Pameran Potensi Desa

Pameran  Potensi  Desa

Entah untuk menghabis-habiskan anggaran tahun ini sebab memang bulan semakin mepet ke pinggir alias akhir  tahun. Beruntun pameran demi pameran terselenggara.



Kali ini pameran potensi desa yang konon pesertanya datang dari seluruh Indonesia. Meski setelah berkunjung, ternyata ya hanya perwakilan saja. Tidak sepenuhnya seluruh wilayah kok. Yang jauh ada Kalimantan dan Makasar. 


Lumayan buat ajang cuci mata dan belanja yang murah-murah langsung dari produsennya :D

*teteup*


Gelaran tersebut merupakan hajatan Kementrian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal (PDT) dan Transmigrasi yang tengah menyelenggarakan roadshow dalam upaya sosialisasi program kementrian dan potensi desa  yang menjadi fokus garapan kementrian baru ini. Hajatan tersebut berupa kegiatan pameran yang diikuti oleh unit kerja kementerian dan kabupaten di seluruh indonesia, mitra kementerian dan UMKM.

Demak menjadi kota kelima dari enam kegiatan serupa yang diadakan di enam kabupaten. Empat kabupaten sebelumnya adalah Bondowoso jawa timur, Banyuasin Sumatra Selatan, Maros Sulawesi SElatan dan Cianjur Jawa Barat.

Demak merupakan salah satu Kabupaten di Jawa Tengah yang terdiri dari 14 kecamatan, 243 Desa dan 6 Kelurahan menjadi daerah yang ditunjuk oleh menteri Desa PDT dan Transmigrasi Marwan Jafar sebagai salah satu lokasi kegitan PPD 2015. Sama halnya dengan daerah lain, Kabupaten Demak dipilih sebagai tuan rumah dalam kegiatan ini adalah karena petensinya yang pantas menjadi contoh dari daerah lain. "PEserta yang mengikuti kegiatan pameran bisa saling bertukar informasi dan inovasi dalam upaya membangun desa masing-masing. Pameran ini mewadahi kebutuhan tersebut" Kata Menteri Desa PDT dan Transmigrasi Marwan Jafar.

Pameran ini merupakan ajang promosi dan sosialisasi juga sekaligus interaksi dan komunikasi dalam upaya pembangunan potensi di daerah perdesaan "Dengan strategi ini, diharapkan dapat berdampak positif pada masyarakat. Agar program kementerian Desa PDT ini dapat dipahami dan diterima dengan baik khususnya oleh pemerintah Kabupaten yang akan dilanjutkan ke desa-desa dan umumnya oleh masyarakat luas" ungkap menteri desa ini.


Pameran Potensi Desa 2015 di Demak juga menjadi ajang sosialisasi program masing-masing unit kerja yang terdiri atas Sekretariat Jendral; Direktorat Jenderal Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa (PPMD); Direktorat Jenderal Pembangunan Kawasan Pedesaan (PKP); Direktorat Jenderal Pengembangan Daerah Tertentu (PDTu); Direktorat Jenderal Pembangunan Daerah Tertinggal (PDT); Direktorat Jenderal Penyiapan Kawasan dan Pembangunan Permukiman Transmigrasi (PKP2Trans); Direktorat JEnderal Pengembangan Kawasan Transmigrasi (PKTrans); dan Badan Penelitian dan Pengembangan, Pendidikan dan PElatihan, dan Informasi (Balilatfo) Juga SKPD dari Kabupaten Demak

Sedangkan kabupaten lain sebagai peserta antara lain kabupaten Semarang, klaten, cilacap, banyumas, Pekalongan, Rembang, Blora, Pati, Jepara, Tegal, Brebes, Grobogan dan Kabupaten terjauh adalah Wajo dari Provinsi Suloawesi Selatan. Pameran juga diikuti oleh  Perguruan tinggi yaitu Universitas Diponegoro, Undaris, Serta mitra dari Perbankan sperti BTN. Peserta lain yang bakal menyemarakkan acara adalah UMKM yang merupakan binaan SKPD Kabupaten Demak dan UMKM dari KElompok Perempuan Pembina Ekonomi Perempuan (KP2EP)

Komentar