktu sekitar 4 hingga 5 jam dengan jarak tempuh kurang lebih 210 kilometer dari pusat kota Makassar. Jika anda naik pesawat dan melihat keindahan laut bergradasi warna biru, hijau dan putih di selatan Makassar, maka itulah keunikan pantai ini. Bahkan jika anda berada di tepi Tanjung Bira inipun gradasi tetap nampak dalam jepretan foto anda.
Kolam Rendam Air Panas Lejja. Tempat wisata yang berjarak 179 kilometer di utara Makassar ini dikenal dengan kasiat menyembuhkan berbagai penyakit terutama kulit. Selain kolam umum, di sini juga tersedia “private pool” berbentuk kamar-kamar untuk berendam. Untuk datang ke sini, anda perlu menaklukan jalanan yang terjal tetapi sarat dengan pemandangan indah. Dan salah satu yang menarik adalah di sini juga banyak ditemukan kelelawar (julukan kabupaten Soppeng adalah kota Kalong).
Sop Konro Karebosi. Adalah wisata kuliner yang wajib anda kunjungi di sekitar alun-alun. Pengelolanya adalah haji Hanafi. Sangat banyak pengunjung dari luar kota yang mencicipi makanan khas yang lezat ini di warung sop konro karebosi.
Pulau Lae-lae Kecil atau Gusung Tallang. Keindahan taman lautnya perlu anda buktikan sendiri. Obyek ini cukup mudah ditempuh karena hanya berjarak sekitar 3 kilometer dari pusat kota. Di sini, menyelam “muck diving” adalah yang ditawarkan. Karena beragamnya biota yang hidup di dasar laut.




Palembang
Jembatan Ampera adalah sebuah jembatan yang sudah menjadi ikon dan lambang kota Palembang. Mulai dibangun pada tahun 1962, jembatan ini selesai dibangun dalam jangka waktu 3 tahun. Jembatan Ampera menghubungkan Seberang Ulu dan Seberang Ilir yang terpisahkan oleh Sungai Musi. Sekitar 50 meter dari Jembatan Ampera, terdapat sebuah pasar yang merupakan pusat souvenir dan makanan sehingga Anda dapat dengan mudah membeli oleh-oleh dan mengisi perut.


Sungai Musi adalah sungai terpanjang di Sumatera dengan panjang mencapai 750 KM. Sungai Musi membelah kota Palembang menjadi 2 bagian dan dulunya merupakan sarana transportasi utama di Palembang. Di tepi Sungai Musi terdapat beberapa obyek wisata, di antaranya restoran terapung, Kampung Arab, dan Benteng Kuto Besak. Menurut saya, Sungai Musi adalah tempat yang pas untukberwisata kuliner di kota Palembang.

Pulau Kemaro terletak di tengah Sungai Musi, sekitar 6 KM dari Jembatan Ampera. Saat ini Pulau Kemaro adalah salah satu tempat wisata di Palembang yang paling terkenal. Di Pulau Kemaro terdapat sebuah vihara yang banyak didatangi oleh umat Buddha untuk berdoa dan berziarah. Di sini juga dapat ditemukan sebuah makam yang merupakan makam dari seorang putri Palembang. Putri ini mempunyai cerita tersendiri, yaitu dia menikah dengan anak raja dari China dengan mas kawin berupa 9 guci emas, namun pada akhirnya pasangan tersebut menerjunkan diri ke sungai dan tenggelam.

Di Pulau Kemaro terdapat beberapa hal menarik, misalnya pagoda berlantai 9 yang dibangun pada tahun 2006, dan pohon cinta. Masyarakat setempat percaya bahwa bila sepasang kekasih mengukir namanya di pohon cinta ini, maka hubungan cinta mereka akan berlanjut sampai dengan pernikahan.

Taman Hutan Wisata Punti Kayu adalah tempat wisata di Palembang yang berupa hutan wisata. Hutan wisata ini adalah satu-satunya di Palembang, tidak ada hutan wisata yang lain. Berlokasi sekitar 7 KM dari pusat kota Palembang, Taman Hutan Wisata Punti Kayu adalah salah satu tempat wisatakeluarga yang favorit di Palembang. Mempunyai luas sektiar 50 hektar, Taman Hutan Wisata Punti Kayu mempunyai fasilitas wisata yang lengkap, disertai dengan penangkaran buaya dan kebun binatang. Selain berenang, bermain perahu, berpiknik, dan bermain di taman, Anda juga dapat melihat atraksi gajah dan menunggang kuda di sini. Taman Hutan Wisata Punti Kayu adalah hutan pinus kota yang paling besar di Indonesia. Harga tiket masuk Taman Hutan Wisata Punti Kayu adalah 5,000 Rupiah dan buka dari jam 9 pagi sampai dengan jam 4 sore.


Benteng Kuto Besak adalah bangunan kebanggan kota Palembang. Berdiri kokoh dengan bahan batu, Benteng Kuto Besak merupakan saksi perjuangan melawan para penjajah. Dari Benteng Kuto Besak, Anda dapat melihat banyak kapal berlayar di Sungai Musi. Benteng Kuto Besak adalah salah satu tempat wisata di Palembang yang sudah menjadi ikon unik karena keindahan yang ditawarkannya, terutama pada sore hari.


Masjid Agung Sultan Mahmud Badaruddin adalah masjid yang paling besar di kota Palembang. Bangunan Masjid Agung Sultan Mahmud Badaruddin merupakan gabungan dari arsitektur Indonesia, Eropa, dan China. Tempat ini adalah tempat yang cocok untuk wisata budaya dan wisata religi di Palembang. Di dekat Masjid Agung Sultan Mahmud Badaruddin Anda dapat menemukan 2 pasar yang menjual berbagai macam souvenir, kain tenun, kerajinan kayu, dan makanan.


