improving writerpreneurship

Post Top Ad

Busana Untuk Host Dan Presentasi

Busana Untuk Host Dan Presentasi


Aku sering terkesan dengan host, pembawa acara, mc juga moderator  yang sering menemani para nara sumber cuap-cuap di panggung. Selain mereka trampil berbahasa dan berkomunikasi, mereka juga sangat pintar dan cerdas dalam memilih penampilan. Sehingga performa mereka tampak prima, sedap dipandang mata serta membawa suasana segar sepanjang acara.

Baik performer, penampil, presenter  maupun host, sama-sama musti pandai memilih busana agar event terselenggara dengan sukses dan berkesan. Apa aja sih tips nya? Yuk tengok :)



Kita, bagaimanapun, terpengaruh oleh tampilan visual, oleh karena itu mempertimbangkan busana presenter ketika tampil, adalah salah satu langkah memukau audiens. Prinsip selama ini yang saya ambil, busana presenter haruslah 1 level di atas penampilan audiens. Saya memang bukan pemerhati busana, namun dari beberapa referensi ada sejumlah pilihan busana yang bisa jadi pertimbangan ketika kita akan tampil presentasi. Apa saja? Yuk kita simak sama-sama:
  1. Busana presenter sesuai icon. Coba Anda perhatikan ketika Steve Jobs tampil. Dirinya selalu menggunakan busana yang sama. Mungkin karena pakaian itu adalah iconnya. Steve jobs selalu menggunakan swater gelap, celana jeans tanpa sabuk dan sepatu kets. Hal yang identik bisa Anda jumpai pada sosok Dahlan Iskan atau Jokowi.  Mas Ebo selalu menggunakan topi dan syal. Sedangkan guru saya Jamil Azzaini, selalu mengenakan batik.
  2. Busana presenter sesuai suasana presentasi. Adapula presenter yang tidak tampil selalu menggunakan busana sesuai iconnya, namun pakaiannnya disesuaikan dengan nuansa presentasi. Ketika outbond, maka busana yang dipakai adalah t-shirt berkerah dengan celana jeans dan sepatu kets. Sedangkan ketika event indoor, dia menggunakan hem lengan panjang dan berdasi.
  3. Busana presenter sesuai dengan profesi. Apa maksudnya? Busana presentasinya disesuaikan dengan profesi presenter. Semisal profesi Anda seorang dokter atau peneliti, maka busana resmi dengan sepatu vantofel bisa mengindikasikan Anda seorang yang cerdas dan terpelajar. Seorang chef bisa mengenakan baju putih lengkap dengan celemeknya ketika presentasi. Mungkin ini terlihat sepele, namun pakaian secara psikologis bisa meningkatkan kepercayaan diri Anda dan kepercayaan audiens terhadap materi yang Anda sampaikan.
  4. Busana presenter sesuai materi presentasi. busana presenter disesuaikan dengan materi presentasinya. Ada yang berpakaian dalang, petualang, ibu rumah tangga, pekerja kantoran dan sebagainya. Jika Anda simak presentasi James Gwee juga demikian. James Gwee pernah berpakaian tentara dan pekerja bangunan, sesuai dengan materi presentasinya.
Nah, itulah tips presentasi hari ini tentang busana presentasi. Silakan Anda pilih mana yang sesuai dengan ciri khas Anda. Sekali lagi, meski ada 4 macam tipe busana presentasi, namuan prinsip dasar busana presenter adalah satu level lebih bersih dan lebih rapi dibanding audiens.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Top Ad