Liputan Lecturer's Academic Works 2015 di UMK

Liputan Lecturer's Academic Works 2015 di UMK

UMK - Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Muria Kudus (UMK) menggelar Lecturer's Academic Works 2015 di lantai 3 B dan 3 C Gedung FKIP pada Rabu (14/1/2015). Kegiatan ini diselenggarakan sebagai upaya pengembangan budaya akademik dalam rangka menyukseskan Tri Dharma Perguruan Tinggi.
Hadir dalam kesempatan itu, Prof. Maman Rachman M.Sc. sebagai pemateri workshop bahan ajar, Dr. Widiyanto M.BA. MM. (review karya ilmiah), dan Dian Nafi ST. (kiat sukses menulis buku). Acara ini disemarakkan pula dengan pameran karya ilmiah dosen FKIP. 

  Buku ajar di Perguruan Tinggi (PT) memiliki peranan penting dalam aktivitas pembelajaran. Peranan penting buku ajar antara lain untuk meningkatkan kompetensi mahasiswa dan menjadi alternatif yang bisa digabungkan dengan materi lain.
Guru besar Universitas Negeri Semarang (Unnes) Prof. Maman Rachman M.Sc. mengutaraan hal itu dalam workshop penulisan buku ajar bagi dosen Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Muria Kudus di di lantai 3 B dan 3 C Gedung FKIP, Rabu (14/1/2015).
Menurut Prof. Maman, ada beberapa peran penting buku ajar bagi  mahasiswa, yaitu  bisa belajar tanpa ada dosen atau mahasiswa lain, bisa belajar di mana dan kapan saja, belajar menurut urutan yang dipilihnya, serta membantu mengembangkan potensi mahasiswa untuk menjadi pembelajar mandiri. Mengingat besarnya peranan buku ajar ini, Prof Maman pun mengingatkan agar memperhatikan dengan baik penyusunannya. ‘’Buku ajar yang baik mencerminkan kesatuan yang padu atas seluruh komponen pembelajaran, sehingga mudah pebelajar dan pengajar memahami dan mempraktikkan buku tersebut,’’ ujarnya.
 Ada lima komponen penting dalam pembelajaran. Yaitu mahasiswa, pendidik (pengajar), materi (buku ajar), cara pengajian buku ajar, dan latihan. Sementara beberapa hal yang menurutnya perlu diperhatikan dalam penyusunan buku ajar, adalah kurikulum, silabus, organisasi buku, pilihan materi, sajian materi, serta bahasa dan keterbacaan.
dian nafi  sharing di UMK 


‘’Menurut Pedoman Angka Kredit (PAK) 2009, buku ajar adalah buku pegangan untuk mata kuliah, yang ditulis dan disusun oleh pakar bidang terkait, memenuhi kaidah buku teks, serta diterbitkan secara resmi dan disebarluaskan,’’ ungkapnya dalam rangkaian Lecturer's Academic Works 2015 tersebut. (Eros-Portal)


sumber: http://www.umk.ac.id/index.php/151-agenda/1277-fkip-gelar-lecturer-s-academic-works-2015

Komentar