Taman Kambang Iwak merupakan salah satu peninggalan sejarah sejak jaman penjajahan Belanda. Dulunya, Taman Kambang Iwak digunakan untuk tempat rekreasi keluarga Belanda yang tinggal di sekitar Taman Kambang Iwak. Sekarang ini, Taman Kambang Iwak adalah salah satu tempat wisata di Palembang yang sangat disukai. Banyak orang berlari pagi di taman ini, mengelilingi kolam dengan panjang lebih dari 800 meter. Selain memiliki berbagai fasilitas permainan, tempat ini juga mempunyai banyak restoran yang cocok untuk berkumpul anak muda.

Gelora Sriwijaya adalah sebuah stadion sepak bola yang terbesar ketiga di Indonesia dengan kapasitas 40,000 orang. Selain besar, Gelora Sriwijaya juga diakui sebagai stadion berkelas internasional. Gelora Sriwijaya adalah bangunan kebanggaan Palembang. Saat ini Gelora Sriwijaya digunakan oleh Sriwijaya FC sebagai markas dan tempat pertandingan sepak bola. Selain itu, Gelora Sriwijaya juga sering kali digunakan sebagai tempat acara tertentu karena luas dan kapasitasnya yang besar.

 Air Terjun Lematang Indah adalah salah satutempat wisata di Palembang yang paling terkenal, dalam kategori wisata alam. Air Terjun Lematang Indah mempunyai ketinggian sekitar 40 meter, tidak terlalu tinggi, namun mempunyai lingkungan sekitar yang asri sehingga sangat menyejukan mata pengunjung. Perjalanan menuju Air Terjun Lematang Indah akan menyuguhkan Anda pemandangan yang indah, sehingga Anda tidak akan bosan di perjalanan. Bila Anda datang berkunjung pada musim hujan, berhati-hatilah karena tangga yang ada di Air Terjun Lematang Indah dapat menjadi sangat licin bila terkena hujan. Harga tiket masuk Air Terjun Lematang Indah adalah 4,000 Rupiah per orang.

Masjid Cheng Ho adalah masjid yang unik dan tiada duanya. Kenapa begitu? Jawabannya adalah karena Masjid Cheng Ho mempunyai nuansa khas budaya China. Sekarang ini, Masjid Cheng Ho tidak hanya sekedar tempat ibadah, melainkan sudah menjadi salah satu tempat wisata di Palembang yang paling favorit.


Aceh


1. Museum Tsunami Aceh

Seperti yang kita ketahui Aceh pernah mengalami bencana tsunami pada 2004, oleh karena itu untuk mengenang dan menghormati para korban maka dibangunlah Museum Tsunami Aceh yang berlokasi di Jalan Sultan Iskandar Muda, Banda Aceh.



Museum Tsunami Aceh ini diresmikan pada 2008. Di dalam museum terdapat beberapa ruangan yang berisi rekam jejak kejadian tsunami yang terjadi dan juga tersedia ruangan untuk menikmati kue kering khas Aceh serta penjualan souvenir.
2. Masjid Raya Baiturrahman



Masjid Raya Baitturrahman merupakan tempat wisata religi di Aceh, Masjid ini dibangun pada masa kepemimpinan Sultan Iskandar Muda pada 1621 namun ada juga yang mengatakan masjid ini dibangun lebih awal pada 1292 oleh Sultan Alaidin Mahmudsyah. Bangunan utama masjid ini berwarna putih dengan kubah megah berwarna hitam, Masjid ini juga menjadi ikon dan kebanggaan masyarakat Aceh.
3. Pulau Weh



Pulau Weh terletak di barat laut Pulau Sumatera, pulau ini merupakan sebuah pulau vulkanik kecil yang pernah terhubung dengan Pulau Sumatera namun karena letusan gunung berapi akhirnya Pulau ini terpisah. Di Pulau ini anda dapat menemukan beberapa tempat wisata seperti Pantai Iboih, Pulau Rubiah, Tugu Nol Kilometer dan masih banyak lagi lainnya.
4. Pantai Lampuuk



Pantai Lampuuk salah satu pantai wisata di Aceh yang cukup menawan, Pantai Lampuuk di Aceh ini menawarkan keindahan pasir putih dan laut biru yang jernih tentunya sangat menggoda untuk dikunjungi. Pantai Lampuuk ini lokasinya berada di wilayah Kecamatan Lhok Nga, Aceh Besar, sekitar 20 km dari Kota Banda Aceh.
5. Air Terjun Suhom



Air Terjun Suhom berada di Kecamatan Lhong, Kabupaten Aceh Besar, sekitar 60 km dari Kota Banda Aceh. Air terjun ini berada di tengah kawasan hutan Lhong yang indah dan alami selain menjadi tempat wisata, air terjun suhom yang deras ini juga menjadi sumber energi listrik bagi warga Desa Krueng Kala.


Pantai Lhok Mee lokasinya berada tidak jauh dari Pelabuhan Malahayati tepatnya di Desa Lamreh, Kecamatan Mesjid Raya, Kabupaten Aceh Besar. Untuk mencapai pantai ini anda bisa menggunakan kendaraan roda dua maupun roda empat, pantai lhok mee ini memiliki pasir putih dan ciri khasnya adalah pohon yang tumbuh di lautan.

(dari berbagai sumber di internet)

Kalau kamu? Mana saja tempat yang kamu ingin kunjungi?

Komentar