Tips Busana Untuk Wawancara Dan Pitching



Tips Busana Untuk Wawancara Dan Pitching
My Fave Red And Black

Bertemu langsung dengan  penulis Amerika ini di kampus UKSW Satya Wacana Salatiga serasa mimpi yang menjadi nyata. Kami selama ini terhubung hanya via dunia maya, baik fesbuk,maupun skype, dan akhirnya kopi darat  membuat rasa di dada melambung-lambung. 


Pertemuan sepenting ini membuatku sempat bingung memilih kostum, seperti layaknya seseorang yang hendak pergi untuk pitching proyek, rembug bisnis ataupun  wawancara kerja. 



Karena kesan pertama memang sangatlah berarti. 

Selain bersih, rapi, dan sopan, Anda juga harus cermat memilih warna motif pakaian yang Anda kenakan. Aturan pokoknya adalah jangan sampai pewawancara lebih perhatian pada apa yang Anda kenakan dibanding keterampilan dan kualifikasi yang Anda miliki. Anda tidak akan mau pewawancara mengingat gaya berpakaian Anda yang nyentrik dan mengabaikan kelebihan-kelebihan Anda.

Berikut tips memilih warna dan motif 

1.     Pilih warna dan motif yang padat/solid
Pakaian yang berwarna solid atau bisa juga dianggap tanpa motif tidak mengganggu konsentrasi dan perhatian pewawancara. Kalaupun bermotif sebaiknya yang halus, kecil-kecil, sehingga dari kejauhan tidak tampak.
Warna biru tua, abu-abu, dan hitam mengesankan profesionalitas.

2.     Pilih warna netral
Sekali lagi Anda tak akan mau diingat karena pakaian Anda yangngejreng dibanding kemampuan Anda. Selain warna biru tua, abu-abu, dan hitam, warna putih juga warna pilihan terbaik untuk wawancara kerja.
Bila ingin menambahkan warna pada warna pakaian yang netral, pilihlah warna pucat sehingga tidak terlalu mencolok dan ‘menantang’.

3.     Menyesuaikan tradisi perusahaan.
Bila Anda mengetahui warna-warna yang biasa digunakan perusahaan yang menyediakan lowongan posisi pekerjaan, Anda bisa memilih warna-warna itu atau yang senada. Tapi bila tidak tahu, paling aman Anda mengenakan warna solid dan netral.
Setiap warna memberi kesan yang berbeda. Memilih warna yang tepat bisa membantu Anda menunjukkan siapa diri Anda.

Berikut beberapa warna dan kesan yang dimunculkannya :

-         Warna coklat adalah warna netral yang membangkitkan perasaan tenang. Warna yang paling tepat dipilih untuk wawancara kerja.
-         Warna biru khususnya biru Navy juga pilihan warna yang tepat untuk pakaian saat wawancara kerja. Warna biru mengesankan ketenangan dan kepercayaan diri. Warna biru disukai banyak orang. Mengenakan pakaian dengan warna yang disukai pewawancara akan mempengaruhi suasana hatinya.
-         Warna abu-abu juga warna yang paling disarankan untuk wawancara kerja. Abu-abu adalah warna yang sering dipilih untuk pakaian resmi. Warna ini mengesankan sophisticated dan netral. Warna ini juga membuat Anda terlihat kuat/kokoh.
-         Warna hitam adalah warna yang paling populer untuk wawancara kerja. Warna ini mengesankan kekuatan, kepercayaan diri, otoriter. Karena itu warna ini sangat sesuai untuk melamar pekerjaan di perusahaan konservatif seperti firma hukum, atau melamar posisi eksekutif tingkat tinggi. Hati-hati mengenakannya pada wawancara kerja perusahaan dengan lingkungan yang santai, Anda akan terkesan ‘tidak mudah didekati’. Anda bisa menggunakan cara lain dengan memilih warna hitam untuk asesoris seperti dasi atau syal, tetap terlihat kuat/kokoh tapi tidak berlebihan.
-         Warna merah adalah warna terang yang kuat, yang mengesankan energy dan semangat. Memilih warna merah untuk asesoris seperti dasi atau syal akan mengesankan semangat yang tinggi tanpa membuat Anda terlihat emosional.
-         Warna putih adalah warna yang renyah dan bersih. Warna ini mengesankan kesederhanaan dan kejujuran. Warna putih adalah warna yang paling tepat untuk kemeja atau blus.

Yang paling penting adalah kelebihan-kelebihan Anda berupa keterampilan dan kualifikasi, yang Anda tunjukkan melalui jawaban-jawaban pertanyaan dari pewawancara. Tetapi bila berdasarkan kemampuan ada beberapa orang yang memiliki nilai yang sama, maka bagaimana cara Anda berpakaian menjadi alasan Anda untuk dipilih.

(sumber : http://jobsearch.about.com)

Komentar